Tips Menghilangkan Kantung Mata yang Terbukti Ampuh dan Praktis

 

kantung mata tidak berbahaya tapi mengganggu penampilan

Kantung mata memang tidak berbahaya tapi bagi sebagian kalangan akan sangat mengganggu penampilan. Kantung mata dapat mengganggu penampilan karena area di bawah mata yang biasanya tampak gelap, kendur, dan membengkak dapat memberikan kesan wajah yang lelah, tidak segar, dan kurang sehat.

Hal ini bisa membuat seseorang terlihat lebih tua dari usianya, bahkan ketika sebenarnya orang tersebut merasa segar dan bugar. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari berbagai cara untuk mengatasi kantung mata, baik dengan pengobatan medis atau perawatan kecantikan, untuk mendapatkan tampilan yang lebih segar dan awet muda.

Tips Mengatasi Kantung Mata

1. Pastikan Tidur Cukup Sekitar 7-8 Jam Setiap Malam

kurang tidur bisa timbulkan kantung mata

Saat seseorang kurang tidur, tubuh menghasilkan hormon stres kortisol yang dapat memicu peradangan dan memperlebar pembuluh darah di bawah mata. Pembuluh darah yang melebar ini dapat menyebabkan cairan atau darah tertahan di sekitar mata, dan akhirnya menimbulkan kantung mata.

Selain itu, kurang tidur juga dapat membuat sirkulasi darah di sekitar mata menjadi terganggu, sehingga oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh sel-sel kulit di bawah mata menjadi kurang tercukupi. Hal ini dapat memicu produksi pigmen melanin yang dapat membuat kulit di bawah mata menjadi lebih gelap dan tampak seperti lingkaran hitam atau mata panda.

Untuk itu pastikan agar Kamu mempunyai jam istirahat yang cukup sebab kurang tidur dapat menyebabkan kantung mata menjadi lebih jelas terlihat. Secara umum, para ahli merekomendasikan bahwa orang dewasa tidur antara 7-9 jam setiap malam untuk menjaga kesehatan mata dan kulit di sekitar mata.

2. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Sinar UV Bisa Sebabkan Kantung Mata

Paparan sinar matahari sendiri tidak menyebabkan kantung mata secara langsung, tetapi bisa memperburuk kondisi kantung mata yang sudah ada. Paparan sinar matahari dapat mempercepat penuaan kulit dan menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin kulit di bawah mata, yang dapat memperburuk keadaan kantung mata.

Selain itu, paparan sinar matahari juga dapat memicu produksi melanin yang berlebihan pada kulit di sekitar mata, yang dapat membuat kulit di bawah mata tampak semakin gelap menyerupai mata panda. Hal ini dapat memperburuk penampilan kantung mata dan membuat wajah terlihat lebih lelah dan kurang segar. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi kulit di sekitar mata dari paparan sinar matahari dengan mengenakan kacamata hitam, topi, atau payung saat berada di luar ruangan.

Selain itu, gunakanlah tabir surya atau krim mata yang mengandung perlindungan UV untuk melindungi kulit di sekitar mata dari kerusakan sinar UV yang berbahaya.

3. Kompres Air Dingin

Mengompres mata dengan air dingin

Mengompres area di bawah mata dengan air dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kantung mata. Kulit di sekitar mata adalah area yang sangat tipis dan sensitif. Kondisi tertentu seperti kurang tidur, stres, dan dehidrasi dapat membuat kulit di sekitar mata tampak bengkak dan berwarna gelap. Hal ini terjadi karena cairan dan darah yang terperangkap di bawah kulit.

Mengompres area tersebut dengan air dingin dapat membantu mengurangi bengkak dan mengurangi tampilan kantung mata. Ini terjadi karena suhu dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan pada area tersebut. 

Caranya, rendam handuk kecil dalam air dingin dan kemudian peras sampai kelebihan air keluar. Tempelkan handuk tersebut pada area mata selama 10-15 menit. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan kompres dengan air dingin hanya memberikan efek sementara dan tidak mengatasi penyebab munculnya kantung mata.

4. Gunakan Eye Cream

Untuk memaksimalkan hasilnya, sebaiknya pilih krim mata yang mengandung bahan aktif seperti retinol, vitamin C, dan peptida.

Produk perawatan kulit khusus mata dapat menjadi langkah alternatif yang cukup ampuh untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit. Ada berbagai produk perawatan kulit yang dapat membantu mengurangi kemunculan kantung mata. Untuk memaksimalkan hasilnya, sebaiknya pilih krim mata yang mengandung bahan aktif seperti retinol, vitamin C, dan peptida.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Eye Cream Basmi Mata Panda

Kamu juga bisa memaksimalkannya dengan memijat lembut area di sekitar mata saat memakai eye cream. Pijatan lembut dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut, sehingga membantu menyebarkan nutrisi dari eye cream ke kulit di sekitar mata dengan lebih baik. Selain itu, pijatan lembut juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kantung mata.

Namun, perlu diingat bahwa area di sekitar mata adalah area yang sangat sensitif dan tipis. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pijatan dengan lembut dan hindari menekan terlalu kuat. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk memijat area di sekitar mata dengan gerakan melingkar yang lembut. Hindari area mata langsung dan pijat hanya pada area kulit yang aman.

5. Menggunakan Teknologi Medis

Jika kantung mata sangat parah dan sulit diatasi maka gunakan teknologi medis dengan bantuan dokter

Jika kantung mata sangat parah dan sulit diatasi dengan cara-cara di atas, maka teknologi medis seperti pengangkatan lemak atau operasi dapat menjadi pilihan terakhir. Namun, ini harus dilakukan di bawah pengawasan dokter ahli.

Baca Juga : Apa Saja Teknologi Medis Untuk Atasi Kantung Mata? Berikut Rekomendasinya

Jika kantung mata terus muncul meskipun telah dilakukan berbagai cara di atas, bisa jadi ini merupakan tanda dari masalah kesehatan yang lebih serius. Jadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika kantung mata Anda tidak kunjung membaik meskipun sudah mencoba berbagai cara mengatasi yang disebutkan di atas.

 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman