Rekomendasi Tempat Makan Lokal di Medan yang Telah Eksis Selama Bertahun-tahun

Daftar Isi

 

tempat makan lokal eksis bertahun tahun di medan

Seperti daerah-daerah lain di Indonesia, Medan juga memiliki ragam kuliner legendaris yang sayang untuk dilewatkan. Sangat disayangkan jika kamu mengunjungi Medan tanpa mencoba hidangan-hidangan dari restoran yang telah berusia puluhan tahun. 

Menikmati hidangan dari menu legendaris memang sudah biasa, namun mencicipi hidangan dari restoran yang sudah ada sejak zaman dulu pasti akan menjadi kenangan tak terlupakan bagimu.

Apalagi jika restoran tersebut sudah ada sejak zaman sebelum Indonesia merdeka atau bahkan sebelum kamu dilahirkan. Jika kamu berencana untuk berkunjung ke Medan atau tinggal di Medan, jangan lupa untuk mencicipi lima restoran berikut ini.

Berikut ulasannya.

Semoga bermanfaat.

1. Restoran Tip Top (1934)

Restoran Tip Top sudah ada sebelum Indonesia merdeka. Sejak berdiri pada tahun 1934 hingga sekarang, Tip Top tetap mempertahankan cara mereka menyajikan hidangan, kue, serta roti. 

Restoran kuno ini menyediakan beragam menu mulai dari hidangan Western, Indonesia, masakan China, toko roti, hingga toko kue. Anda wajib mencoba setidaknya satu dari empat menu andalan Tip Top seperti bistik lidah lembu, nasi goreng Tip Top spesial, Kue Tart Petak Moca atau Moorkop Ice, dan es krim dengan kue Moorkop khas Belanda. 

Selain menawarkan suasana restoran yang kuno, bangunan tua restoran ini terawat dengan baik. Tip Top bahkan masih mempertahankan penggunaan tungku api dari batu berbahan bakar kayu dan mesin dari zaman Belanda dalam menjaga kualitasnya. Restoran ini beralamat di Jalan Jend Ahmad Yani No. 92 A-B, Kesawan Kota Medan. Buka mulai pukul 08.00-23.00 WIB (setiap hari).

2. Es Krim Ria (1936)

Es Krim Ria telah dikelola oleh beberapa generasi dan hadir di Medan sejak tahun 1936. Pada usia 83 tahun, Es Krim Ria masih eksis dengan menu andalannya yaitu Ice Cream Soda yang memiliki rasa yang segar dan manis. 

Dengan penggunaan bahan alami dan resep turun-temurun, es krim di sini memiliki cita rasa yang khas. Selain Ice Cream Soda, terdapat banyak menu lain seperti ice cream wafer, es alpukat, dan longan. Anda juga dapat menikmati enaknya sate, martabak Mesir, kue bolu, lapis legit, bika ambon, atau sus sebagai penyemarak. 

Meskipun lokasinya hanya berupa ruko biasa dengan berpasang-pasang meja dan kursi sederhana, Es Krim Ria tidak pernah sepi pengunjung. Es Krim Ria beralamat di Jalan Surabaya No. 28/22 C, Kota Medan. Buka mulai pukul 09.00-21.00 WIB (setiap hari).

3. Kedai Kopi Apek (1923)

Apakah kamu pecinta kopi? Jangan mengaku jika belum pernah berkunjung ke Kedai Kopi Apek. Kedai kopi ini telah berdiri sejak tahun 1923 dan didirikan oleh Thia Tjo Lie. 

Hingga saat ini, kedai tersebut dikelola oleh Suyenti yang merupakan generasi ketiga dari keluarga tersebut. Beberapa menu andalan yang harus kamu coba di Kedai Kopi Apek antara lain kopi Mandailing, telur ayam setengah matang, dan kopi susu dingin. 

Semua menu yang disajikan sangat spesial karena diolah dengan teknik racikan turun temurun. Tidak hanya itu, dalam mendidihkan air, Kedai Kopi Apek hanya menggunakan tungku dengan kayu bakar tanpa menggunakan kompor. Inilah yang membuat cita rasa Kopi Apek tidak berubah seiring berjalannya waktu, tetap khas dan enak. 

Selain itu, Kedai Kopi Apek juga menyediakan beberapa jenis penganan ringan seperti roti bakar selai serikaya, talas goreng, cakwe, onde-onde, dan jajanan lainnya. Kamu juga bisa melihat sendiri arsitektur bangunannya yang khas Belanda. Kedai Kopi Apek berada di Jalan Hindu Nomor 110 Kesawan dan buka setiap hari dari pukul 07.00-14.00 WIB.

4. Bihun Bebek Asie Kumango (1930)

Sejak pagi, Bihun Bebek Asie selalu ramai dan memiliki antrean panjang. Restoran ini dikenal sebagai rajanya bihun bebek di Medan. Meskipun telah beroperasi selama lebih dari 88 tahun sejak 1930, rasanya tetap gurih dan membuat ketagihan. 

Satu mangkuk bihun bebek disajikan dengan dua varian kuah yaitu kuah herbal atau kaldu bebek. Ciri khas dari Bihun Bebek Asie adalah warna kaldunya yang pas, tidak terlalu kental atau encer, dan benar-benar asli. Daging bebek yang disajikan empuk tetapi tidak lembek ketika dikunyah. 

Selain itu, tidak ada aroma amis yang biasanya muncul meskipun bebek diolah dengan waktu yang lama dan dengan perpaduan rempah pilihan. Kamu juga bisa memesan lauk tambahan seperti hati atau ampela. 

Selain bihun bebek, restoran ini juga menyajikan menu lain seperti kopi susu, teh, dan roti selai srikaya. Bihun Bebek Asie Kumango berada di Jalan Kumango Nomor 15, Medan Sumatra Utara. Restoran ini buka setiap Senin hingga Sabtu, mulai pukul 07:00-11:30 WIB.

5. Sate Memeng (1945)

Sate Memeng adalah salah satu jenis sate yang wajib kamu coba jika kamu sedang berada di Indonesia. Meskipun sate dapat ditemukan hampir di seluruh daerah di Nusantara, Sate Memeng memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dari sate-sate lainnya. 

Nama "Memeng" sendiri merujuk pada sapaan akrab dari H. Muhammad Saimin, pendiri Sate Memeng. Sate Memeng didirikan pada tahun 1945, pada saat yang sama ketika Indonesia merdeka. Menu yang ditawarkan oleh Warung Sate Memeng sangat bervariasi, termasuk daging sapi, ayam, usus, dan hati. 

Selain itu, kamu juga dapat memilih antara beberapa jenis bumbu, seperti kuah kacang, kecap, atau kuah sate padang. Ciri khas dari Sate Memeng adalah potongan daging yang besar dan tebal, tetapi tetap lembut dan mudah dikunyah. 

Kamu juga dapat menambahkan kerupuk jangek atau kulit ke dalam bumbu sebagai pelengkap. Selain sate, kamu juga dapat mencicipi mi rebus yang disajikan dengan taoge, irisan kentang, dan kuah kental berwarna cokelat. Warung Sate Memeng terletak di Jalan Irian Barat Nomor 2 Gang Buntu Medan dan buka setiap hari pada pukul 18.00-21.00 WIB.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba menu-menu yang ditawarkan oleh restoran legendaris ini. Pastikan kamu mengunjungi salah satu dari lima restoran tersebut saat kamu berada di Indonesia.

 

 

 

 

 

Posting Komentar