Menjelajahi Manfaat Stroberi untuk Kecantikan

banyak manfaat stroberi untuk kecantikan

Apakah kamu termasuk penggemar stroberi? Buah merah menyala ini tidak hanya memiliki rasa asam manis menyegarkan, tetapi juga memiliki daya tarik yang luar biasa. Stroberi begitu mempesona dengan penampilannya yang cantik. 

Itulah mengapa buah ini sering digunakan sebagai hiasan makanan, seperti pada kue dan hidangan penutup. Sehingga memberikan sentuhan indah dan kesan menarik. Keistimewaan stroberi lainnya terletak pada kandungan nutrisi buah indah ini.  


stroberi kaya akan antiosidan

Tahukah kamu? Stroberi termasuk dalam kategori buah dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi!

Mengutip dari Jovee, dalam 100 gram strawberry terkandung

32 kalori

90,95 gram air

7,68 gram karbohidrat

0,67 gram protein

0,3 gram lemak total

4,9 gram gula total

2 gram serat

Disamping nutrisi makro, strawberry juga mengandung vitamin dan mineral seperti Mangan, Folat (vitamin B9), Kalium, Vitamin C, Antioksidan (pelargonidin, ellagic acid, ellagitannins, dan procyanidins), vitamin B6, vitamin K, dan vitamin E, magnesium, fosfor, juga tembaga.

Kandungan nutrisi dan vitamin ini membuat stroberi tak hanya lezat, tetapi juga bermanfaat bagi kecantikan. Itulah mengapa banyak produk skincare maupun kosmetik menggunakan ekstrak stroberi untuk memaksimalkan manfaat dari produknya.


5 Manfaat Stroberi untuk Merawat Kecantikan

1. Melembabkan Kulit

Stroberi memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu memberikan hidrasi dari dalam pada kulit ketika dikonsumsi secara rutin dalam jumlah yang tepat. Namun, untuk memberikan manfaat melembapkan pada kulit dengan keadaan tertentu (sangat kering) tetap diperlukan perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk tujuan tersebut.

2. Membantu Mencegah Penuaan Dini

Stroberi juga mengandung antioksidan yang tinggi seperti flavonoid dan anthocyanin. Kedua antioksidan ini akan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Mengonsumsi stroberi maupun mengaplikasikannya secara topikal dapat membantu menjaga kulit dari kerutan sehingga terhindari dari penuaan dini.

3. Perlindungan Tambahan dari Sinar Matahari

Stroberi mengandung asam elagik yang akan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari langsung. Meskipun tidak bisa menggantikan penggunaan tabir surya, mengonsumsi stroberi atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak stroberi dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap paparan sinar UV.

4. Mengurangi Kemerahan di Wajah

Kandungan asam ellagic dalam stroberi juga memiliki sifat antiinflamasi, yang bisa membantu mengurangi kemerahan pada kulit akibat paparan sinar matahari langsung. Kamu dapat menggunakan masker stroberi secara teratur untuk membantu menenangkan kulit yang meradang akibat kemerahan tersebut.

5. Meredakan Jerawat

Stroberi mengandung asam salisilat alami, yang memiliki sifat antiinflamasi dan bisa membantu membersihkan pori-pori wajah. Mengoleskan masker stroberi pada kulit dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan jerawat. Selain itu, vitamin C dalam stroberi juga membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat sehingga potensi bekasnya berkurang semakin besar.

Cara Menggunakan Stroberi untuk Merawat Kecantikan Kulit

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk memanfaatkan stroberi dalam perawatan kecantikan kulit:

kulit wajah kusam bisa cerah dengan masker stroberi

Masker Stroberi: Haluskan beberapa stroberi matang dengan garpu atau blender. Tambahkan satu sendok makan madu alami ke dalamnya. Aplikasikan campuran ini secara merata ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Masker stroberi ini akan membantu menyegarkan dan menghidrasi kulit wajah kamu.

Scrub Stroberi: Hancurkan stroberi dengan garpu dan tambahkan sedikit gula halus. Gunakan campuran ini sebagai scrub wajah. Oleskan dengan melakukan gerakan melingkar yang lembut untuk memberikan efek pijat di wajah. Scrub stroberi ini akan membantu kamu mengangkat sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit

Toner Stroberi: Blender stroberi matang dengan sedikit air hingga menjadi jus stroberi. Saring jus tersebut dan simpan dalam wadah kaca yang telah dibersihkan. Gunakan kapas untuk mengoleskan toner stroberi ke wajah. Namun pastikan kamu sudah membersihkan wajah terlebih dahulu ya. Toner stroberi ini akan membantu kamu menyeimbangkan pH kulit dan mengencangkan pori-pori.

Baca Juga : Rekomendasi Toner dengan Kandungan Stroberi Wajib Dicoba

Perlu diingat, meski stroberi dengan kandungan nutrisinya diyakini bagus untuk merawat kecantikan kulit, efeknya tidak akan terlihat secara instan. Butuh waktu serta konsistensi dalam penggunaannya. Pahami pula bahwa stroberi juga tidak dapat menggantikan perawatan kulit yang baik dan sehat secara keseluruhan.

Pastikan untuk menggunakan stroberi segar dan membersihkannya dengan baik sebelum digunakan. Selalu lakukan tes kecil terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kamu tidak memiliki reaksi alergi terhadap stroberi. Jika iritasi atau reaksi negatif lainnya muncul, hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter kulit professional untuk saran dan Tindakan pencegahan yang akurat.



Posting Komentar

Total Tayangan Halaman