Jenis-Jenis Buah Yang Sering Digunakan Dalam Skincare

Buah Yang Bagus Untuk Skincare


Penggunaan buah sebagai bahan perawatan kulit telah dilakukan sejak zaman kuno. Sama halnya dengan penggunaan bunga dan bahan alami lainnya, banyak budaya kuno seperti Mesir kuno, Yunani kuno, dan India kuno telah menggunakan buah untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Selain Cleopatra, ratu Mesir kuno lainnya yang terkenal karena kecantikannya adalah Ratu Nefertiti. Konon dalam berbagai cerita dikatakan ia juga menggunakan perawatan kulit alami. 

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Bunga Yang Sering Digunakan dalam Skincare

Selain menggunakan beragam jenis bunga, Ratu Nefertiti juga melibatkan buah-buahan seperti jeruk dan anggur untuk merawat keacntikannya. Ratu Nefertiti mandi dengan air susu yang dicampur dengan jus buah segar untuk menjaga keindahan kulitnya.

Sementara di masa India kuno, penggunaan buah dalam perawatan kulit terdokumentasi dalam tradisi Ayurveda. Banyak buah seperti pisang, mangga, dan lemon digunakan dalam campuran herbal untuk menghidrasi dan memperbaiki kulit.

jenis-jenis buah yang sering dicampur dalam bahan pembuatan skincare

Seiring berjalannya waktu, pengetahuan tentang manfaat buah-buahan untuk perawatan kulit semakin berkembang. Penggunaan buah-buahan terus menjadi tren karena kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan enzim dalam buah-buahan sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Namun, penting untuk menyadari bahwa efektivitas bahan-bahan alami dapat bervariasi tergantung pada jenis kulit dan kondisi individu. Konsultasi dengan dokter kulit disarankan sebelum mengadopsi rutinitas perawatan kulit baru.

Ada beberapa jenis buah yang sering digunakan dalam skincare maupun kosmetik karena kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk kulit.

Jenis-Jenis Buah yang Sering Digunakan dalam Skincare

1. Bengkoang

gunakan skincare dengan kandungan bengkoang

Bengkuang mengandung air dalam jumlah besar, yang membantu melembapkan kulit dan menjaga kelembaban alami. Bengkuang mengandung vitamin C yang membantu mencerahkan kulit dan mengurangi noda gelap serta hiperpigmentasi.

2. Timun

gunakan timun sebagai skincare secara rutin

Timun memiliki sifat antiinflamasi alami yang dapat membantu meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit. Ini membuatnya menjadi bahan yang cukup diidolakan untuk merawat dan melembapkannya.

3. Strawberry

gunakan skincare yang mengandung strawberry

Strawberry merupakan buah yang mengandung banyak asam salisilat alami. Bagus untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan mengurangi noda hitam. Strawberry juga mengandung antioksidan dan vitamin C.

4. Pepaya

gunakan skincare yang mengandung pepaya

Mengandung enzim papain, yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit. Pepaya juga mengandung vitamin A dan C, serta antioksidan yang bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Alpukat

gunakan skincare yang mengandung alpukat

Alpukat banyak mengandung lemak sehat dan Vitamin E. Keduanya bagus untuk membantu melembapkan dan menyehatkan kulit. Selain kecantikan kulit, alpukat juga bermanfaat untuk perawatan rambut. Lemak sehat dalam alpukat bisa membantu menjaga kelembapan alami rambut.

6. Jeruk

gunakan skincare yang mengandung jeruk

Jeruk memiliki aroma yang menyegarkan dan mengandung Asam Alpha-Hydroxy. Keduanya diyakini bagus untuk membantu menjaga kelembapan kulit dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar. Kamu dapat mencampurkan air perasan jeruk alami (tanpa dicampur air) dengan madu dan oatmeal untuk membuat scrub wajah.

7. Lemon

gunakan skincare yang mengandung lemon

Lemon mengandung Asam Sitrat yang dapat membantu mencerahkan kulit. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan lemon secara langsung ke kulit berpotensi menyebabkan iritasi, terutama jika kulit kamu sensitif. Jadi sebaiknya tak digunakan secara sembarangan.

8. Apel

gunakan skincare yang mengandung apel

Apel mengandung Asam Alfa-Hidroksi (AHA) yang dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan mencerahkannya. Selain itu, Apel juga mengandung Asam Malat yang diyakini bagus untuk membantu mengurangi jerawat dan mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit.

9. Blueberry

gunakan skincare dengan kandungan Blueberry

Blueberry dikenal mengandung antioksidan yang tinggi dan kuat. Diyakini dapat membantu melawan radikal bebas sehingga kulit tetap terjaga kesehatannya.

10. Semangka

gunakan skincare yang mengandung semangka

Kandungan air yang tinggi dalam semangka bisa digunakan untuk membantu menjaga kulit agar terhidrasi dengan baik. Ini dapat memberikan kelembapan alami pada kulit dan membuatnya tampak segar. 

Selain itu, semangka juga mengandung Likopen, senyawa yang memberikan warna merah pada buah tersebut. Likopen merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

11. Pomegranate

gunakan skincare yang mengandung pomegranate

Pomegranater atau dikenal juga sebagai buah delima mengandung senyawa yang disebut Punicalagin, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Ini tidak menggantikan penggunaan tabir surya, tetapi dapat memberikan perlindungan tambahan.

-----------------------------------------------------------------

Secara umum, penggunaan buah-buahan dalam skincare aman untuk digunakan. Ini karena buah-buahan yang digunakan dalam produk skincare biasanya telah melalui pengolahan dan uji coba yang ketat untuk memastikan kualitas dan keamanannya.

Namun, seperti halnya dengan semua produk skincare lain, setiap orang dapat bereaksi secara berbeda terhadap bahan-bahan tertentu. Beberapa orang mungkin mengalami iritasi atau alergi terhadap buah dan sebaliknya.

Baca Juga : Urutan Skincare Pagi yang Dianjurkan Biar Kulit Terawat

Jadi, sebelum menggunakan produk skincare yang mengandung atau berbahan dasar buah-buahan diatas, sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu pada kulit terluar kamu seperti punggung tangan. 

Tunggu selama 24 jam untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau iritasi. Jika tidak ada reaksi negatif, maka kamu dapat melanjutkan penggunaan produk tersebut.

Jika kamu memiliki kulit sensitif atau memiliki riwayat alergi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kecantikan terpercaya sebelum menggunakan produknya. Ini dilakukan demi mengurangi risiko terjadinya iritasi atau reaksi alergi lain yang tak diinginkan pada kulit kamu.

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman