Urutan Memakai Skincare di Malam Hari yang Dianjurkan

 

Rutinitas menggunakan skincare yang dilakukan secara teratur terbukti dapat memberikan beragam manfaat positif bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Mulai dari terjaganya kelembapan kulit, mencegah timbulnya jerawat, membantu menghilangkan sel kulit mati hingga menghasilkan kulit yang lebih halus dan lembut.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut maka kamu perlu merawatnya. Jika kamu penasaran dari mana harus mulai melakukannya, atau sebalikanya. Bingung harus menggunakan serum dulu atau krim malam dulu.

Yuk disimak!

Berikut Urutan Skincare Yang Benar Untuk Malam Hari.

1. Awali Dengan Double Cleansing

double cleansing di malam hari usai beraktivitas

Double cleansing adalah teknik membersihkan wajah yang melibatkan penggunaan dua jenis pembersih wajah yang berbeda, biasanya yang pertama adalah pembersih berbasis minyak dan yang kedua adalah pembersih berbasis air. Tujuan dari teknik ini adalah untuk menghapus segala kotoran, minyak, dan makeup dari wajah dengan lebih efektif.

Baca Juga : Rekomendasi Cleansing Balm Yang Ampuh Angkat Kotoran dan Noda Riasan

Pembersih berbasis minyak bertindak sebagai magnet yang menarik kotoran dan minyak yang terperangkap di dalam pori-pori, sementara pembersih berbasis air membersihkan sisa-sisa kotoran yang tersisa. Teknik ini sangat dianjurkan untuk digunakan pada malam hari untuk membersihkan wajah setelah seharian terpapar polusi dan debu.

2. Lakukan Eksfoliasi Secukupnya

eksfoliasi untuk mengikis kulit mati

Eksfoliasi kulit adalah proses menghilangkan sel-sel kulit mati yang terkumpul di atas permukaan kulit. Proses ini bertujuan untuk memperbaiki tekstur kulit, mengurangi munculnya jerawat dan komedo. Termasuk membantu meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit selanjutnya. Namun perlu di ingat jika eksfoliasi tidak perlu dilakukan setiap hari. Melainkan cukup seminggu sekali saja atau sesuai kebutuhan kulit kamu.

Ada dua jenis eksfoliasi kulit yaitu eksfoliasi fisik dan eksfoliasi kimia.

Eksfoliasi fisik melibatkan penggunaan produk yang mengandung partikel kasar seperti scrub atau sponge yang digunakan untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Eksfoliasi ini biasanya dilakukan dengan cara mengurut atau menggosok wajah dengan lembut menggunakan produk tersebut.

Eksfoliasi kimia melibatkan penggunaan produk yang mengandung bahan-bahan kimia yang bertindak sebagai pelarut yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Produk yang sering digunakan untuk eksfoliasi kimia adalah alpha hydroxy acids (AHA) dan beta hydroxy acids (BHA). BHA lebih efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di area yang berminyak, sedangkan AHA lebih baik untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di area yang kering.

3. Aplikasikan Hydrating Toner

selesai eksfoliasi wajib pakai toner

Tak berbeda jauh dengan penggunaan di siang hari, toner untuk malam juga berfungsi untuk membuat kulit terasa lebih segar. Serta mempersiapkan wajah untuk rangkaian produk selanjutnya.

Hydrating toner juga akan membantu menyeimbangkan pH kulit apalagi jika kamu baru selesai melakukan eksfoliasi. Pengaplikasian hydrating toner penting karena pH yang tidak seimbang dapat menyebabkan iritasi atau masalah kulit lainnya. Hydrating toner dapat membantu memberikan sensasi segar pada wajah serta menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi.

4. Nutrisi Kulit Dengan Serum atau Essence

serum akan menjaga kulit tetap lembut

Tak jauh berbeda dengan rutinitas skincare di pagi hari, serum dan essence dapat membantu menutrisi kulit Anda dari dalam. Beberapa serum yang bermanfaat untuk diaplikasikan di malam hari antara lain:

Serum anti-aging: Serum yang mengandung bahan-bahan seperti retinol atau vitamin C dapat membantu mengurangi munculnya garis halus dan kerutan.

Serum koreksi warna kulit: Serum yang mengandung bahan-bahan seperti niacinamide atau kojic acid dapat membantu mengurangi munculnya noda hitam atau memperbaiki warna kulit yang tidak merata.

5. Jangan Lupa Oleskan Krim Mata

krim mata bantu lindungi wajah dari penuaan

Mengingat kulit di area mata termasuk salah satu yang paling cepat mengalami penuaan, penggunaan eye krim begitu penting dan menjadi step yang tak boleh dilewatkan.

Selain karena jauh lebih tipis dibandingkan area wajah lainnya. Kelenjar minyak di area mata juga tidak sebanyak area lain. Itulah mengapa area kulit mata adalah yang paling cepat menunjukkan keriput, puffiness, dan mata panda.

Eye cream diformulasikan khusus untuk kulit yang lebih tipis tanpa menimbulkan rasa perih di mata. Saat malam hari ketika kamu tidur, mata kamu pun akan punya lebih banyak waktu untuk beristirahat. Disinilah terjadi regenerasi sel kulit dan mengoleskan krim mata akan memaksimalkan proses regenerasi tersebut.

6. Ditutup Dengan Krim malam (Night Moisturizer)

krim malam bantu perbaiki tekstur kulit saat tidur

Jika penggunaaan krim siang (day moisturizer) dirancang untuk melindungi kulit ketika beraktifitas. Maka penggunaan krim malam (night moisturizer) akan membantu menjaga kelembapan kulit selama kamu tidur. Sehingga kulit bisa terlihat lebih lembut dan sehat di keesokan pagi harinya.

Selain itu beberapa jenis krim malam juga mengandung bahan-bahan yang dapat membantu menstimulasi produksi kolagen, sehingga dapat memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi keriput. Kulit kamu pun akan terbantu agar terlihat lebih halus dan lebih muda.

7. Gunakan Sleep Mask Jika Diperlukan

sleep mask akan menenangkan kulit di malam hari

Sebenarnya krim malam (night moisturizer) adalah langkah terakhir yang perlu kamu lakukan dalam urutan rutinitas memakai skincare di malam hari. Namun untuk beberapa kondisi kulit yang kurang oke, kamu juga bisa memaksimalkan perawatannya dengan menggunakan sleep mask.

Sleep mask adalah masker wajah yang diaplikasikan sebelum tidur dan dibiarkan semalaman untuk kemudian dibilas dengan air hangat di keesokan paginya. Selama kamu tidur sleep mask akan membantu menjaga kelembaban kulit kamu, merevitalisasi kulit, menenangkan kulit yang tengah meradang hingga meningkatkan proses regenerasi kulit.

8. Rawat Bibir dengan Lip Balm

lip balm untuk cegah bibir pecah pecah

Fungsi utama lip balm adalah untuk melembabkan dan menjaga kelembapan bibir. Lip balm dapat membantu mengurangi rasa gatal dan perih pada bibir yang kering. 

Baca Juga : Rekomendasi Lip Balm Bantu Atasi Bibir Kering

Bahkan beberapa lip balm juga dapat memberikan efek maupun rasa enak yang memberikan sensasi segar pada bibir. Jadi udah nggak ada alasan lagi untuk malas memakai lip balm secara rutin.

Yuk Rawat Kulit Secara Rutin! Biar Kita Cantik Bareng!


Disclaimer

-----------------------------------

Sebagai tambahan, pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit dan baca instruksi penggunaan produk kecantikan dengan seksama. Jika kamu tidak yakin tentang apa yang cocok, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan yang terlatih.

 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman