Manfaat Semangka untuk Kecantikan: Segarkan Kulit dengan Buah Merah Muda Mempesona

 

semangka bagus untuk kecantikan kulit

Semangka (Citrullus Lanatus), buah segar yang populer terutama saat musim panas, tidak hanya memberikan rasa manis yang menyegarkan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Semangka termasuk buah yang kaya akan air dan nutrisi penting lainnya, sehingga wajar dapat membantu menjaga kelembapan kulit kamu agar tetap terhidrasi dengan baik.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Semangka

Kandungan gizi semangka jumlah per 100 gram. Bersumber dari USDA.  

  • Kalori (kcal) 30
  • Jumlah Lemak 0,2 g 
  • Natrium 1 mg 
  • Kalium 112 mg          
  • Jumlah Karbohidrat 8 g         
  • Serat pangan 0,4 g     
  • Gula 6 g         
  • Protein 0,6 g   
  • Vitamin C 8,1 mg       
  • Kalsium 7 mg
  • Zat besi 0,2 mg          
  • Magnesium 10 mg 

Mari kita jelajahi apa saja manfaat semangka yang luar biasa ini.

Manfaat Semangka untuk Kecantikan

wajah cantik dengan rutin konsumsi semangka


Meningkatkan Hidrasi Kulit : Semangka dapat membantu menghidrasi kulit karena kandungannya terdiri dari air hingga 92%. Konsumsi semangka atau mengaplikasikan semangka pada kulit dapat membantu memberikan kelembapan dan hidrasi yang baik. 

Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung terlihat lebih sehat, kenyal, dan bercahaya. Namun, penting untuk diingat bahwa manfaat semangka dalam menghidrasi kulit akan lebih baik jika dikombinasikan dengan perawatan kulit yang menyeluruh dan kebiasaan hidrasi yang memadai.

Mengandung Antioksidan : Semangka mengandung antioksidan penting seperti Vitamin C dan Likopen. Antioksidan ini akan melawan radikal bebas yang merusak kulit dan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini. Dengan mengonsumsi semangka secara teratur maka kamu dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menyegarkan Kulit : Semangka memiliki efek yang menyegarkan pada kulit dan kamu dapat mendapatkannya dengan mengaplikasikan irisan semangka langsung ke wajah. Ketika irisan semangka menempel, akan terdapat sensasi dingin dan menenangkan. Ini juga akan membantu meredakan kemerahan akibat paparan matahari. Cocok untuk kamu yang ingin menyegarkan wajah usai beraktivitas di luar ruangan.

Mengurangi Pembengkakan dan Mata Panda : Mengaplikasikan irisan semangka di area bawah mata dapat meredakan pembengkakan di area mata. Ini karena semangka memiliki sifat anti-inflamasi alami. Menempatkan irisan semangka di atas kelopak mata selama beberapa menit, kamu dapat menyegarkan area tersebut. Membuat mata terlihat lebih segar sehingga tampilan mata yang lelah dapat diminimalisir.

Baca Juga : Tips Menghilangkan Kantung Mata yang Terbukti Ampuh dan Praktis

Membantu Mencerahkan Kulit Kusam : Semangka juga dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam karena kandungan vitamin C dalam semangka akan membantu merangsang produksi kolagen, yang penting untuk menjaga elastisitas dan kecerahan kulit. Dengan mengonsumsi semangka secara teratur, atau menggunakan skincare dengan kandungan semangka, maka kamu dapat membantu mengurangi tampilan noda dan hiperpigmentasi.

Membantu Mencegah Penuaan Dini : Semangka mengandung likopen, sebuah pigmen alami yang memberikan warna merah pada buah tersebut. Likopen merupakan antioksidan yang kuat dan dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dapat mempercepat proses penuaan, termasuk munculnya garis-garis halus, kerutan, dan penurunan elastisitas kulit.

semangka bagus untuk kecantikan kulit

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya likopen, seperti semangka, kamu dapat memberikan perlindungan tambahan bagi kulitmu. Likopen akan membantu mengurangi kerusakan oksidatif pada kulit dan mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat paparan sinar matahari, polusi, dan faktor-faktor lingkungan lainnya yang bisa mempercepat penuaan.

Untuk mendapatkan manfaat optimal, pastikan kamu mengonsumsi semangka segar secara tepat dan teratur atau menggunakannya sebagai masker wajah alami secara teratur pula.

Alternatif lainnya adalah, kamu juga bisa menambahkan penggunaan produk perawatan kulit (skincare) dengan kandungan (berbahan utama) semangka di dalamnya dalam rutinitas perawatan kecantikanmu.

Jadi, selamat menikmati semangka segar dan nikmati pula kemanjurannya dalam merawat kecantikanmu.

Namun, seperti halnya dengan bahan alami lainnya, hasil yang kamu dapatkan mungkin bervariasi. Selalu perhatikan reaksi kulit yang muncul dan konsultasikan dengan dokter kulit profesional jika kamu memiliki masalah kulit atau sensitivitas tertentu.

 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman