Ini Lo Urutan Make Up Pemula Yang Benar

 

make up untuk menyamarkan kekurangan di wajah

Selain untuk membuat kamu terlihat makin cantik, segar dan sehat. Fungsi make up bisa saja bervariasi. Ada yang memakai make up untuk menambah rasa percaya diri hingga menggunakannya untuk menyamarkan kekurangan di wajah. Mulai dari menutupi bekas jerawat, menyamarkan lingkaran hitam, kerutan serta mengatasi warna kulit yang tidak merata.

Apapun itu, sah-sah saja bukan?

Selama kamu melakukannya dengan tepat harusnya tak menjadi masalah. Tepat yang dimaksudkan disini adalah mengaplikasikan make up menggunakan produk sesuai jenis kulit dan dengan urutan yang benar pula.

Sebab jika kamu asal baik ketika menggunakan produk maupun urutan mengaplikasikannya, bukan malah terlihat lebih cantik dan segar. Bisa-bisa yang di dapat adalah make up gagal total dan wajah malah jadi pucat.

Nah, nggak mau hal itu terjadi kan?

Yuk disimak begini urutan make up yang benar

1. Bersihkan Wajah

mecellar water untuk cuci muka


Membersihkan wajah akan menghapus kotoran, minyak, dan kulit mati dari wajah yang dapat menyebabkan iritasi dan menghalangi make up menempel dengan baik pada kulit. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan facial wash atau micellar water.

2. Aplikasikan Skincare

skincare bagus buat make up tahan lama


Menggunakan skincare sebelum mengaplikasikan make up akan membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit dari kering dan kusam. Membuat make up tahan lama dan menghindari make up dari mengelupas. Sehingga make up akan tampak lebih baik dan terlindungi dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga : Urutan Skincare Pagi Yang Dianjurkan Biar Kulit Terawat

Kamu bisa menggunakan skincare seperti pelembab, serum atau krim yang cocok dan sesuai dengan jenis kulitmu. Biarkan produk skincare meresap selama beberapa menit sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Aplikasikan Foundation

foundation jadikan make up awet seharian

Penggunaan foundation menjadi langkah selanjutnya yang tak boleh diabaikan karena selain akan menyamarkan bekas jerawat hingga kerutan. Foundation juga akan membuat make up tahan lama. 

Kandungan silicon di dalamnya membuat make up melekat dengan baik. Kamu bisa mengaplikasikan foundation menggunakan kuas atau spons lalu meratakannya dengan menyapukan ke seluruh wajah.

4. Aplikasikan Concealer

concelear untuk menyempurnakan make up

Concealer dapat digunakan untuk menyempurnakan make up. Yuk aplikasikan concealer pada area yang ingin disembunyikan seperti bekas jerawat, lingkaran hitam, atau kerutan. 

Sebaiknya ratakan concelear dengan brush khusus concealer. jangan di campur dengan brush bedak atau blush on untuk membuat hasil yang merata dan natural. Concealer dapat digunakan untuk menyamarkan kerutan atau garis-garis halus di sekitar mata dan bibir.

5. Aplikasikan Bedak

Aplikasikan bedak pada bagian T Wajah


Bedak memiliki tekstur yang kering dan halus, memungkinkan membentuk lapisan tipis di atas kulit yang akan membantu mengunci make up. Sehingga memberikan hasil akhir yang lebih rata dan mulus. Aplikasikan bedak pada bagian T (dahi, dagu, hidung) untuk memberikan efek finishing yang natural.

6. Aplikasikan Blush

wajah terlihat lebih muda dan segar dengan blush on


Menerapkan blush on pada wajah akan membuat wajah terlihat lebih segar dan terkesan lebih muda. Dengan mengaplikasikan blush on pada tempat-tempat tertent seperti dahi, tulang pipi dan dagu. 

Sekaligus akan menciptakan efek kontur pada wajah. Ingat untuk selalu mengaplikasikan blush on dengan gerakan dari dagu ke atas. Usahakan pula agar tak terlalu banyak namun menyebar secara merata.

7. Aplikasikan Eyeshadow

make up lebih hidup dengan eye shadow


Eyeshadow dapat digunakan untuk menambahkan kesan natural maupun dramatis pada mata sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Mengaplikasikan eye shadow pada bagian atas mata akan menambah kesan depth dan mata terasa lebih berdimensi. 

Ada beberapa jenis eyeshadow yang umum digunakan diantaranya loose powder eyeshadow, cream eyeshadow, waterproof eyeshadow hingga stick eyeshadow.

8. Aplikasikan Eyeliner

ada beragam jenis eye liner


Mengaplikasikan eyeliner akan mempertegas bentuk mata kamu sehingga menambahkan kesan mata jadi lebih hidup. Cara memakai eyeliner bervariasi, tergantung jenis yang digunakan (liquid, gel atau pencil). 

Namun langkah umum biasanya adalah dengan mengaplikasikan eyeliner di dalam mata (garis waterline) atau di atas rambut mata (garis atas) dengan menggunakan gerakan yang halus dan konsisten. Untuk mencegah eyeliner menyebar atau tidak rata kamu bisa mengaplikasikan concealer atau eye primer lebih dulu.

9. Aplikasikan Maskara dan Eyebrow

penggunaan maskara dan alis ketika make up


Penggunaan maskara akan mempertegas dan menambah volume pada rambut mata untuk menyempurnakan kesan gaya mata yang diinginkan. Kamu bisa menggunakan aplikator maskara dan mengaplikasikannya sampai beberapa lapis jika menginginkan kesan mata dramatis termasuk pada rambut mata bagian atas dan bawah. 

Sementara eyebrow dapat digunakan untuk mengisi alis yang tipis atau tidak rata, memberikan warna yang sesuai dengan warna rambut. Sehingga menambahkan kesan wajah yang lebih rapi dan teratur serta dapat meningkatkan ekspresi wajah.

10. Aplikasikan Lipstik atau Lip Gloss

lipstik membuat bibir jadi menarik


Mengaplikasikan lipstik akan memberikan kamu kesan cantik dengan bibir yang menarik. Membuat wajah kamu terasa lebih rapi dan teratur. Lipstik akan memberikan warna dan tekstur serta menambah volume pada bibir.

Jika kamu menginginkan hasil natural maka gunakan lipstik dengan warna yang sama dengan warna alami bibir atau warna yang sedikit lebih gelap. Namun jika kamu ingin hasil yang lebih tahan lama. Coba aplikasikan lipstik menggunakan teknik "layer" atau teknik "ombre".

Sementara lip gloss sering digunakan untuk memberikan efek glossy pada bibir yang telah diaplikasikan lipstik, yang dapat memberikan efek bibir yang lebih mencolok dan glamour.

11. Jangan Lupa Semprotkan Setting Spray

setting spray untuk mengunci make up


Setting spray adalah produk yang digunakan untuk mengunci makeup yang telah diaplikasikan dan membuatnya tahan lebih lama. Fungsi utama setting spray adalah untuk menjaga makeup tetap fresh dan tidak menyebar sepanjang hari. 

Setting spray diaplikasikan setelah seluruh riasan wajah selesai diaplikasikan, dengan cara di spray dari jarak yang cukup jauh dari wajah.

Setting spray juga dapat digunakan untuk menyegarkan makeup yang telah lama diaplikasikan dan menambahkan kilau yang halus pada wajah. Beberapa setting spray juga dapat digunakan untuk menambahkan hidrasi pada kulit, membuat kulit terlihat lebih segar dan terhidrasi. 

Tips dan Trik

1. Aplikasikan primer ke seluruh wajah untuk membantu make up tahan lama

2. Aplikasikan make up dengan lembut dan merata. 

3. Kamu bisa mengaplikasikannya dengan tap- tap

3. Jangan menggosok wajah dengan kasar

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman