Healthy Lips, Happy Life : 6 Tips Merawat Bibir Agar Tetap Sehat

cara yang bisa dilakukan untuk membuat bibir lembab


Bibir yang sehat dan terlihat lembap tentunya di idamkan oleh semua orang, khususnya wanita. Sebenarnya bibir memiliki berbagai peran yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Bibir membantu menghasilkan suara dan membentuk kata-kata, sehingga memungkinkan manusia untuk berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, bibir juga akan membantu melindungi mulut dari debu, kotoran dan benda-benda asing lainnya yang dapat masuk ke dalam mulut.

Untuk itu, penting untuk menjaga agar bibir tetap sehat bukan hanya sekedar membuat bibir terlihat indah saja. 

Berikut 6 Cara Yang Bisa Dilakukan Agar Bibir Senantiasa Sehat.

1. Minum Air Yang Cukup

Kurangnya asupan cairan dapat membuat bibir menjadi kering

Salah satu cara terbaik untuk menjaga bibir tetap sehat adalah dengan minum air yang cukup setiap hari. Kehilangan kelembapan pada bibir seringkali terjadi akibat kekurangan cairan di dalam tubuh. Kurangnya asupan cairan dapat membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. 

Pastikan untuk minum minimal 8-10 gelas air putih setiap hari. Sebenarnya kamu bisa memilih cairan apapun untuk menghidrasi tubuh, tetapi air putih tetap menjadi pilihan yang paling sering dianjurkan pakar kesehatan.

2. Gunakan Lip Balm

ggunakan lip balm yang mengandung SPF biar bibir sehat

Penggunaan lip balm dapat membantu menjaga kelembapan bibir. Pilihlah lip balm yang mengandung bahan-bahan alami seperti shea butter, almond oil, atau coconut oil. Akan lebih baik juga jika kamu menggunakan lip balm yang mengandung SPF.

Baca Juga : Rekomendasi Lip Balm Bantu Atasi Bibir Kering

Ini karena lip balm dengan kandungan SPF dapat membantu melindungi bibir dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit bibir kering sehingga cenderung terlihat rusak. Gunakanlah lip balm dengan SPF khususnya ketika kamu berada di luar ruangan atau menjalani aktivitas outdoor.

3. Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir

Jilatan dapat mengeringkan bibir

Jilatan bibir dapat mengeringkan bibir dan membuatnya lebih mudah pecah-pecah. Ini karena ketika air liur menguap dari bibir, bibir akan menjadi lebih kering daripada sebelumnya dan rentan terhadap kerusakan. Selain itu, air liur mengandung enzim-enzim pencernaan dan bakteri pada lidah.

Sehingga saat air liur terkena bibir, enzim dan bakteri tersebut dapat merusak lapisan pelindung alami pada bibir. Inilah yang akan membuat bibir malah menjadi lebih kering dan rentan terhadap pecah-pecah. Alih-alih menjilat bibir, sebaiknya gunakan lip balm jika kamu merasa bibir mulai mongering.

4. Konsumsi Makanan Sehat

makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, dapat membantu menjaga kesehatan bibir

Makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu menjaga kesehatan bibir. Terutama makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, dapat membantu menjaga kesehatan bibir dan kulit secara keseluruhan.

Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, vitamin E, dan omega-3 setiap hari sesuai kebutuhhan nutrisi tubuhmu, jangan kurang dan jangan pula berlebihan. Kamu bisa memperolehnya dari Alpukat, Brokoli, Almond dan makanan lainnya.

5. Gunakan Scrub Bibir 

Namun, penggunaan scrub bibir sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering

Scrub bibir adalah produk perawatan yang dirancang untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir dan memperbaiki tekstur bibir yang kasar atau pecah-pecah. Dengan mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir, dapat meningkatkan sirkulasi darah pada bibir. Hal ini akan membantu membuat bibir terlihat lebih merah alami dan lebih sehat.

Baca Juga : Rekomendasi Scrub Bibir Wajib Coba

Namun, penggunaan scrub bibir sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, karena bisa menyebabkan iritasi pada bibir dan membuat bibir menjadi lebih kering. Disarankan untuk menggunakan scrub bibir hanya 1-2 kali dalam seminggu, tergantung pada kondisi bibir masing-masing.

6. Hindari Kebiasaan Merokok

merokok juga dapat merusak kolagen membuta bibir rentan kering

Kebiasaan merokok memang tak hentinya menimbulkan beragam masalah untuk kesehatan. Bukan hanya untuk kesehatan paru-paru tapi juga untuk bibir. Merokok dapat menyebabkan bibir terlihat hitam atau menjadi lebih gelap dan kering.

Ketika merokok, terjadi penyempitan pembuluh darah, termasuk pada bibir. Hal ini dapat mengurangi aliran darah ke bibir, sehingga bibir tidak mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatannya.

Selain itu, merokok juga dapat merusak kolagen, yaitu protein yang berfungsi untuk menjaga kekenyalan dan kelembutan kulit. Jika produksi kolagen menurun, bibir dapat menjadi lebih kering dan rentan terhadap kerusakan.

Jadi, demi mewujudkan bibir yang lembab dan terlihat indah, jangan lakukan kebiasaan yang dapat merusaknya seperti merokok atau terlalu sering menjilati bibir. Sebaiknya gunakan lip balm secara rutin dan berkala. Pastikan juga untuk minum minimal 8-10 gelas air putih setiap hari untuk mencukupi kebutuhan air tubuh.

Jangan pernah sekalipun menggunakan kosmetik yang mengandung bahan kimia keras. Perhatikan lebel kemasan dan sesuaikan dengan kebutuhan. Sebaiknya selalu gunakan kosmetik bibir yang mengandung bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia keras.

 

 


Posting Komentar

Total Tayangan Halaman