Cara Menerapkan Penggunaan Sunscreen Yang Benar

sunscreen cegah kerusakan kulit wajah

Penggunaan sunscreen secara tepat dan teratur adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang merusak. Manfaat utama dari pengaplikasian sunscreen adalah mencegah terjadinya kerusakan kulit seperti tanda-tanda penuaan dini, keriput hingga kulit yang kering dan kasar.

Sunscreen juga dapat mencegah terjadinya kanker kulit, yang dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Selain itu sunscreen juga dapat membantu mencegah reaksi alergi pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari.

Gunakan sunscreen dengan SPF yang sesuai dengan kebutuhan Anda. SPF (Sun Protection Factor) adalah skala yang menunjukkan tingkat perlindungan yang diberikan oleh produk sunscreen terhadap radiasi UVB

UVB merupakan salah satu jenis radiasi ultraungu yang dapat menyebabkan kanker kulit dan tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Semakin tinggi nilai SPF, semakin tinggi tingkat perlindungan yang diberikan oleh sunscreen tersebut.

Misalnya, jika kamu menggunakan sunscreen dengan SPF 30. Maka kamu akan terlindungi dari radiasi UVB selama 30 kali lebih lama dibandingkan jika tidak menggunakan sunscreen sama sekali.

Baca Juga : Rekomendasi Sunscreen Dengan Kandungan SPF 50

Tingkat perlindungan yang diberikan oleh produk sunscreen bervariasi sesuai dengan nilai SPF (Sun Protection Factor) yang tercantum pada kemasannya. Berikut ini adalah beberapa contoh nilai SPF dan tingkat perlindungan yang diberikan oleh masing-masing nilai tersebut:


SPF 15: memberikan perlindungan sekitar 93% terhadap radiasi UVB

SPF 30: memberikan perlindungan sekitar 97% terhadap radiasi UVB

SPF 50: memberikan perlindungan sekitar 98% terhadap radiasi UVB


Untuk Menerapkan Penggunaan Sunscreen Dengan Benar

Yuk, Ikuti Langkah-Langkah Berikut. 

1. Gunakan Sunscreen Setiap Hari 

Aplikasikan Sunscreen 15 Menit Sebelum Aktivitas

Menggunakan sunscreen setiap hari penting karena UV matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, termasuk tanda-tanda penuaan dini, kerusakan DNA, dan risiko kanker kulit. Sunscreen membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar UV dan membantu mencegah masalah kulit yang mungkin terjadi di masa depan.

Terutama saat kamu akan terpapar sinar matahari secara langsung selama lebih dari 15 menit. Aplikasikan sunscreen 15-30 menit sebelum beraktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan guna memberi waktu bagi sunscreen untuk menyerap ke dalam kulit.

2. Kocok Sebelum Mengeluarkan Isi Sunscreen 

Sunscreen Lindungi Kulit Dari Kanker

Kamu dianjurkan untuk mengocok isi sunscreen sebelum digunakan untuk memastikan bahwa formula tercampur dengan baik secara merata dalam wadah. Sebab setelah beberapa saat tanpa digunakan. Bahan-bahan dalam sunscreen bisa mengendap dan memisah, sehingga efektivitas dari sunscreen bisa saja berkurang. 

Oleh karena itu, sebaiknya selalu kocok isi sunscreen sebelum digunakan untuk memastikan bahwa formula tetap tercampur dengan baik. Sehingga dapat memberikan perlindungan maksimal. Lalu aplikasikan sunscreen setiap 2-3 jam atau setelah mandi atau berkeringat untuk memastikan perlindungan yang optimal.

3. Bersihkan Kulit Sebelum Mengaplikasikannya 

kulit besih buat sunscreen menyerap maksimal

Wajah harus dibersihkan sebelum mengaplikasikan sunscreen agar formula sunscreen dapat bekerja dengan efektif. Karena, jika wajah kotor dan berminyak, formula sunscreen dapat terhalang dan tidak dapat menempel dengan baik pada kulit. Hal ini bisa menurunkan efektivitas dari sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar matahari. 

Jika kamu akan berenang atau berkeringat. Sebaiknya aplikasikan sunscreen lebih awal agar dapat meresap dengan baik. Gunakan sunscreen secara merata pada seluruh bagian tubuh. Termasuk leher, telinga, tangan, dagu, siku hingga kaki.

4. Jangan Ragu Menggunakan Cukup Banyak

jangan ragu gunakan banyak sunscreen

Pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen dengan tepat agar dapat memberikan perlindungan yang optimal. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Sebab jika terlalu sedikit sunscreen diterapkan, perlindungan yang diberikan bisa berkurang. 

Namun, jika terlalu banyak diterapkan, bisa membuat formula sunscreen terasa lengket dan membuat pemakaian produk yang lain tidak maksimal. 

Aplikasikan secara merata dan jangan ragu untuk menggunakan “sunscreen secukupnya” agar dapat menutupi seluruh bagian kulit yang terpapar sinar matahari. Umumnya, disarankan untuk mengaplikasikan sekitar 1/4 - 1/2 sendok teh atau bisa juga dua ruas jari tangan untuk wajah dan lebih banyak untuk tubuh. 

5. Maksimalkan Dengan Perlindungan Tambahan

hindari matahari pakai topi

Gunakan pula perlindungan tambahan seperti topi atau payung, untuk memberikan perlindungan yang maksimal untuk kulit kamu dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Namun, sebaiknya jangan hanya bergantung pada topi atau payung saja.  

Kombinasikan juga dengan pemakaian pakaian yang menutupi bagian kulit yang terbuka seperti baju lengan panjang dan celana panjang. Ini akan membantu memberikan perlindungan yang lebih baik. 

Kamu juga bisa menggunakan kacamata hitam dengan lensa yang memiliki perlindungan UV. Jika harus bepergian dengan mobil, gunakan AC dan jendela tertutup untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sebaiknya hindari berkendara dengan jendela terbuka.

6. Jangan Gampang Tergiur

katakan tidak pada sunscreen palsu

Jangan tergiur harga murah atau sekedar mengikuti trend saja. Tidak disarankan untuk tergiur dengan sunscreen harga murah karena beberapa faktor. Mulai dari kualitas rendah hingga sunscreen yang mungkin mengandung bahan-bahan tidak efektif. Atau malah mengandung bahan berbahaya yang malah dapat menimbulkan masalah kesehatan kulit.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Sunscreen Berkualitas Harga 50 Ribuan

Ingat untuk memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan membaca label produk sebelum membeli. Kenali kondisi kulit mu dan cobalah untuk aware.  Kamu disarankan untuk membeli sunscreen dari merek terpercaya dan mencari produk yang memiliki formulasi yang baik. Sehingga dapat memberikan perlindungan yang memadai terhadap sinar matahari. 



Posting Komentar

Total Tayangan Halaman