5 Treatment Ampuh Bantu Hilangkan Bopeng

 

hilangkan bopeng dengan treatment medis

Bopeng adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan bekas luka atau tonjolan kecil pada permukaan kulit, yang seringkali disebabkan oleh jerawat atau infeksi kulit.  

Bopeng biasanya terjadi ketika luka atau bintik jerawat merusak jaringan kulit di bawah permukaan dan menyebabkan kerusakan permanen pada jaringan kulit, sehingga menyebabkan permukaan kulit menjadi tidak rata atau bergelombang.

Bopeng dapat muncul dalam berbagai bentuk, termasuk bopeng berbentuk bulat atau oval, bopeng berbentuk lubang kecil atau berukuran besar, atau bopeng berbentuk garis. Berikut beberapa jenis bopeng secara umum.

Bopeng Berbentuk Lekukan (Rolling Scars): Bekas luka ini terlihat seperti lekukan pada kulit dan terjadi akibat kerusakan jaringan kulit di bawahnya. Bopeng jenis ini cenderung lebih besar dan lebih dangkal dibandingkan bopeng jenis lainnya.

Bopeng Berbentuk Lubang (Ice Pick Scars): Bopeng jenis ini berbentuk seperti lubang kecil pada kulit dan terjadi akibat kerusakan pada jaringan kolagen di bawah kulit. Bopeng jenis ini cenderung lebih dalam dan lebih kecil dibandingkan dengan bopeng jenis lainnya.

Bopeng Berbentuk Datar (Boxcar Scars): Bekas luka ini terlihat seperti cekungan kecil pada kulit dan terjadi akibat kerusakan pada jaringan kulit di sekitar jerawat. Bopeng jenis ini cenderung dangkal dan lebih lebar dibandingkan bopeng berbentuk lubang.

Bopeng Hipertrofik: Bekas luka ini muncul sebagai tonjolan pada kulit yang terjadi akibat produksi kolagen berlebihan selama penyembuhan luka. Bopeng jenis ini cenderung terjadi pada orang dengan kulit yang lebih gelap.

Setiap jenis bopeng memiliki karakteristik dan penyebab yang berbeda, sehingga pengobatan yang tepat untuk bopeng juga akan berbeda-beda tergantung pada jenis dan kondisi kulit Anda.

Meskipun bopeng tidak membahayakan kesehatan secara fisik, tetapi dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara untuk mengurangi atau menghilangkan bopeng, seperti melakukan perawatan kulit atau tindakan medis tertentu.

Bopeng sendiri diyakini dapat diatasi dengan beberapa jenis tindakan medis (treatment) untuk menghilangkannya secara utuh. 

Lantas Apa Saja Tindakan Medis Tersebut?

1. Microdermabrasion

Microdermabrasion bisa hilangkan bopeng

Prosedur ini melibatkan pengelupasan lapisan atas kulit untuk menghilangkan bopeng dan mempromosikan pertumbuhan sel kulit baru. Microdermabrasion adalah salah satu metode perawatan kulit yang melibatkan pengelupasan lapisan atas kulit menggunakan kristal kecil atau alat vakum. 

Meskipun microdermabrasion dapat membantu memperbaiki tekstur kulit yang tidak merata, tetapi keefektifannya dalam mengatasi bopeng tergantung pada jenis dan kedalaman bopeng tersebut. 

Microdermabrasion mungkin dapat membantu mengurangi penampilan bopeng yang lebih dangkal dan datar, seperti bopeng berbentuk datar (boxcar), tetapi tidak efektif untuk bopeng yang lebih dalam dan berbentuk lubang (ice pick). Untuk bopeng yang lebih dalam, perawatan seperti dermaroller atau dermapen mungkin lebih efektif.

2. Chemical Peels

Chemical Peels bisaa bantu hilangkan bopeng bekas jerawat

Chemical peels adalah prosedur medis yang melibatkan penggunaan bahan kimia untuk menghilangkan lapisan kulit terluar yang rusak atau tidak diinginkan. Pada beberapa kasus, chemical peels dapat membantu mengurangi penampilan bopeng dengan menghilangkan lapisan kulit terluar yang rusak dan mempromosikan pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Beberapa jenis bopeng mungkin memerlukan perawatan yang lebih intensif, seperti penggunaan teknologi laser atau operasi bedah. Selain itu, chemical peels juga dapat memiliki efek samping seperti kemerahan, peradangan, atau kulit kering, dan perlu dihindari oleh orang dengan kondisi kulit tertentu.

3. Laser Resurfacing

Laser Resurfacing dengan dokter terpercaya biar aman

Laser resurfacing adalah salah satu metode perawatan kulit yang melibatkan penggunaan laser untuk menghilangkan lapisan atas kulit dan merangsang pertumbuhan kulit baru. Metode ini dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk bopeng. 

Laser akan membakar lapisan kulit yang rusak dan merangsang pertumbuhan kulit baru untuk mengisi lubang atau celah yang terbentuk akibat bopeng. Namun, jenis laser yang digunakan untuk tindakan ini dapat berbeda-beda tergantung pada jenis dan kedalaman bopeng yang ingin diatasi. 

Selain itu, laser resurfacing juga memerlukan waktu pemulihan yang cukup lama dan dapat menyebabkan efek samping seperti perubahan warna kulit, pembengkakan, dan perubahan tekstur kulit.

4. Dermal Fillers

lakukan perawatan kulit Dermal Fillers dengan dokter

Dermal fillers dapat membantu mengurangi tampilan bopeng di wajah, tetapi tidak dapat mengatasi bopeng sepenuhnya. Dermal fillers adalah bahan yang dimasukkan ke dalam kulit untuk membantu mengembalikan volume dan mengisi kerutan atau garis halus. 

Ketika digunakan untuk mengisi bopeng, dermal fillers dapat membantu mengisi ruang kosong yang disebabkan oleh kehilangan jaringan kulit yang mungkin terjadi karena bekas jerawat atau trauma. 

Namun, perlu diingat bahwa hasil dari penggunaan dermal fillers untuk mengatasi bopeng dapat bervariasi tergantung pada berbagai factor. Selain itu, efek dari penggunaan dermal fillers bersifat sementara dan perlu diulang setelah jangka waktu tertentu.

5. Microneedling

Microneedling bisa hilangkan bopeng bekas jerawat

Microneedling dapat membantu mengurangi tampilan bopeng pada wajah. Prosedur ini melibatkan penggunaan perangkat khusus yang memiliki banyak jarum kecil yang membuat luka mikro pada permukaan kulit. 

Luka-luka mikro ini merangsang produksi kolagen dan elastin dalam kulit, yang membantu untuk mengisi bopeng dan membuat kulit terlihat lebih halus dan kencang. 

Meskipun microneedling dapat membantu mengurangi tampilan bopeng, hasilnya dapat bervariasi tergantung pada jenis bopeng.Microneedling biasanya memerlukan beberapa sesi perawatan untuk memberikan hasil yang optimal. 

Penting untuk mencari perawatan microneedling dari profesional medis yang berpengalaman dan terlatih untuk memastikan keamanan dan efektivitas prosedur tersebut. 

Selain itu, perawatan microneedling harus dilakukan dengan hati-hati, karena jika tidak dilakukan dengan benar, dapat menyebabkan iritasi kulit atau infeksi.

------------------------------------------------------------------

Pilihan treatment yang tepat tergantung pada jenis dan keparahan bopeng. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit terkait pilihan treatment yang terbaik untuk Anda. 

Nah, sebelum melakukan tindakan medis untuk menghilangkan bopeng, ada beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Hindari paparan sinar matahari langsung. 
  • Pastikan untuk menjalani evaluasi kesehatan kulit sebelum melakukan tindakan medis, sehingga dokter kecantikan dapat mengevaluasi keadaan kulit dan menentukan jenis tindakan medis yang aman dan efektif.
  • Gunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV baik sebelum melakukan tindakan medis maupun setelahnya.
  • Hindari menggunakan produk skincare yang mengandung bahan kimia keras atau yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit, terutama sebelum melakukan tindakan medis.
  • Setelah melakukan tindakan medis, perhatikan waktu pemulihan dan ikuti instruksi dokter mengenai perawatan kulit pasca-tindakan.
  • Hindari menggaruk atau memencet bopeng, karena hal ini dapat memperparah kondisi kulit dan menyebabkan infeksi.
  • Sebelum memutuskan untuk melakukan tindakan medis, pertimbangkan efek samping yang mungkin terjadi.
  • Senantiasa lakukan diskusi dengan dokter kecantikan mengenai cara mengurangi risiko efek samping tersebut.

Dengan memperhatikan tips dan hal-hal tersebut, diharapkan dapat membantu meminimalkan risiko dan memastikan kesuksesan tindakan medis untuk menghilangkan bopeng.  


 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman