Menjelajahi Manfaat Bengkuang Untuk Kecantikan Lengkap Dengan Cara Mengaplikasikannya

cara memakai bengkuang untuk mencerahkan kulit

Bengkuang, atau juga dikenal dengan nama Yam Bean, merupakan umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Bengkuang termasuk buah tropis yang banyak tumbuh di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Bengkuang kaya akan nutrisi dan serat, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya itu saja, bengkuang juga kaya akan nutrisi lainnya. Mulai dari Serat, Vitamin C, Kalium, Vitamin B6, Fosfor, Magnesium hingga Zat Besi. Termasuk pula kandungan beberapa jenis antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Istimewanya lagi bengkuang juga mengandung sekitar 90% air, sehingga buah ini sering direkomendasikan sebagai salah satu bahan makanan yang menyegarkan dan dapat membantu menghidrasi tubuh.

Baca Juga : Ini Dia Skincare Lokal dengan Kandungan Bengkuang

Namun selalu pastikan agar kamu mengonsumsi buah bengkuang dalam batas wajar yang sehat dan diimbangi dengan makanan lainnya.

Manfaat Bengkuang untuk Kecantikan

1. Mencerahkan Kulit

manfaat bengkuang untuk kecantikan

Bengkuang mengandung Vitamin C dan Vitamin B6 yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu memperlambat produksi melanin pada kulit. Dengan menghambat produksi melanin, bengkuang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi tampilan noda hitam. 

Selain itu, karena bengkuang mengandung kadar air yang cukup tinggi, mengkonsumsinya dalam jumlah yang sesuai akan membantu menjaga kelembapan kulit. Kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik cenderung tampak lebih cerah.

2. Menjaga Kelembaban Kulit

jaga kelembapan kulit dengan bengkuang

Bengkuang dapat membantu melembapkan kulit karena mengandung banyak air yang baik untuk kulit. Selain itu, buah bengkuang juga mengandung Vitamin C, Vitamin B, Serat dan Antioksidan, yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan kulit. 

Serat dalam bengkuang bagus untuk membantu memperbaiki struktur kulit. Ditambah pula dengan kandungan air yang cukup tinggi, semakin bagus dalam menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit menjadi kering dan kasar.

3. Membantu Meredakan Jerawat

redakan jerawat dengan bengkuang

Bengkuang mengandung beberapa jenis antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang memiliki sifat anti-inflamasi, bagus untuk meredakan peradangan akibat jerawat. Namun tidak bisa dianggap sebagai pengobatan utama untuk jerawat. Sebab efek bengkoang pada jerawat belum terbukti secara ilmiah. 

Untuk mengobati jerawat, perlu dilakukan perawatan kulit yang komprehensif. Termasuk membersihkan wajah secara teratur, menghindari makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat dan menggunakan produk perawatan jerawat yang sesuai.

4. Menyamarkan Noda Hitam

samarkan noda hitam di wajah dengan masker bengkuang

Antioksidan dan kandungan Vitamin B kompleks dalam bengkuang diyakini dapat membantu menyamarkan noda hitam maupun bintik-bintik gelap di wajah. Antioksidan akan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini dan timbulnya noda hitam pada kulit. 

Sementara Vitamin B kompleks akan membantu meregenerasi sel-sel kulit yang rusak dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit tampak lebih  sehat. Meskipun bengkoang memiliki potensi untuk membantu menyamarkan noda hitam di wajah. 

Namun efektivitasnya mungkin berbeda-beda pada setiap individu. Tergantung dari kondisi kulit dan jenis noda hitam yang dimiliki. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli kecantikan terkait ini jika ingin mendapat manfaat yang lebih spesifik.

Cara Menggunakan Bengkuang Untuk Merawat Kulit

rawat kecantikan kulit dengan bengkuang segar

Penting untuk diingat bahwa sebelum mencoba menggunakan bengkuang untuk merawat kulit wajah, disarankan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu pada area terluar kulit seperti punggung tangan. Lalu perhatikan reaksi yang timbul. Pastikan pula wajah sudah bersih sebelum melakukan perawatan.

Beberapa cara menggunakan bengkuang untuk kecantikan diantaranya:

Masker Bengkuang: Iris bengkuang tipis-tipis dan blender hingga halus. Tambahkan sedikit air jika perlu atau madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur untuk hasil terbaik.

Scrub Bengkuang: Iris bengkuang dan campurkan dengan gula pasir. Gunakan campuran ini sebagai scrub alami untuk menghilangkan sel kulit mati dan membuat kulit terasa lebih halus.

Irisan Bengkuang: Meski kurang familiar tapi kamu dapat mengiris bengkuang dan menempelkannya pada area yang memiliki noda seperti bekas jerawat. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Lakukan rutin dan buktikan hasilnya.

Baca Juga : Rekomendasi Masker Bengkuang Harga Affordable

Perlu diingat, meski bengkoang dengan kandungan nutrisinya diyakini bagus untuk merawat kecantikan kulit, efeknya tidak akan terlihat secara instan dan butuh waktu serta konsistensi dalam penggunaannya. Pahami pula bahwa bengkuang juga tidak dapat menggantikan perawatan kulit yang baik dan sehat secara keseluruhan.

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman