Manfaat Pomegranate untuk Kecantikan: Rahasia Kulit Sehat dari Biji Merah Muda yang Menawan

5 Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan

Buah Delima atau dikenal juga dengan sebutan Pomegranate, dengan bentuk bulat dan ukuran diameter kurang lebih 5-12 cm, menghadirkan keunikan tersendiri. Kulitnya yang keras tentu tak bisa dikonsumsi, namun biji merah muda di dalamnya (aril) kerap kali menjadi incaran.

Rasanya yang khas, asam dan manis membuatnya membuatnya jarang dikonsumsi secara langsung, lebih sering diolah menjadi campuran hidangan maupun minuman. Meskipun jarang dikonsumsi secara langsung, buah delima menyimpan beragam manfaat terutama untuk kecantikan kulit.

Buah delima kaya akan kandungan nutrisi mulai dari antioksidan, vitamin K, vitamin C, dan mineral penting lain yang akan memberikan keajaiban bagi kecantikan kulit kamu. Istimewanya lagi, buah ini ternyata juga rendah kalori dan lemak.

Baca Juga : 5 Skincare Berbahan Dasar Pomegranate yang Perlu Dicoba

Inilah mengapa delima, sering digunakan dalam produk perawatan kulit dan kecantikan. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat yang ditawarkan oleh buah delima ini?

Mari simak lewat ulasan berikut. Semoga bermanfaat.

Kandungan Nutrisi Buah Delima

Kandungan nutrisi yang dimiliki sebuah delima dengan berat sekitar 282 gram


234 kalori

4,7 gram protein

3,3 gram lemak

52 gram karbohidrat

38,6 gram gula

11,3 gram serat

28,2 mg kalsium

0,85 mg zat besi

102 mg fosfor

666 mg kalium

28,8 mg vitamin C

107 mcg vitamin B9.

Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan

Buah Delima (Pomegranate) memiliki sejumlah manfaat untuk kecantikan kulit. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Antioksidan yang Kuat

antioksidan tinggi di buah delima bagus untuk kesehatan

Delima kaya akan senyawa polifenol, terutama dalam bentuk ellagitannin dan antosianin. Senyawa-senyawa ini memberikan efek antioksidan yang kuat, yang dapat melindungi tubuh secara keseluruhan termasuk kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Antioksidan sendiri berperan penting dalam melawan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan kerusakan sel termasuk kerusakan kulit. Termasuk juga berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit inflamasi. 

Makan makanan kaya antioksidan, seperti buah delima, dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ini juga berarti dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan potensi kamu mengalami penuaan dini.

2. Merangsang Produksi Kolagen

buah delima kaya akan vitamin c

Buah delima tidak secara langsung merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Namun, buah delima mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk sintesis kolagen, seperti vitamin C. Selain itu, buah delima juga mengandung senyawa polifenol yang memiliki potensi antiinflamasi.

Inflamasi kronis dapat mempengaruhi kualitas kolagen dalam kulit. Konsumsi buah delima sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat dapat membantu mendukung kesehatan kulit, termasuk sintesis kolagen, tetapi bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi produksi kolagen.

3. Melembapkan Kulit

kulit lembab dengan rutin mengkonsumsi buah delima

Kandungan polifenol dan asam lemak omega-5 yang terdapat di dalam buah delima dapat membantu melembapkan kulit. Polifenol memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. 

Bagus untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Sementara asam lemak omega-5 memiliki sifat pelembap alami yang akan membantu menjaga kelembapan kulit.

4. Membantu Mencerahkan Kulit

cerahkan kulit dengan menggunakan skincare mengandung buah delima

Buah delima memiliki kandungan nutrisi yang kaya, termasuk vitamin C, antioksidan, dan asam ellagic. Kandungan vitamin C dalam buah delima membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Membuat kulit tetap kencang dan sehat. Kulit yang sehat tentu akan cenderung terlihat lebih cerah.

Namun, penting untuk diingat bahwa efek mencerahkan kulit dari buah delima tidaklah instan atau dramatis. Hasil yang didapat mungkin akan bervariasi tergantung pada kondisi kulit masing-masing individu.

Meskipun buah delima dapat memberikan beragam manfaat untuk kecantikan kulit, penting untuk diingat bahwa hasil yang optimal akan tercapai melalui pola makan seimbang dan perawatan kulit yang komprehensif.

Memadukan konsumsi buah delima dengan perawatan kulit yang tepat dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit secara keseluruhan. Namun menerapkan perawatan kulit yang holistik dan teratur tetap penting dilakukan guna mencapai kulit yang sehat dan cerah.





Posting Komentar

Total Tayangan Halaman