Benarkah Make Up Bisa Buat Mata Kering?

cara make up mata

Memakai makeup harusnya menjadi aktivitas yang menyenangkan, tetapi bagi beberapa orang mungkin pernah mengalami rasa tidak nyaman seperti mata terasa kering setelah mengaplikasikan riasan mata.

Selain mengganggu kenyamanan saat beraktivitas, mengabaikan mata yang kering dalam waktu lama berpotensi besar merusak kesehatan mata secara permanen. Lantas apa yang menyebabkan mata terasa kering saat menggunakan makeup? Bagaimana cara mengatasinya?

Simak selengkapnya lewat ulasan berikut.

2 Penyebab Utama Mata Terasa Kering saat Memakai Makeup

1. Kandungan Bahan Kimia dalam Makeup

rekomendasi eye shadow

Beberapa produk makeup mengandung bahan kimia seperti parfum, pewarna, dan zat pengawet tertentu. Jika tidak digunakan secara bijak, tentu saja kandungan ini berpotensi besar mengiritasi mata dan menyebabkannya terasa kering. Mengutip dari safecosmetics.org, kelompok etalomina menjadi bahan kimia dalam make up mata yang wajib kamu hindari.

Ethalomina bisa ditemukan alias terkandung dalam beragam produk makeup, mulai dari eyeliner, maskara, eye shadow, hingga foundation dan parfum. Monoethanolamine (MEA), Diethanolamine (DEA), dan trietanolamin (TEA) adalah contoh utama dari etanolamina ini. Etalomina adalah kelompok kimia yang terdiri dari asam amino (blok pembangun protein) dan alkohol.

Bahkan, ada studi yang menunjukkan bahwa fungsi memori dan perkembangan otak pada anak dapat terganggu secara permanen dari ibu yang terpapar oleh DEA.

Untuk mengetahui apakah produk makeup mata yang kamu gunakan mengandung etanolamina atau tidak, teliti dan cermati kemasannya. Jangan malas dan cari komposisi dengan nama-nama berikut: Triethanolamine, diethanolamine, DEA, TEA, cocamide DEA, cocamide MEA, DEA-cetyl phosphate, DEA oleth-3 phosphate, lauramide DEA, linoleamide MEA, myristamide DEA, oleamide DEA, stearamide MEA, TEA-lauryl sulfate.

2. Penggunaan Eyeliner di Waterline  

Cara Menggunakan Eyeliner di Waterline

Penggunaan eyeliner di waterline atau garis air mata (area dalam sepanjang bagian dalam kelopak mata) dapat menyebabkan mata terasa kering karena beberapa alasan dan bisa jadi hal ini tidak terjadi pada semua orang.

Saat eyeliner diaplikasikan di waterline, area tersebut menjadi lebih rentan terhadap "pembentukan" kotoran dan bakteri. Kotoran dan bakteri ini dapat menyebabkan iritasi pada mata dan mengganggu produksi air mata alami yang berfungsi untuk menjaga mata tetap lembap. Sehingga lebih rentan terasa kering dan gatal.

Selain itu beberapa eyeliner bisa jadi mengandung bahan kimia yang mungkin tidak cocok untuk penggunaan di area waterline. Belum lagi, eyeliner yang digunakan di waterline cenderung lebih mudah untuk transfer ke permukaan bola mata. Kontak langsung antara eyeliner dan mata juga berpotensi besar memicu iritasi dan kekeringan pada mata.

Setiap individu memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda, beberapa orang mungkin lebih rentan terhadap iritasi ketika eyeliner diaplikasikan di waterline matanya, namun yang lain bisa jadi tidak.

Untuk itu, penting untuk menggunakan eyeliner yang yang diformulasikan khusus untuk untuk digunakan di waterline mata. Hindari penggunaan berlebihan terutama jika kamu merasa bahwa mata kamu menjadi kering setelah menggunakannya. Pastikan juga kamu membersihkan eyeliner secara menyeluruh dan mengganti produk secara teratur untuk menghindari momen gak sadar sudah menggunakan produk kadaluwarsa.

Penyebab Lainnya Mata Terasa Kering

cara membersihkan maake up yang benar

Kurang Kelembaban = Lingkungan yang kering atau kurangnya kelembaban udara seperti di dalam ruangan ber-AC seharian juga dapat menyebabkan mata terasa kering.

Penggunaan Lensa Kontak = Penggunaan lensa kontak dapat menyebabkan mata terasa lebih kering, terutama jika lensa kontak tidak sesuai atau digunakan untuk waktu yang lama.

Sembarangan Membersihkan Makeup = Tidak membersihkan makeup dengan benar juga dapat menyebabkan penumpukan sisa make up di sekitar mata. Tentu ini akan mengurangi kelembapan alami kulit di area mata.

Tips Mengatasi Mata Kering karena Make Up

mata kering karena eye shadow

Pilih Produk Bebas Bahan Iritan = Pilih makeup yang bebas dari bahan kimia agresif atau alergen potensial. Produk hypoallergenic dan bebas pewangi dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Hindari Make Up Berlebihan = Gunakan makeup secukupnya. Ingat, apapun yang digunakan secara berlebihn pasti tidak akan baik hasilnya. Begitupun juga dengan pengaplikasian make yang berlebihan di area mata, dapat membuat mata terasa lebih berat dan kering.

Konsultasi dengan Dokter Sebelum Menggunakan Lensa Kontak = Jika menggunakan lensa kontak, pastikan untuk memilih lensa yang sesuai dan sesuai dengan pedoman pemakaian yang direkomendasikan. Ada baiknya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.

Bijak Menggunakan Eyeliner = Hindari mengaplikasikan eyeliner di waterline mata secara terus-menerus. Gunakan eyeliner di bagian luar mata untuk mengurangi kontak langsung dengan mata.

Bersihkan Makeup dengan Tuntas = Pastikan untuk membersihkan makeup secara tuntas dengan lembut setiap hari. Jangan lupa pula untuk menggunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Hindari Melakukan Kongsi Make Up = Jangan pernah kongsi alias berbagi pakai make up, karena riasan mata kamu harus senantiasa menjadi milik kamu dan tidak pernah digunakan untuk orang lain. Apalagi digunakan orang banyak, jikapun harus berbagi pakai, jangan lakukan terlalu serig. Hal ini penting karena make up yang dipakai beramai-ramai, penyebaran bakterinya sangat mengerikan, bahkan meskipun orang yang ingin meminjam adalah teman baik kamu sekalipun.

Peringatan untuk Mata yang Terus-Terusan Kering

periksa mata di dokter mata

Jika mata terus terasa kering meskipun menerapkan langkah-langkah di atas, segera hentikan penggunaan make up pada mata tanpa alasan apapun. Periksa sekali lagi produk make up mata yang kamu gunakan. Mulai dari kandungan produk hingga tanggal kadaluwarsa.

Sesegera mungkin untuk berkonsultasi dengan dokter mata. Mata yang terus menerus kering dapat menjadi tanda ada masalah kesehatan pada mata yang lebih serius.

Diharapkan dengan memilih produk make up mata yang sesuai, kamu bisa tampil cantik namun tetap bisa merawat kesehatan mata.

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman