Urutan Skincare Pagi Yang Dianjurkan Biar Kulit Terawat

 

Urutan Skincare Pagi Wajib

Rutinitas menggunakan skincare yang dilakukan secara teratur ternyata dapat memberikan beragam manfaat positif buat kulit lho. Mulai dari terjaganya kelembapan kulit, mencegah timbulnya jerawat, membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, hingga menghasilkan kulit yang lebih halus,lembut dan cerah hingga hebatnya bisa membantu menghambat penuaan dini.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut maka kamu perlu merawatnya. Ada beberapa langkah yang dapat diterapkan. Menggunakan produk yang tepat dengan langkah (urutan) yang tepat pula.

Mengapa menggunakan skincare dengan langkah (urutan) yang tepat itu penting?

Pertama karena zat aktif dalam skincare saling bereaksi satu sama lain. Ketika diaplikasikan dengan urutan dengan tepat dapat membuat kulit siap menerima produk. Kinerja tiap produk pun akan jadi lebih optimal. Kunci lainnya adalah menggunakan produk dengan tekstur dari yang paling ringan ke yang paling berat.

Berikut Ini Langkah (Urutan) Skincare Untuk Pengaplikasian di Pagi Hari

1. Mulai Bersihkan Wajah dengan Sabun Wajah

segarkan wajah dengan cuci muka

Banyak yang beranggapan jika membersihkan wajah di pagi hari cukup dengan menggunakan air saja. Padahal tidak demikian, kamu perlu membersihkan wajah dengan sabun wajah. Guna membersihkan kotoran yang mungkin menempel di kulit serta menyegarkan wajah sebelum beraktivitas.  

Sebaiknya bersihkan wajah dengan sabun lembut dan air bersih yang mengalir. Keringkan wajah dengan handuk yang lembut dan bersih. Tidak perlu menggosok dengan keras namun usap handuk ke wajah dengan lembut.

2. Gunakan Toner untuk Mengembalikan PH Kulit

toner untuk kembalikan PH kulit

Toner dapat membantu mengembalikan pH kulit ke tingkat yang sehat dengan membantu mengimbangi pH kulit setelah mencuci muka. Toner juga dapat membantu menyegarkan kulit dan menghapus sisa-sisa produk perawatan wajah atau debu yang mungkin masih tersisa setelah mencuci muka.

Baca Juga : Rekomendasi Toner Local Bagus 50 Ribuan

Untuk menggunakan toner, aplikasikan toner ke wajah kamu dengan menggunakan kapas atau cotton pad. Usapkan toner secara merata ke seluruh wajah, terutama di daerah T-zone (dahi, hidung, dan dagu). Setelah itu, biarkan toner menyerap ke dalam kulit selama beberapa menit sebelum menerapkan produk perawatan wajah lainnya.

3. Aplikasikan Serum

atasi masalah kulit dengan serum

Serum adalah produk perawatan kulit yang biasanya diformulasikan dengan konsentrasi tinggi bahan aktif. Sehingga dapat membantu mengatasi masalah kulit yang spesifik. Inilah mengapa memakai serum secara teratur dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, mengurangi kerutan, mengurangi pigmen hingga memperbaiki tekstur kulit.

Aplikasikan serum ke wajah dan leher secara merata. Biarkan serum menyerap ke dalam kulit selama beberapa menit sebelum menerapkan produk perawatan lainnya, seperti hidrasi atau pelembab.

Jika kamu ingin menghilangkan tanda-tanda penuaan maka dianjurkan untuk menggunakan serum dengan kandungan seperti Vitamin C dan Retinol.

Jika kamu ingin mencerahkan kulit sebaiknya gunakan serum yang mengandung bahan seperti Niacinamide dan Kojik Acid.

Jika kamu ingin mengurangi peradangan pada kulit coba gunakan serum yang mengandung bahan seperti Vitamin E dan Alpha-Lipoic Acid.

Jika kamu ingin menghidrasi kulit yang kering dan menjaga kelembabannya maka ada baiknya menggunakan serum yang mengandung bahan seperti Hyaluronic Acid dan Glycerin.

Jika kamu ingin menenangkan kulit yang iritasi atau memerah coba gunakan serum yang mengandung bahan seperti Aloe Vera dan Chamomile.

4. Oleskan Eye Cream di Sekitar Area Mata

Oleskan Eye Cream di Sekitar Area Mata

Jangan pula lupa untuk mengaplikasikan eye cream, karena manfaatnya tak tanggung-tanggung yakni dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan bengkak di sekitar mata. Eye cream memang diformulasikan khusus untuk merawat kulit di sekitar mata. Mulai dari membantu mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata hingga membantu mengurangi kerutan dan garis halus yang terjadi di sekitar mata.

Ingat untuk memilih eye cream yang sesuai dengan jenis kulit apalagi jika kamu memiliki kulit yang sensitive. Pastikan eye cream yang tidak mengandung bahan kimia agresif atau alkohol. Selalu baca label produk sebelum membeli dan menggunakan agar manfaat terbaiknya bisa di dapatkan.

5.  Gunakan Pelembap 

merawat kulit wajah dengan pakai pelembab

Pelembab merupakan langkah selanjutnya yang perlu kamu terapkan untuk memastikan kulitmu tetap lembap. Ini sangat penting untuk mencegah kulit kering dan menjaga elastisitasnya. Sekalipun kamu sudah menggunakan serum yang mengandung bahan-bahan aktif untuk menghidrasi kulit.

Apalagi jika kamu akan menggunakan riasan (make-up) sebelum beraktifitas. Menggunakan pelembab sebelum mengaplikasikan makeup akan membantu membuat wajah kamu terlihat glowing. Make up pada wajah juga akan bertahan lebih lama.

6. Aplikasikan Sunscreen Sebelum Beraktivitas

aplikasikan sunscreen ke wajah

Langkah terakhir dalam rutinitas merawat wajah di pagi hari adalah penggunaan sunscreen. Sangat disarankan untuk mengaplikasikan sunscreen secara merata ke wajah sebelum kamu beraktivitas terutama di luar ruangan.

Matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak kulit kamu. Bahkan menyebabkan kerusakan DNA dan meningkatkan risiko kanker kulit. Sunscreen dapat membantu kamu melindungi kulit dari sinar UV yang merusak dengan mencerminkan sinar tersebut sebelum sampai ke kulit.

Aplikasikan sunscreen secara merata ke seluruh wajah dan leher. Terutama di daerah yang terpapar sinar matahari secara langsung seperti dahi, hidung, dagu, dan telinga. Pastikan pula kamu menggunakan sunscreen dengan SPF yang sesuai dengan kebutuhanmu

Baca Juga : Cara Menerapkan Penggunaan Sunscreen dengan Benar

Ingat bahwa rutinitas skincare yang tepat bervariasi tergantung pada jenis kulit dan masalah kulit yang mungkin sedang kami alami. Jangan memaksakan diri dan tergiur produk skincare tertentu hanya karena ingin mengikuti trend atau tertipu harga murah. Kulit tiap orang berbeda begitupun dengan produk yang digunakan untuk merawatnya.


Disclaimer

-----------------------------------

Sebagai tambahan, pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit dan baca instruksi penggunaan produk kecantikan dengan seksama. Jika kamu tidak yakin tentang apa yang cocok, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan yang terlatih.

 

 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman