Tips Mengatasi Jerawat Meradang di Pipi

 

Jerawat meradang di pipi dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu penampilan.

Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi pada banyak orang, terutama di daerah pipi. Jerawat meradang di pipi dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu penampilan. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara efektif untuk mengatasi jerawat meradang di pipi.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu:

1. Menjaga Kebersihan Kulit

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kebersihan kulit. Cuci wajah secara teratur dengan pembersih yang lembut dan bebas dari zat-zat iritan. Hindari menggosok atau menggaruk jerawat, karena hal ini dapat memperburuk peradangan dan menyebabkan infeksi.

2. Gunakan Produk Perawatan Wajah yang Tepat

Pilih produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Sebaiknya pakai yang dirancang khusus untuk mengatasi jerawat. Gunakan krim wajah yang mengandung bahan seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, atau tea tree oil. Ini karena bahan-bahan tersebut dapat membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

3. Hindari Produk Kosmetik Berat

Jika kamu memiliki jerawat meradang di pipi, hindari penggunaan produk kosmetik dengan jenis yang berat, seperti foundation yang tebal karena berpotensi menyumbat pori-pori. Gunakan produk yang ringan dan non-komedogenik, yang tidak akan menyebabkan jerawat menjadi semakin parah.

4. Jaga Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat dan seimbang dapat berdampak positif pada kesehatan kulit. Hindari makanan berlemak dan berminyak yang dapat menyumbat pori-pori. Sebaliknya, konsumsi makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

5. Hindari Pemakaian Produk Berbahan Kimia yang Keras

Pemakaian produk kosmetik dengan kandungan bahan kimia yang keras seperti parfum (pewangi) bisa jadi mengandung zat iritan yang berpotensi memperburuk kondisi kulitmu.

6. Hindari Sentuhan Tangan yang Berlebihan

Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor atau menyentuh wajah berkali-kali secara berlebihan. Tanpa disadari bisa jadi tangan kamu terkena banyak kuman dan bakteri sepanjang hari. Menyentuh wajah dapat mentransfer kotoran dan kuman tersebut ke kulit. Ini berpotensi menimbulkan jerawat baru atau malah memperparah jerawat yang sudah ada jadi semakin meradang.

7. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan stres dan mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, yang dapat memicu jerawat. Pastikan kamu beristirahat yang cukup setiap malam agar kulit dapat pulih dan melakukan meregenerasi dengan baik.

8. Konsultasikan dengan Dokter Kulit

Jika jerawat meradang di pipi kamu tidak kunjung membaik atau bahkan semakin hari semakin bertambah parah. Maka penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit secepatnya. 

Dokter kulit dapat memberikan saran dan perawatan yang tepat untuk mengatasi jerawat yang lebih parah. Mulai dari terapi topikal, antibiotik, atau melakukan prosedur kecantikan tertentu.

Jadi, itu dia beberapa tips yang dapat membantu kamu mengatasi jerawat meradang di pipi. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, jadi tidak semua metode akan efektif untuk setiap individu. 

Coba terapkan beberapa tips diatas dan temukan apa yang paling cocok untuk kulit wajahmu. Senantiasa pula lakukan perawatan kecantikan yang tepat agar kamu bisa memiliki kulit yang cerah, sehat dan tentu saja bebas jerawat.

10 komentar

  1. Tips-tips yang bagus dan ditulis dengan baik. Terima kasih inspirasinya, Kak. Tapi sepertinya poin 6 selalu gagal dilakukan. Kalau lagi punya jerawat, bawaannya dielus terus. Wkwkwkk ….

    BalasHapus
  2. Kalau ada jerawat gatel bgt rasanya pengen garuk padahal gak boleh yaa bisa membusuk. Ternyata stress juga ngaruh ya ke jerawat huhu

    BalasHapus
  3. Jerawat tuh kadang gak bisa dihindari. Apalagi kalau penyebabnya karena hormon. Tetep aja dia muncul lagi hihi. Tapi emang yang paking utama jaga kebersihan wajah ya. Sebelum tidur harus dibersihkan.

    BalasHapus
  4. Tulisan yang bermanfaat untuk aku yang lagi jerawatan👍

    BalasHapus
  5. Bahkan bagi anak laki-laki kayak saya, jerawat itu musuh utama. Terimakasih atas tipsnya kak

    BalasHapus
  6. Problem yang selalu muncul pas PMS. Iseng banget kadang tanganku memang. Moga - moga besok istiqomah ga dicuil-cuil lagi hahaha

    BalasHapus
  7. Jerawat musuhku nih hehehe. Kadang gemas banget sama muka yang ada jerawatnya. Hihihi. Terima kasih kak tips kerennya✨🎆

    BalasHapus
  8. Terima kasih atas informasinya kak. Jerawat memang perlu perhatian ekstra supaya bisa enyah huhu

    BalasHapus
  9. Dulu jerawatan parah dan berminyak, akhirnya nyobain detoks badan Alhamdulillah ngefek ke kulit juga. sekarang sepertinya jerawat yang keluar pun hormonal.

    BalasHapus
  10. Dulu pernah jerawatan, tapi pas hamil. Katanya ga bisa pakai asam salisilat karena bisa masuk ke peredaran darah dan janin. Alhasil, cuma bisa melakukan tips sisanya heu

    BalasHapus
Total Tayangan Halaman