Sunscreen Bisa Sembuhkan Skin Barrier? Mitos dan Fakta yang Perlu Diketahui

menjaga kesehatan skin barrier

Sunscreen adalah produk yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit kita dari paparan sinar matahari dan kerusakan yang diakibatkannya. Namun, apakah sunscreen mampu menyembuhkan skin barrier yang rusak? 

Lewat artikel ini akan dijelaskan mitos dan fakta seputar peran sunscreen dalam perawatan kulit dan apakah benar sunscreen dapat memperbaiki skin barrier yang rusak.

Apa Itu Skin Barrier?

Skin barrier adalah lapisan kulit terluar yang terdiri dari sel-sel kulit dan lipida. Skin barrier berfungsi untuk melindungi kulit dari polusi, bakteri, dan sinar UV. 

Skin barrier juga memegang peran penting dalam menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit mengalami dehidrasi. Ketika skin barrier rusak, kulit menjadi lebih rentan terhadap iritasi, dehidrasi, dan masalah kulit lainnya.

Baca Juga : 10 Faktor yang Membuat Skin Barrier Rusak?

Peran Sunscreen dalam Perlindungan Kulit

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Paparan sinar UV, terutama sinar UVB dan UVA, dapat merusak lapisan kulit dan menyebabkan berbagai masalah kulit. 

Termasuk penuaan dini, kanker kulit, hiperpigmentasi dan sunburn. Sunscreen bekerja dengan cara menyerap atau memantulkan sinar UV, sehingga kulit terbantu terlindungi dari kerusakan.

Apakah Sunscreen dapat Menyembuhkan Skin Barrier yang Rusak?

mitos dan fakta tentang sunscreen

Salah satu mitos yang sering beredar adalah bahwa sunscreen memiliki kemampuan untuk menyembuhkan skin barrier yang rusak. Ini tidak benar. Sunscreen adalah produk yang dirancang untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, bukan untuk memperbaiki skin barrier yang rusak. 

Meskipun sunscreen penting dalam menjaga kesehatan kulit, ia bukan satu-satunya cara untuk menyembuhkan skin barrier yang rusak. Sebab ada perawatan kulit untuk memperbaiki skin barrier yang rusak dan itu cukup kompleks untuk dilakukan. 

Tidak bisa hanya dengan satu produk kecantikan saja alias hanya menggunakan sunscreen saja.

Fakta Sunscreen Mencegah Kerusakan Kulit 

Meskipun sunscreen tidak dapat memperbaiki skin barrier yang rusak, ia memiliki peran penting dalam membantu mencegah kerusakan kulit lebih lanjut. Dengan melindungi kulit dari paparan sinar UV yang merusak, sunscreen bisa membantu menjaga skin barrier agar tetap sehat. 

Baca Juga : Cara Menerapkan Penggunaan Sunscreen yang Benar

Hal ini berarti bahwa meskipun skin barrier mungkin rusak sebelumnya, penggunaan sunscreen secara teratur dapat mencegah kerusakan lebih lanjut dan membantu memberikan kesempatan bagi kulit untuk pulih.

Perawatan Kulit untuk Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Jika kamu telah mengalami kerusakan pada skin barrier, ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk membantu memperbaikinya.

Mulai dari menggunakan pelembap yang cocok untuk jenis kulit kamu. Pelembap akan mengunci kelembaban kulitmu, membantu mencegah kehilangan air berlebihan yang pada akhirnya dapat membantu menghidrasi kulit dan memperkuat skin barrier.

Hindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit. Ini termasuk parfum, alkohol, dan pewarna. Penggunaan produk yang lembut dan bebas dari bahan-bahan keras dapat membantu kulitmu memulihkan diri.

Hindari mencuci wajah dengan air hangat dan sabun yang dapat merusak skin barrier. Gunakan pembersih yang lembut dengan air suhu ruanga dan jangan mencuci wajah terlalu sering.

Konsumsi Makanan Seha dengan banyak buah, sayuran, dan makanan tinggi omega-3. Hindari pula paparan sinar matahari langsung secara berlebihan. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kulit dan skin barrier. 

Selalu gunakan sunscreen saat berada di bawah sinar matahari terutama di daerah terbuka.

Jika kamu mengalami masalah kulit yang serius atau skin barrier yang sangat rusak, segera konsultasikan dengan dokter kulit untuk perawatan yang sesuai.

 

 

 

 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman