Danau Toba jadi Tempat Liburan favorit Karena 5 Aktivitas Super Seru Ini

 

Indahnya Danau Toba


Danau Toba memang memiliki daya tarik luar biasa. Tak heran jika danau dengan kedalaman 1600 meter tersebut difavoriti wisatawan. Beragam penghargaan dan pengakuan dari berbagai organisasi dan media internasional atas keindahan Danau Toba juga banyak sekali.

Beberapa di antaranya seperti The World's 100 Most Beautiful Lakes oleh majalah National Geographic, Top 10 Most Beautiful Crater Lakes in the World oleh situs web Touropia, The Most Beautiful Lake in Southeast Asia oleh situs web ASEAN Tourism, The Best Geopark in Indonesia oleh Kementerian Pariwisata Indonesia hingga The Best Destination for Adventure Tourism in Indonesia oleh Indonesia Travel and Tourism Awards.

Penghargaan-penghargaan tersebut mengakui keindahan Danau Toba sebagai salah satu tempat wisata yang paling menarik di dunia. Danau Toba menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, termasuk air jernih dan hijau, pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitar danau, serta pegunungan yang mempesona.

Selain itu, Danau Toba juga memiliki kekayaan budaya dan sejarah yang sangat mempesona. Membuatnya menjadi destinasi wisata yang sangat menarik dan penuh kehangatan baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Banyak sekali hal menarik untuk dijelajahi. Mulai dari indahnya pemandangan alam, kuliner yang khas, sejarah dari nenek moyang hingga budaya masyarakatnya. Sangking banyaknya, banyak wisatawan yang tak tuntas mengeksplor keindahan Danau Toba. Sangat disayangkan bukan!

Nah, agar bisa menikmati keindahan Danau Toba secara maksimal, tidak ada salahnya kamu mencari tahu terlebih dahulu spot-spot menarik disana. Dengan mengetahuinya kamu bisa membuat daftar kegiatan. Dijamin deh, dengan memiliki daftar kegiatan tersebut, liburanmu menjadi lebih berkesan. Berikut lima aktivitas super seru yang bisa kamu lakukan ketika berlibur ke Danau Toba!

Dijamin kamu bakal ketagihan karena menurutku Danau Toba bisa jadi Tempat Liburan favorit ya Karena 5 Aktivitas Super Seru Ini

Berikut ulasannya

Yuk Disimak

Semoga bermanfaat. 

1. Cicipi Arsik Ikan Mas Bumbu Andaliman

Sajian Arsik Ikan Mas kerap digunakan dalam pesta pernikahan adat Batak. Dihidangkan bersama lalapan dan nasi putih hangat, kamu wajib mencicipi hidangan satu ini. Dimasak dari ikan mas segar dengan bumbu beragam rempah. Mulai dari asam cekala, bunga kecombrang, kemiri, kunyit, bawang-bawangan, cabai, jahe, dan tentu saja andaliman, rempah khas batak yang menjadi andalan.

Andaliman disebut juga merica batak, bentuknya bulat kecil sebesar buah lada dan bergerombol. Meski rasanya tak sepedas cabai, andaliman meninggalkan jejak khas di lidah seperti kelu sesaat. Andaliman memang jarang digunakan dalam masakan Indonesia namun terkenal dan sering digunakan dalam masakan Asia Timur dan Asia Selatan.

2. Melihat Pengadilan Kuno Suku Batak

Di Danau Toba ada sebuah desa di Kecamatan Simanindo, namanya Desa Ambarita. Disana terdapat Huta Siallagan dan kamu akan disambut rumah Bolon, rumah adat suku Batak yang dulu digunakan raja sebagai tempat tinggal. Istimewanya adalah disana terdapat dua set batu besar menakjubkan yang disebut Batu Parsidangan. Batu-batu tersebut diukir menyerupai kursi-kursi melingkar dengan meja ditengahnya. Konon batu yang terletak di bawah Pohon Hariara tersebut sudah berusia lebih dari 200 tahun.

 Ada dua set Batu Parsidangan, set pertama terdiri dari kursi dan batu untuk raja, ratu, tetua suku, pemimpin huta dan pemimpin spiritual. Sedangkan set yang kedua terdiri dari susunan serupa dengan penambahan meja batu lebih panjang. Konon meja batu panjang inilah tempat eksekusi berlangsung. Selain bisa mempelajari budaya suku Batak dulu, kamu juga bisa bertemu keturunan dari Raja Siallagan yang masih tinggal disana.

3. Berkemah di Puncak Pusuk Buhit

Destinasi menarik lainnya adalah Bukit Pusuk Buhit yang terletak di pinggir barat Danau toba di atas ketinggian 1.982 mdpl. Indahnya pemandangan alam disana tak perlu di tanya lagi!. Indahnya bunga matahari dan jejeran pohon pinus di kaki bukit bukan satu-satunya pemandangan yang ditawarkan.

Meski mencapai puncak bukit harus menempuh perjalanan yang melelahkan, semua akan terbayar lunas ketika kamu sampai di puncak Bukit Pusuk Buhit. Segarnya udara sejuk yang akan kamu hirup dengan hembusan semilir angin, dijamin membuat siapa pun betah berlama-lama disana. Sudah terbayang keindahannya?

4. Mengunjungi Istana Raja Batak

Istana Sisingamagaraja di Huta BakKara termasuk salah satu Cagar Budaya yang dilindungi negara. Meski tak berlokasi langsung di Danau Toba karena letaknya di pinggir Barat Daya Danau Toba, Bakkara berada di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan. 

Posisinya tepat di antara perbukitan yang menjulang dan Danau Toba. Istimewanya, selain dikelilingi oleh eloknya pemandangan alam, wilayah ini adalah pusat pemerintahan Dinasti Sisingamangaraja dari abad 16 sd 20 (1515-1907). Disini kamu bisa melihat Makam Raja Sisingamangaraja I hingga XI, Batu Siungkap-ungkapon, Bale Pasogit, Rumah Bolon, Rumah Parsaktian, dan Sopo Godang.

5. Melihat Batu Gantung

Menyusuri Danau Toba dengan kapal adalah aktivitas lain yang tak boleh terlupakan. Kamu bisa memilih fasilitas penyeberangan dari kapal ferry, speed boat, kapal penumpang hingga kapal wisata dengan biaya berbeda. Akan ada pemandangan tebing batu, bukit hijau hingga air yang sangat jernih.

Singgahlah ke Parapat karena disana ada pesona dan keunikkan dari wisata batu gantung yang eksotis. Sebuah keajaiban alam dengan legenda rakyat yang melekat. Konon, dulu hidup suami istri dengan anak perempuannya, Seruni. Sedih karena sang ayah menjodohkannya dengan seorang pemuda,Seruni putus asa dan ingin mengakhiri hidupnya dengan menceburkan diri ke Danau Toba.

Saat berjalan ke arah tebing tiba-tiba ia terperosok ke dalam lubang batu besar. Seruni memilih mati di dalam lubang dan tiba-tiba terjadi gempa dan dinding lubang tersebut seolah merapat. “Parapat…! Parapat batu!” seru Seruni agar dinding batu merapat dan menghimpit tubuhnya.

Penduduk yang mendengar sayup-sayup suara dari lubang tidak ada yang bisa menjangkaunya hingga Seruni tak terselamatkan. Setelah gempa berhenti, di atas lubang muncullah batu besar menyerupai tubuh seorang gadis menggantung pada dinding tebing. Masyarakat yang melihat kejadian percaya itu adalah penjelmaan Seruni.

Lewat kombinasi antara keindahan alam, kekayaan budaya dan aktivitas wisata super seru seperti di atas, tidak mengherankan jika Danau Toba menjadi salah satu tempat liburan favorit di Indonesia bahkan mancanegara.

 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman