Tips Lambung Sehat Bebas Maag dan Gerd Tanpa Obat

 

Lambung Sehat Tanpa Obat

Baru-baru ini, jagat hiburan tanah air digegerkan dengan pingsannya penyanyi Ardhito Pramono saat sedang manggung di Medan. Rupanya musisi muda berusia 27 tahun tersebut mengidap maag akut akibat tak menerapkan pola hidup yang teratur.

Ardito sendiri, mulai membaik beberapa hari kemudian usai mendapatkan perawatan dan mengakui jika ia selalu mengabaikan hal-hal penting seputar kesehatan tubuhnya sampai akhirnya tumbang. "Jam makan berantakan, kurang tidur dan istirahat. Sekali lagi tolong jaga kesehatan," pesan Ardhito lewat media sosialnya.

Ardhito berharap kejadian tersebut bisa menjadi pelajaran berharga untuk semua orang. Sebenarnya jika melihat ke belakang, bukan hanya penyanyi Ardhito Pramono publik figure yang mengalami hal hampir serupa. Masih ingatkah teman-teman pada pemandu acara kesehatan hits, Dr. OZ Indonesia? Yup bener, masih ingatkah teman-teman dengan dr Ryan Thamrin?

Hampir 4 tahun berlalu, dokter tampan yang kerap memberikan informasi seputar kesehatan itu meninggal dunia di usia yang masih relatif muda yaitu 39 tahun. Selain mengejutkan dan membuat banyak orang kehilangan, rupanya kabar duka tersebut juga dapat dijadikan pelajaran bagi kita kini.

Sebab seperti yang di sebutkan oleh pihak keluarga, Almarhum meninggal karena memiliki riwayat penyakit maag akut. Itu disampaikan sepupu almarhum bernama Don Aprialdi kala itu dan hampir serupa dengan penyanyi Ardhito Pramono, akibat jadwalnya yang sibuk, ternyata Almarhum Dokter Ryan Thamrin pun kerap mengabaikan hal-hal penting seputar kesehatan tubuhnya. Mulai dari kebiasaan mengkonsumsi mie instan hingga terkadang lupa mengatur pola makannya.

Lantas, seperti apa sebenarnya penyakit maag ini?

Lebih baik yuk kita kenali.

Berikut informasi dan ulasannya. Semoga bisa memberikan banyak manfaat pengetahun sehingga penyakit yang merenggut nyawa dr Ryan Thamrin tak terulang lagi.

Mengenal Maag (Penyebab-Gejala-Pengobatan-Pencegahan)

Gejala dan Cara Mengobati Maag


Maag (disebut juga sebagai gastritis) adalah kondisi di mana lapisan dinding lambung meradang atau teriritasi. Maag dapat disebabkan oleh berbagai factor. Mulai dari infeksi bakteri Helicobacter Pylori, konsumsi obat tertentu, stres, konsumsi alcohol, kebiasaan merokok hingga faktor genetik.

Gejala Maag

Sesak Dada Gejala Maag Akut

Gejala yang paling umum dari maag adalah rasa sakit atau terbakar di perut bagian atas. Gejala ini dapat muncul setelah makan atau saat perut kosong. Gejala lain yang perlu diperhatikan antara lain: nyeri perut yang terus-menerus atau memburuk dalam beberapa hari, muntah-muntah atau mual yang parah, demam, berkurangnya nafsu makan. 

Hingga terjadi penurunan berat badan yang tidak diinginkan, muntah darah, tinja berubah warna jadi kehitaman, kesulitan menelan hingga sakit dada yang parah hingga sesak napas. Jika kamu mengalami gejala sakit maag yang berulang atau parah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Perbedaan Maag dan GERD

Maag dan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah dua kondisi yang terkait dengan sistem pencernaan, tetapi memiliki perbedaan yang signifikan dalam penyebab, gejala, dan pengobatan. Berikut adalah penjelasan singkat tentang perbedaan-perbedaan tersebut:

Penyebab: Maag disebabkan oleh kerusakan pada lapisan pelindung lambung akibat paparan asam lambung dan faktor lain seperti infeksi bakteri Helicobacter pylori, penggunaan obat tertentu, dan stres. Sedangkan GERD terjadi ketika asam lambung dan cairan pencernaan naik kembali dari perut ke kerongkongan.

Gejala: Gejala maag biasanya meliputi perut kembung, mual, muntah, sakit perut, dan kembung. Sementara GERD ditandai dengan gejala seperti sensasi terbakar pada bagian belakang tulang dada, perut kembung, mual, dan muntah.

Pengobatan: Pengobatan maag tergantung pada penyebabnya, namun bisa meliputi perubahan pola makan, penghindaran makanan atau minuman tertentu, serta penggunaan obat antasid dan pengurang asam lambung. Sedangkan pengobatan GERD meliputi perubahan pola makan, penghindaran makanan atau minuman tertentu, serta penggunaan obat penghambat pompa proton sebagai salah satu obat yang sering digunakan sebagai cara mengatasi asam lambung naik. Sehingga produksi asam lambung bisa berkurang dan keluhan akan mereda.

Jadi, meskipun maag dan GERD seringkali menimbulkan gejala yang mirip, namun keduanya memiliki penyebab dan pengobatan yang berbeda. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai.

Pengobatan Maag

Sereal Umbi Garut Bantu Obati Maag

Pengobatan maag bergantung pada penyebabnya. Pengobatan dapat mencakup perubahan gaya hidup, seperti menghindari makanan atau minuman yang dapat memicu gejala maag, menghindari konsumsi alkohol dan merokok, mengurangi stres serta mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dan sering.

Kamu juga dapat menggunakan obat-obatan antasida atau penghambat asam lambung untuk meredakan gejala. Tetapi, jika gejala tetap berlanjut atau semakin parah. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terpercaya untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Jangan pernah anggap sepele atau tak memperdulikan gejala maag yang muncul di tubuhmu. Maag yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius. Mulai dari pendarahan lambung, tukak lambung, gastritis atrofi, kanker lambung, maag akut hingga maag kronis yang berpotensi menyebabkan kematian.

Tindakan Pencegahan Yang Bisa Dilakukan

Sebenarnya hampir semua orang pernah sesekali mengalami keluhan akibat sakit maag. Sehingga beberapa kalangan menganggap keluhan sakit maag umum terjadi dan tergolong bersifat ringan. Namun ketidakpedulian terhadap kesehatan dengan cenderung menyepelekan dan mengabaikan gejala sakit maag karena adanya anggapan ah masih ringan, ah belum terlalu sakit dan sebagainya membuat penyakit ini mengganas.

Jika gejalanya sudah muncul, selain mengganggu aktivitas sehari-hari, sakit maag yang tidak diobati dapat menimbulkan komplikasi penyakit serius yang bisa menyebabkan kematian.

Untuk itu, penting sekali agar kamu aware dengan gejala yang mucul.

Beberapa cara berikut dapat diterapkan untuk mencegah sakit maag sekaligus menjaga kesehatan lambung secara keseluruhan:

Menghindari makanan atau minuman pemicu inflamasi lambung seperti makanan pedas, berlemak, asam, kafein, alkohol dan minuman berkarbonasi.

Menghindari stres karena stres dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan dan memperburuk gejala sakit maag.

Lebih baik makan dengan porsi kecil dan sering dari pada makan dalam porsi besar dan jarang untuk meringankan beban kerja lambung.

Menghindari konsumsi obat tertentu seperti aspirin dan obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) dalam jangka panjang karena dapat merusak lapisan lambung.

Tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol karena rokok dapat merangsang produksi asam lambung dan memperburuk gejala sakit maag.

Berolahraga secara Teratur karena olahraga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan fungsi pencernaan.

Tetap menjaga berat badan seimbang karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit maag.

Pilih makanan yang bagus untuk kesehatan lambung seperti makanan dengan kandungan probiotik (yoghurt dan kimchi) untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dan bakteri buruk di dalam sistem pencernaan sehingga kesehatan lambung turut terjaga. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi umbi-umbian seperti Umbi Garut sebagai alternatif sumber karbohidrat utama.

Memang keberadaan umbi garut tak sepopuler umbi-umbian lain seperti ubi kayu, ubi jalar atau talas. Sangat disayangkan jika banyak orang terus-terusan tak mengenal umbi garut. Sebab umbi garut punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk diketahui, umbi garut memiliki nama latin Marantha Arundinaceae L dan dapat dijumpai di berbagai daerah seperti pulau Jawa, Maluku hingga Sulawesi.

pati umbi garut bagus untuk lambung

Tiap 100 gram umbi garut mengandung air 69,0-72,0%, pati 19,4-21,7%, protein kasar 1,0-2,2%, lemak 0,1% serat kasar 0,6-1,3%, dan abu 1,3-4,0%.  Kandungan karbohidrat dalam bentuk pati (starch) yang cukup tinggi dapat menjadi sumber karbohidrat alternatif. 

Pati garut (dari jenis yang ditanam di Indonesia) mudah dicerna sehingga dapat diformulasikan untuk pangan yang dapat dikonsumsi oleh manula maupun balita. Kandungan pati umbi Garut ternyata dapat meningkatkan pH lambung, sehingga dapat mengurangi jumlah dan keparahan luka pada lambung.

umbi garut sebagai obat untuk luka luar


Istimewanya lagi ternyata umbi garut juga mampu membantu mengurangi risiko anemia dan dapat dijadikan sebagai obat untuk luka luar. Selain itu, funfact lainnya seputar manfaat umbi garut adalah bisa membantu memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak pada janin.

Selain kaya akan manfaat kesehatan, umbi garut juga dapat diproses menjadi berbagai olahan makanan mulai dari makanan ringan maupun produk setengah jadi. 

Contoh makanan ringan dari umbi garut seperti emping garut. Sementara contoh produk olahan setengah jadi dari umbi garut adalah tepung pati. Tepung pati ini sering digunakan sebagai bahan baku maupun bahan campuran dalam pembuatan kue, bahan pengisi nugget, prebiotic pembuatan yoghurt, campuran roti tawar, campuran pembuatan beras analog, serelia dan lainnya.

beragam manfaat umbi garut untuk kesehatan

Jika kamu merasa ribet dan tak punya waktu untuk mengolah umbi garut karena padatnya rutinitas sehari-hari. Sekarang kamu tak perlu khawatir lagi sebab kabar baiknya sudah ada sereal umbi garut yang lebih praktis dan sehat untuk dikonsumsi.

Nutriflakes merupakan sereal berbahan dasar umbi garut yang kaya nutrisi dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Sekaligus mengandung efek terapi untuk pencernaan lambung karena kandungannya terdiri dari bahan aktif utama berupa pati umbi garut, daun kelor dan psyllium husk.

Menyajikan Sereal Umbi Garut Nutriflakes juga cukup simple. Kamu cukup menuangnya ke dalam gelas sesuai takaran yang dianjurkan. Lalu menyeduhnya dengan air mendidih. Kemudian diaduk hingga tercampur rata dan siap dinikmati. Begitu simple dan cukup ringkas.

Manfaat yang paling utama dari Sereal Umbi Garut Nutriflakes adalah untuk membantu mengatasi permasalahan pencernaan seperti asam lambung atau GERD dan maag kronis. Namun tak hanya itu, Sereal Umbi Garut Nutriflakes juga bisa dikonsumsi untuk membantu memperkuat organ pencernaan sehingga dapat sekaligus membantu mencegah sembelit.

Nutriflakes sendiri telah mendapatkan sertifikat dari BPOM dengan nomor registrasi MD 869011005864. Sehingga, sereal sehat ini aman dikonsumsi. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari 95.000 saja. Kamu bisa mendapatkan detail dan info selengkapnya lewat website resmi maupun official akun instagramnya di @nutriflakes.official.

Untuk memesannya pun kamu nggak perlu repot antri, kamu cukup duduk manis di rumah karena Sereal Umbi Garut Nutriflakes siap dikirim ke penjuru Indonesia dan bisa dibayar di tempat (COD). Yuk segera dapatkan Sereal Umbi Garut Nutriflakes di beberapa marketplace, seperti Shopee Nutriflakes, Tokopedia Nutriflakes, dan Lazada Nutriflakes.

 

Sumber Referensi

www.alodokter.com/penghambat pompa proton di akses 20 Februari 2023

https://health.grid.id/dua tahun setelah kematiannya ibunda dokter ryan thamrin sebutkan makanan pemicu penyakit almarhum di akses 20 Februari 2023

www.tribunnews.com/6 fakta ardhito pramono pingsan saat manggung derita mag akut hingga kini jalani penyembuhan di akses 20 Februari 2023

www.mitrakeluarga.com/perbedaan maag dan gerd di akses  20 Februari 2023

https://dispertan.bantenprov.go.id/Umbi Garut Pangan Alternatif yang Patut Dikembangkan di akses 20 Februari 2023 

www.gramedia.com/umbi garut di akses 20 Februari 2023








 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman