Kebiasaan yang Bisa Bikin Gemuk

 

kebiasaan sepele penyebab obesitas

Kesehatan adalah aset berharga yang perlu dijaga setiap hari. Salah satu aspek penting dari kesehatan adalah berat badan yang seimbang. Sayangnya, banyak kebiasaan sehari-hari yang tak disadari berkontribusi pada kenaikan berat badan.

Sebagai alarm alias pengingat, lewat artikel ini akan dibahas kebiasaan-kebiasaan yang mungkin tidak kamu sadari dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Lengkap dengan cara menghindarinya.

Berikut 7 Kebiasaan Setiap Hari yang Bisa Bikin Gemuk

1. Kurangnya Aktivitas Fisik Alias Malas Bergerak

Gaya hidup yang kurang aktif merupakan penyebab utama kenaikan berat badan yang tak disadari. Banyak orang modern cenderung menghabiskan waktu mereka di depan layar komputer atau gadget, mengurangi aktivitas fisik. Untuk mengatasi hal ini, disarankan menetapkan waktu setiap hari untuk olahraga ringan atau berjalan-jalan.

2. Konsumsi Makanan Cepat Saji dan Tinggi Gula

Makanan cepat saji dan tinggi gula cenderung rendah nutrisi dan tinggi kalori. Konsumsi berlebihan dari jenis makanan ini dapat menyebabkan penumpukan lemak dan kenaikan berat badan. Mengganti makanan cepat saji dengan makanan yang lebih sehat dan alami dapat membantu menjaga berat badan tetap optimal.

Baca Juga : Rekomendasi Makanan Tinggi Kandungan Antioksidan

3. Tidak Sarapan atau Makan dengan Porsi Berlebihan

Meninggalkan sarapan atau makan dengan porsi berlebihan dapat mengacaukan metabolisme tubuh dan meningkatkan keinginan untuk ngemil sepanjang hari. Sarapan sehat dan mengontrol porsi makan dapat membantu kamu menjaga berat badan tetap stabil.

4. Tidur yang Kurang

Kurang tidur dapat memengaruhi kadar hormon dalam tubuh, seperti ghrelin dan leptin, yang berperan penting mengatur nafsu makan dan metabolisme. Orang yang kurang tidur cenderung merasa lapar lebih sering dan memiliki keinginan untuk makan camilan tinggi kalori.

5. Konsumsi Minuman Bersoda dan Minuman Bersugar Tinggi

Minuman bersoda dan minuman bersugar tinggi dapat memberikan asupan kalori yang tinggi tanpa memberikan rasa kenyang. Menggantinya dengan air mineral atau minuman rendah kalori dapat membantu mengurangi asupan kalori harian.

Baca Juga : Makanan yang Dapat Mempercepat Penuaan Dini

6. Stres yang Berlebihan

Stres dapat memicu kebiasaan makan berlebihan sebagai bentuk penghiburan emosional. Mencari cara-cara untuk mengelola stres, seperti meditasi atau olahraga, dapat membantu mengurangi kecenderungan untuk makan berlebihan yang berpotensi besar membuat berat badan naik secara signifikan.

7. Mengonsumsi Camilan Tidak Sehat

Snacking bisa menjadi penyumbang besar pada peningkatan berat badan jika dilakukan dengan tidak terkendali. Pilih camilan yang sehat, seperti buah-buahan atau kacang-kacangan, untuk menghindari asupan kalori yang tidak perlu.

Diharapkan dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas dapat membantu Kamu menjaga berat badan ideal. Yang pada akhirnya akan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga : My First Impression Cobain Vaseline HandCream +Anti-Bac

Penting untuk memahami bahwa perubahan kecil dalam gaya hidup sehari-hari dapat memiliki dampak besar pada kesehatan tubuh. Mengganti kebiasaan-kebiasaan tidak sehat dengan kebiasaan yang lebih baik, akan membantu kamu mencapai dan mempertahankan berat badan ideal dan tubuh yang sehat terawat.

 

 

 

 

 

 

3 komentar

  1. itu yang poin pertama maksudnya malas gerak ya kak ?. Aku percaya dengan beberapa poin di atas, benar banget nget. Intinya, semua kudu seimbang ya.

    BalasHapus
  2. Makasih artikelnya kaa...saya baru tau kalau kurang tidur bisa berefek ke berat badan. Gemuk ini memang momok yang menakutkan buat sebagian besar perempuan yang mendambakan tubuh langsing.

    BalasHapus
  3. Waduh 7 kebiasan ini benar-nemar harus ditinggalkan ya kalau mau kurus. Semangat bangun kebiasaan baik.

    BalasHapus
Total Tayangan Halaman