Mitos-Mitos (Part 2) Seputar Perawatan Kulit Yang Perlu Diwaspadai

 

jangan sembarangan percaya mitos perawatan kulit di internet

Ada banyak informasi seputar perawatan kulit dan kecantikan yang dapat ditemukan di internet dengan gratis. Mulai dari pengetahuan tentang cara kerja kulit, tips untuk menjaga kesehatan kulit, hingga penyebab kulit bermasalah dan cara mengatasinya. Tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua informasi yang tersedia dapat dipercaya.

Sayangnya sekarang ini banyak informasi mengenai perawatan kulit yang tersebar di internet tidak berdasar atau hanya mitos belaka. Oleh karena itu, sebelum mengikuti informasi tersebut, sebaiknya pastikan kebenarannya terlebih dahulu. Penting untuk melakukan penelitian dan berkonsultasi dengan dokter kulit guna menjaga kesehatan kulit yang optimal. Jangan biarkan kulitmu menjadi korban dari informasi yang tidak tepat.

--------------------------------------------------------------------------------------

Berikut beberapa informasi keliru/mitos seputar perawatan kulit yang perlu diwaspadai.

1. Skincare Mahal Selalu Lebih Baik

Harga produk perawatan kulit tidak selalu menentukan kualitas atau efektivitasnya

Harga produk perawatan kulit tidak selalu menentukan kualitas atau efektivitasnya. Ada produk perawatan kulit yang terjangkau namun tetap efektif, dan sebaliknya. Ada produk yang sangat mahal namun mungkin tidak sesuai dengan jenis kulit atau masalah kulit Kamu.

Baca Juga : Skincare Sultan Yang Harganya Selangit, Bikin Nangis!

Selain itu, harga produk perawatan kulit juga dapat dipengaruhi oleh merek atau label merek tertentu, yang mungkin mempengaruhi harga secara signifikan tanpa memberikan manfaat tambahan pada kulit Kamu. Jadi, ketika memilih produk perawatan kulit, penting untuk mempertimbangkan kandungan bahan dalam produk tersebut. Bukan mahal atau tidak harganya.

2. Makan Cokelat Bisa Buat Wajah Jerawatan

tidak ada hubungan langsung antara konsumsi cokelat dengan munculnya jerawat.

Sebenarnya, masih diperdebatkan apakah makan cokelat secara langsung dapat menyebabkan jerawat atau tidak. Sebab beberapa studi menunjukkan bahwa tidak ada hubungan langsung antara konsumsi cokelat dengan munculnya jerawat. Sementara studi lain menunjukkan adanya korelasi positif antara konsumsi cokelat dan munculnya jerawat.

Hal ini mungkin disebabkan oleh kandungan gula, susu, dan lemak dalam cokelat, yang dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh dan memicu peradangan pada kulit, yang pada akhirnya dapat memicu munculnya jerawat pada beberapa orang. Namun dalam perspektif yang lebih luas, jerawat disebabkan oleh faktor-faktor lain yang lebih kompleks. Termasuk hormon, kebersihan kulit, genetik, stres, dan gaya hidup.

3. Sunscreen Tidak Diperlukan Jika Hari Tidak Panas

penggunaan sunscreen seharusnya menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari, terlepas dari cuacanya.

Informasi ini tidak benar sebab paparan sinar matahari terutama sinar UV dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Sinar UV dapat menembus awan dan menembus jendela, sehingga kulit masih terpapar sinar matahari bahkan dalam ruangan. 

Dalam jangka panjang, paparan sinar UV dapat menyebabkan penuaan kulit dini, garis-garis halus, kerutan, dan bahkan kanker kulit. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen seharusnya menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari, terlepas dari cuacanya.

Selain itu, perlu diingat bahwa penggunaan sunscreen hanya satu bagian dari perlindungan kulit yang tepat dari sinar UV. Kamu juga dapat melindungi kulit dengan mengenakan pakaian pelindung, topi, dan menghindari paparan matahari langsung pada saat yang paling terik. Sebaiknya gunakanlah produk perawatan kulit yang mengandung SPF setiap hari, bahkan pada hari berawan dan Kamu berada di dalam ruangan.

4. Perawatan Kulit Hanya Perlu Dilakukan Saat Kulit Bermasalah

Perawatan kulit seharusnya menjadi bagian dari rutinitas harian Kamu bahkan jika kulit sedang terlihat baik-baik saja.

Perawatan kulit seharusnya menjadi bagian dari rutinitas harian Kamu bahkan jika kulit sedang terlihat baik-baik saja. Membersihkan, menjaga kelembapan, dan melindungi kulit dari sinar matahari merupakan langkah perawatan kulit dasar yang sebaiknya dilakukan setiap hari guna menjaga kulit agar tetap sehat, lembap, dan cerah, serta mencegah masalah kulit yang lebih serius di kemudian hari.

Namun, jika Kamu mengalami masalah kulit tertentu, seperti jerawat atau kulit kering, perawatan kulit yang tepat dapat membantu mengatasinya. Untuk masalah kulit yang lebih serius, seperti eksim atau psoriasis, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Selalu gunakan pula produk perawatan kulit yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit Kamu.

5. Keriput Pertama Kali Muncul pada Usia 25 Tahun?

Tidak selalu benar bahwa keriput pertama kali muncul pada usia 25 tahun

Tidak selalu benar bahwa keriput pertama kali muncul pada usia 25 tahun. Usia di mana keriput pertama kali muncul dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti jenis kulit, paparan sinar matahari, gaya hidup, dan genetika. Beberapa orang mungkin mulai mengalami tanda-tanda penuaan pada usia yang lebih muda, sementara yang lain mungkin tidak memiliki keriput sampai usia yang lebih tua.

Namun, di usia 25 tahun, proses penuaan alami pada kulit memang sudah mulai terjadi, seperti menurunnya produksi kolagen dan elastin, sehingga penting untuk merawat kulit sejak usia dini dengan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat dan menghindari faktor-faktor yang dapat mempercepat penuaan kulit seperti merokok dan paparan sinar matahari yang berlebihan.

6. Semakin Tinggi SPF Sunscreen Maka Semakin Bagus

Tidak selalu benar bahwa semakin tinggi SPF pada sunscreen maka semakin bagus

Tidak selalu benar bahwa semakin tinggi SPF pada sunscreen maka semakin bagus. SPF atau Sun Protection Factor adalah ukuran yang digunakan untuk menentukan seberapa efektif sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar UVB, yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan kanker kulit. Semakin tinggi SPF, semakin tinggi pula tingkat perlindungan dari sinar UVB.  Namun, penting untuk diingat bahwa tingkat SPF tidak mengindikasikan tingkat perlindungan terhadap sinar UVA.

Baca Juga : Rekomendasi Sunscreen dengan labeb "UVA/UVB Protection" yang wajib Kamu coba

Oleh karena itu, selain memperhatikan SPF, kita juga perlu memilih sunscreen yang memiliki proteksi UVA, biasanya ditunjukkan dengan label "broad-spectrum" atau "UVA/UVB protection". Selain itu, pemilihan sunscreen yang tepat juga harus disesuaikan dengan jenis kulit kita dan aktivitas yang dilakukan. Ingat juga bahwa sunscreen harus diaplikasikan secara teratur, setidaknya setiap dua jam sekali atau lebih sering jika kita berkeringat atau berenang.

7. Mencuci Wajah Semakin Kesat, Semakin Bersih?

Sensasi kulit yang kesat terjadi karena kulit wajah menjadi kaku dan kelembapan alami kulit tergerus.

Banyak orang mencari sensasi kulit kesat setelah mencuci muka, dengan anggapan bahwa sensasi tersebut menunjukkan bahwa seluruh kotoran dan sel kulit mati pada wajah sudah terangkat dengan sempurna. Namun, apakah benar? Sensasi kulit yang kesat terjadi karena kulit wajah menjadi kaku dan kelembapan alami kulit tergerus.

Jika dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan kulit malah menjadi kering. Sebaiknya ketika Kamu mencuci wajah, penting untuk menggunakan gerakan lembut dan menghindari penggunaan sabun yang mengandung bahan kimia karena dapat merusak kulit. Sebaiknya gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Kamu agar tidak berpotensi menyebabkan iritasi. Ingat untuk selalu melakukannya dengan lembut dan tidak terlalu kuat atau kasar.

--------------------------------------------------------------------------------------

Demikian beberapa mitos seputar perawatan kulit yang perlu Kamu hindari. Selalu lakukan riset sebelum memilih produk perawatan kulit dan konsultasikan dengan dokter kulit jika Kamu merasa itu perlu.

Kamu tidak boleh percaya pada mitos tentang perawatan kulit begitu saja. Ini karena mitos-mitos tersebut tidak didukung oleh fakta ilmiah yang akurat dan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Dengan tidak percaya pada mitos-mitos perawatan kulit yang beredar di internet, Kamu dapat merawat kulit dengan cara yang lebih efektif dan aman.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman