Mencintai Diri, Mencintai Bumi: Skincare Vegan-Friendly sebagai Pilihan Hati

Memilih produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit adalah hal penting dalam rutinitas kecantikan sehari-hari. Saat ini, semakin banyak orang yang menyadari pentingnya mendukung merek-merek yang ramah lingkungan dan etis.

Salah satu tren yang sedang berkembang adalah brand skincare vegan-friendly. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan skincare vegan-friendly? Dan mengapa produk-produk ini menjadi begitu populer? Yuk simak ulasan selengkapnya lewat artikel berikut.

Semoga bermanfaat.

Apa itu Skincare Vegan-Friendly?

Brand skincare vegan-friendly adalah merek-merek yang sepenuhnya menghindari penggunaan bahan-bahan hewan atau turunan hewan dalam produk-produk mereka. Mereka menolak pengujian produk pada hewan dan mengutamakan keberlanjutan dalam setiap tahap produksi. Filosofi di balik skincare vegan-friendly adalah menghormati semua bentuk kehidupan dan tidak menyebabkan penderitaan pada hewan.

Mengapa Skincare Vegan-Friendly Menjadi Populer?



Secara umum ada beberapa faktor yang mendasari hal tersebut. Berikut faktornya.

1.      Etika dan Kesejahteraan Hewan

Semakin banyak konsumen yang sadar akan kesejahteraan hewan dan mencari cara untuk mendukung produk yang tidak menyebabkan penderitaan pada makhluk hidup lain. Skincare vegan-friendly menjadi pilihan yang jelas bagi mereka yang ingin merawat kulit mereka tanpa berkontribusi pada eksplorasi atau eksploitasi hewan.

Ramah Lingkungan 

Produksi skincare vegan-friendly cenderung memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah. Dengan menghindari bahan-bahan hewan, brand ini membantu mengurangi jejak karbon dan dampak negatif lainnya pada planet kita.

Bahan Alami dan Organik 

Banyak brand skincare vegan-friendly juga menggunakan bahan-bahan alami dan organik. Ini berarti lebih sedikit bahan kimia berbahaya yang digunakan dalam produk, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko iritasi kulit dan alergi.

Kualitas Produk 

Para produsen skincare vegan-friendly cenderung fokus pada kualitas tinggi dan keamanan produk mereka. Mereka berusaha untuk menyediakan solusi perawatan kulit yang efektif dan aman, tanpa mengorbankan nilai-nilai etika.

Tidak Merugikan Lingkungan 

Produksi produk hewani dapat menyebabkan deforestasi, polusi air, dan limbah organik. Dengan memilih skincare vegan-friendly, konsumen dapat merasa lebih baik karena ikut berkontribusi pada perawatan lingkungan yang lebih baik.

Bahan-Bahan Umum dalam Skincare Vegan-Friendly

Beberapa bahan alami yang sering digunakan dalam skincare vegan-friendly antara lain:

Minyak Tumbuhan: Minyak seperti minyak jojoba, minyak biji anggur, dan minyak kelapa sering digunakan sebagai bahan pelembap yang efektif.

Aloe Vera: Dikenal karena sifat penyembuhannya, aloe vera digunakan dalam produk perawatan kulit karena kemampuannya yang menenangkan dan melembapkan.

Shea Butter: Bahan pelembap yang kaya dan alami, shea butter membantu menjaga kulit tetap lembap dan kenyal.

Ekstrak Tanaman: Banyak brand menggunakan ekstrak tanaman seperti teh hijau, chamomile, dan lavender untuk manfaatnya yang menenangkan dan antioksidan.

Asam Hialuronat: Bahan yang ditemukan secara alami dalam tubuh, asam hialuronat memiliki kemampuan melembapkan kulit secara intensif.

Contoh Merek skincare dan make-up yang Dikenal Vegan

Nah, sekarang sudah banyak brand makeup lokal yang mendukung program vegan ini. Berikut  beberapa contoh merek skincare dan make-up yang telah dikenal sebagai vegan friendly.

1. Mineral Botanica

Brand skincare dan makeup lokal yang satu ini ternyata sudah menggunakan ekstrak tumbuhan sejak pertama kali berdiri. Didirikan tahun 2015 oleh pasangan Widy Susindra dan Anita Loeki, Mineral Botanica juga tidak melewati tahapan uji kepada hewan. Saat ini Mineral Botanica terus melakukan inovasi disetiap produk yang dikeluarkannya. Tak heran jika brand ini mampu bersaing dengan brand lokal yang baru hadir.

2. ESQA

Brand yang satu ini jelas-jelas menuliskan “vegan cosmetics” di dalam website-nya. Diluncurkan pada bulan Juni 2016, Keyza dan Cindy memiliki keinginan untuk menciptakan kosmetik yang glam dengan kemasan bagus yang diformulasikan tanpa bahan yang keras. Salah satu produk yang pertama kali diluncurkannya adalah Esqa Matte Lip Liquid yang dibanderol seharga Rp165.000. Selain vegan, seluruh produk dari ESQA ini sudah mengantongi sertifikat BPOM dan halal, jadi aman dipakai oleh semua orang.

3.Luxcrime

Brand makeup lokal ini memiliki tagline “i, makeup, skin, happy”, yang berarti Luxcrime menyediakan rangkaian produk lengkap mulai dari perawatan kulit hingga kosmetik, dengan harapan pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat menggunakan produk-produk dari Luxcrime. Dengan harga yang terjangkau, Luxcrime menggunakan packaging dan formula yang berkualitas tinggi dan menarik. Luxcrime juga tidak menggunakan hewan untuk pengujian produknya dan menghindari bahan kimia berbahaya.

4. Urban Decay

Urban Decay dikenal karena komitmennya terhadap etika vegan dan keberlanjutan. Merek ini menawarkan banyak produk make-up kultus yang sepenuhnya vegan, termasuk palet eyeshadow, lipstik, dan highlighter.

5. Haple

Label Haple yang berasal dari singkatan happy people menciptakan produk-produk yang dibuat ramah untuk kulit, Vegan friendly, tidak menyakiti hewan dalam produksinya yang ditunjukkan dengan slogan #BeBeautifulWithKindness. Salah satu produknya yang menarik ialah Bakuchiol Serum, yang mengandung bahan aktif alami Bakuchiol yang tengah naik daun serta Salicylic Acid. Also, look at the packaging! Cantik sekali, ya, untuk ditaruh di meja riasmu.

6. Hale

Meskipun terbilang pendatang baru, HALE telah menjadi label skincare yang mencuri perhatian para beauty enthusiast. Brand dengan klaim no alcohol, no fragrance, halal dan cruelty-free ini mengusung konsep skincare yang simpel namun tetap efektif. Produk-produknya diperuntukkan pemilik berbagai jenis kulit yang berbeda, hingga sensitif sekalipun, serta aman untuk ibu hamil dan menyusui. Salah satu yang menjadi produk unggulannya ialah HALE Clay Mask, serta yang terbaru adalah HALE Triobiotics Prebiotic Probiotic Postbiotic Serum yang membantu menyeimbangkan microbiome kulit.

Brand skincare vegan-friendly merupakan solusi yang baik bagi mereka yang ingin merawat kulit mereka dengan etika dan kesadaran lingkungan. Dengan menghindari bahan-bahan hewan dan mengutamakan bahan-bahan alami, brand-brand ini menawarkan produk yang berkualitas tinggi dan bertanggung jawab. 

Dukungan terhadap skincare vegan-friendly tidak hanya merawat kulit dengan baik tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi dunia di sekitar kita. 

Mari bersama-sama menerapkan prinsip-prinsip kecantikan ramah lingkungan dan etis dalam rutinitas perawatan kulit kita!

 

 

 

 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman