Kebiasaan Buruk Penyebab Kantung Mata. Harus Dihindari!

 

cara menghilangkan kantung mata

Kantung mata bisa muncul pada siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Sebenarnya kantung mata terjadi ketika jaringan lemak di bawah mata menjadi lebih menonjol dan terlihat sebagai tonjolan hitam di bawah mata. 

Banyak faktor yang bisa memicu kemunculan kantung mata, mulai dari factor usia, keturunan, stress berlebihan, alergi hingga kondisi medis tertentu (seperti penyakit tiroid). Termasuk pula kebiasaan-kebiasaan buruk dikehidupan sehari-hari yang sering dilakukan baik secara sadar maupun tidak.

Kebiasaan Buruk Penyebab Kantung Mata

Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan dan dapat memperburuk kondisi kantung mata. Berikut ulasannya. Semoga bermanfaat

1. Tidur Terlalu Sedikit

kantung mata muncul karena kurang tidur

Kurang tidur bisa menjadi salah satu faktor penyebab kantung mata. Ketika kamu tidur, tubuh memperbaiki sel-sel kulit dan mengembalikan sirkulasi darah. Ketika tidur terganggu atau kurang tidur, sirkulasi darah akan terganggu. 

Ini menyebabkan kulit di bawah mata terlihat lebih pucat dan kantung mata lebih jelas terlihat. Usahakan untuk tidur minimal 7-8 jam setiap malam untuk memastikan tubuh dapat memperbaiki sel-sel kulit dengan baik.

2. Menggunakan Gadget Terlalu Lama

hindari main hp sebelum tidur

Banyak orang yang seringkali terlalu lama menggunakan gadget, baik itu smartphone atau laptop. Radiasi yang dikeluarkan oleh gadget dapat merusak kulit di sekitar mata dan menyebabkan kemunculan kantung mata. 

Selain itu, membaca layar gadget dalam kondisi gelap juga dapat merusak mata dan menyebabkan kantung mata semakin parah. Hindari penggunaan gadget terlalu lama dan cobalah untuk menjaga jarak yang aman saat menggunakan gadget.

3.  Merokok

kantung mata bisa muncul akibat terlalu sering merokok

Merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan paru-paru, tetapi juga buruk bagi kesehatan kulit di area mata. Nikotin dan bahan kimia dalam rokok dapat merusak kolagen dalam kulit. Ini akan menyebabkan kulit di sekitar mata terlihat lebih tua dan lelah. 

Selain itu, merokok juga dapat memperburuk kondisi kantung mata yang sudah ada. Hindari merokok dan hindari paparan asap rokok agar kulit kamu tetap sehat dan terjaga kecantikannya.

4. Terlalu Banyak Minum Alkohol

Jangan minum alkohol terlalu banyak agar mata sehat

Minum alkohol dapat memperburuk kondisi kantung mata karena berpotensi menyebabkan kamu mengalami dehidrasi. Ketika tubuh dehidrasi, kulit di sekitar mata cenderung terlihat kusam dan kering. 

Selain itu, konsumsi alkohol juga dapat memperburuk masalah tidur dan menyebabkan kamu merasa lebih lelah di keesokan hari. Hindari minum alkohol dalam jumlah yang berlebihan dan pastikan kamu minum cukup air setiap hari.

5. Tidak Menggunakan Kacamata Saat Berada Di Bawah Matahari

hindari sinar matahari langsung agar tak muncul kantung mata

Sinar UV dari matahari dapat merusak kulit di sekitar mata dan menyebabkan kantung mata semakin parah. Saat berada di bawah sinar matahari, pastikan kamu menggunakan kacamata hitam yang dapat melindungi mata dan kulit di sekitar mata dari paparan sinar UV. 

Penggunaan kacamata hitam juga dapat membantu kamu mencegah munculnya kerutan di sekitar mata dan melindungi mata dari sinar yang menyilaukan.

6. Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

mata panda muncul karena kebanyakan konsumsi garam

Mengonsumsi terlalu banyak garam dapat menyebabkan retensi cairan di dalam tubuh, termasuk pada kulit di sekitar mata. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan muculnya kantung mata. 

Untuk menghindari munculnya kantung mata, kamu perlu membatasi konsumsi garam. Hindari pula makanan yang mengandung banyak garam, seperti keripik, pizza dan makanan olahan.

7. Terlalu Banyak Menggunakan Produk Kecantikan

Kantung Mata Muncuk Karena Sering Gonta Ganti Skincare

Beragam bahan dalam produk kecantikan seperti retinol, asam glikolat dan Vitamin C memang bagus untuk merawat kecantikan wajah. Namun jika tidak digunakan dalam jumlah dan kombinasi yang tepat.   

Malah dapat menyebabkan iritasi pada kulit di sekitar mata. Ketika kulit teriritasi, hal ini dapat menyebabkan kantung mata membengkak dan terlihat semakin parah. 

Selain itu, produk kecantikan seperti krim mata yang mengandung bahan pemutih yang berlebihan dapat menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi lebih tipis dan sensitif. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan produk kecantikan pada area sekitar mata dengan bijak. Pastikan kamu mengikuti instruksi penggunaan pada label produk dan hanya menggunakan produk dalam jumlah yang dianjurkan.

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang paling sensitif dan dalam satu hal maupun keadaan tertentu perlu perawatan ekstra. Namun, dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk diatas, kamu dapat mencegah munculnya kantung mata maupun mencegah makin memburuknya kondisi kantung mata kamu.

Kamu juga disarankan untuk menjaga dan mengelola stres, mengobati alergi atau kondisi medis mendasar yang muncul. Jika kantung mata sangat mengganggu, berkonsultasilah dengan dokter atau spesialis kulit untuk mendapatkan saran dan perawatan yang tepat.

 

 

 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman