Mengenal Jenis-Jenis Bunga yang Sering Digunakan dalam Skincare

Daftar Isi
bunga yang sering dipakai dalam kandungan skincare


Penggunaan bunga dalam skincare dan produk kosmetik kian hari semakin popular dan massif. Selain keindahannya yang memukau, bunga memiliki beragam manfaat yang menakjubkan untuk kecantikan. Sudah pasti kamu gak asing dengan produk perawatan kulit yang mengandung bunga, bukan?

Nah, jika membicarakan penggunaan bunga dalam perawatan kulit dan kecantikan, sebenarnya hal ini sudah berlangsung lama, sejak ribuan tahun lalu.

Catatan sejarah menunjukkan bahwa pada zaman dahulu, seperti era Mesir, Cina, Roma hingga Yunani Kuno, bunga telah digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit para wanita. Salah satu contoh penggunaan bunga dalam perawatn kulit yang paling terkenal adalah oleh Cleopatra, ratu Mesir kuno yang terkenal karena kecantikannya.

mandi bunga bagus untuk kelembutan kulit

Diceritakan jika Cleopatra sering mandi dalam air yang ditabur dengan kelopak mawar dan dicampur madu untuk membuat kulitnya tampak bercahaya.

Lalu pada abad ke-19, seorang ahli farmasi Prancis bernama René-Maurice Gattefossé menemukan manfaat minyak lavender untuk mengobati luka bakar setelah ia secara tidak sengaja membakar tangannya. Dia kemudian mengembangkan produk kosmetik dengan menggunakan minyak lavender.

Selanjutnya pada abad ke-20, seiring berkembangnya teknologi dan penelitian dalam bidang kosmetik, penggunaan bunga dalam skincare semakin beragam. Pengembangannya makin efektif dan inovatif sebab ekstrak bunga sudah berhasil diolah dalam beragam produk kecantikan.

Mulai dari serum, masker hingga krim perawatan kulit. Bunga masih menjadi bahan alami yang diidolakan hingga saat ini karena banyaknya manfaat yang diberikan.

----------------------------------------------

Jenis-Jenis Bunga yang Sering Digunakan dalam Skincare 

1. Chamomile

Gunakan Skincare yang mengandung chamomile

Chamomile adalah bunga yang memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan. Bunga ini sering digunakan dalam skincare untuk mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Termasuk meredakan rasa ketidaknyamanan pada kulit yang sensitive.

2. Lavender

gunakan skincare yang mengandung lavender

Lavender adalah bunga yang memiliki sifat menenangkan dan aromatik. Bunga ini sering digunakan dalam skincare untuk mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur, yang pada gilirannya dapat membantu memperbaiki kondisi kulit.

3. Rose

gunakan skincare yang mengandung bunga mawaar

Rose, dikenal juga sebagai bunga mawar merupakan bunga paling popular, selain cantik dan terkesan puitis, bunga mawar juga memiliki khasiat untuk melembapkan dan menenangkan kulit. 

Baca Juga : 5 Skincare dengan Kebaikan Bunga Mawar Didalamnya

Bunga ini sering digunakan dalam skincare untuk membantu melembapkan kulit yang kering serta mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit sensitive.

4. Calendula

gunakan skincare yang mengandung calendula

Calendula adalah bunga yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang cukup kuat. Bunga ini sering digunakan dalam skincare untuk membantu mengurangi peradangan pada kulit yang sensitif atau berjerawat. 

Baca Juga : 5 Skincare Lokal dengan Kebaikan Calendula Didalamnya

Termasuk membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Kandungan oksigen yang cukup kuat dari bunga calendula bisa membantu menjaga kulit tetap awet muda.

5. Hibiscus

gunakan skincare yang mengandung hibiscus

Hibiscus, dikenal juga sebagai bunga kembang sepatu merupakan bunga yang kaya akan asam alfa-hidroksi (AHA) dan antioksidan. Bunga ini sering digunakan dalam skincare untuk membantu mengurangi garis halus dan kerutan serta meningkatkan kecerahan kulit.

6. Jasmine

gunakan skincare yang mengandung jasmine

Jasmine, dikenal juga sebagai bunga melati merupakan bunga yang memiliki sifat aromatik dan menenangkan. Bunga ini sering digunakan dalam skincare untuk membantu melembapkan dan menenangkan kulit yang kering dan sensitif.

---------------------------------------------

Setiap jenis bunga memiliki manfaatnya masig-masing. Secara umum, penggunaan bunga dalam skincare aman untuk digunakan. Bunga-bunga yang digunakan dalam produk skincare biasanya telah melalui pengolahan dan uji coba yang ketat untuk memastikan kualitas dan keamanannya.

Namun, seperti halnya dengan semua produk skincare lain, setiap orang dapat bereaksi secara berbeda terhadap bahan-bahan tertentu. Beberapa orang mungkin mengalami iritasi atau alergi terhadap bunga dan sebaliknya.

Jadi, sebelum menggunakan produk skincare yang mengandung atau berbahan dasar bunga, sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu pada kulit terluar kamu seperti punggung tangan. Tunggu selama 24 jam untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau iritasi. Jika tidak ada reaksi negatif, maka kamu dapat melanjutkan penggunaan produk tersebut.

Jika kamu memiliki kulit sensitif atau memiliki riwayat alergi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kecantikan terpercaya sebelum menggunakan produknya. Ini dilakukan demi mengurangi risiko terjadinya iritasi atau reaksi alergi lain yang tak diinginkan pada kulit kamu.

 

15 komentar

nenden rikma 17 Mei 2023 pukul 12.18 Hapus
Saya pernah pake calendula untuk kulit sensitif, sayangnya ngga cocok 🥺 alhasil perjalanan mencari skincare berlanjut lagi
Pena Tari 17 Mei 2023 pukul 13.16 Hapus
Calendula itu kalau di Indonesia seperti apa ya Kak? Jadi kepo. Aku lebih familiar dengan yang mawar, jasmine dan lavender selama ini
Wenti Indrianita 17 Mei 2023 pukul 19.22 Hapus
Kayaknya hampir semuanya familiar ya. Terutama produk kosmetik rata-rata suka pake bunga sebagai bahannya.
fika_oleander 17 Mei 2023 pukul 19.58 Hapus
Baru tahu di Hibiscus ada AHA. Ternyata bunga² ini banyak manfaatnya
IntiSariku 17 Mei 2023 pukul 20.25 Hapus
Paling suka bau lavender... 🤩
Ilma Purnomo (Mama Razin) 17 Mei 2023 pukul 21.55 Hapus
Wah ternyata bunga bukan cuma wangi tapi punya kandungan yang baik untuk kulit. Dulu saya kira nambahin bunga di produk skincare cuma buat wangi-wangian aja, ternyata memang ada manfaatnya
Pristiana Aprilia Fiska Hutami 17 Mei 2023 pukul 22.38 Hapus
beberapa jenis bunga yang dipaparkan juga dipakai manfaatnya untuk essential oil dari zaman dahulu para bangsawan suka dengan wewangian... wangi tersebut bisa memberikan sensasi mood bagi pencium aromanya hehe
Anonim 17 Mei 2023 pukul 22.44 Hapus
Wahhh bunga emang banyak sekali manfaatnya. Selain bikin kebin indah juga bisa bikin perawatan. Baru tahu hibiscus untuk perawatan kulit.
Alfida Husna 17 Mei 2023 pukul 22.48 Hapus
Aku cuma tau bunga nomor 1 -3 aja kak, wkwkwk. Wangi² ya bunganya. Lavender emang enak sih wanginya suka. Anak aku aja skincare nya juga yang berbau Lavender, hehe.
Melinda Wulandari 17 Mei 2023 pukul 23.17 Hapus
Paling familiar sama chamomile, lavender, dan melati. Selebihnya kurang cocok di kulit aku. Kalo untuk aroma sih aku paling suka aroma melati hehe
Dhelvia Gerent 17 Mei 2023 pukul 23.30 Hapus
Aku nih paling banter pakenya yang ada kandungan calendula nya kak. Lumayan sering aku jumpai di mana-mana. Rose juga, tapi sayangnya aku nggak terlalu cocok sama bunga mawar. Terus gara-gara ini aku jadi pengen pake yang ada kandungan chamomile nya, wkwk
Maria Dominika 17 Mei 2023 pukul 23.42 Hapus
aroma lavender enak banget. aku harus coba terus
Nia 17 Mei 2023 pukul 23.58 Hapus
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nia 18 Mei 2023 pukul 00.07 Hapus
Paling suka chamomile, lembut wanginya
Alfa Anisa 18 Mei 2023 pukul 04.09 Hapus
Baru tau kalau cara deteksi alergi atau tidak pake punggung tangan dulu.makasih infonya, mbak 🥰