5 Jajanan Khas Ramadan Serba Pandan yang Harum dan Nikmat

Daftar Isi

 

rekomendasi jajanan khas ramadan serba pandan

Ramadan, bulan penuh berkah bagi umat Islam, bukan hanya tentang ibadah dan introspeksi, tetapi juga tentang kebersamaan dan kenikmatan kuliner khas. Salah satu hal yang paling dinantikan dari Ramadan adalah hadirnya beragam pilihan jajanan khas Ramadan yang menggugah selera.

BACA JUGA : CARA MENJAGA KESEHATAN TUBUH SAAT PUASA

Di antara banyak pilihan, jajanan khas Ramadan dengan aroma pandan ternyata memiliki tempat tersendiri di hati banyak orang. Terbukti dari kehadiran klepon hingga es cincau, jajanan khas Ramadan serba pandan yang memukau, dengan kombinasi rasa dan wangi harus yang tak tertandingi.

Lantas apa saja jajanan khas Ramadan serba pandan tersebut?

Simak selengkapnya lewat ulasan berikut.

5 Jajanan Khas Ramadan Serba Pandan yang Sayang untuk Dilewatkan

1. Klepon

Resep Klepon Gampang di buat

Klepon adalah salah satu jajanan tradisional Indonesia yang tidak pernah absen dari hidangan berbuka puasa selama bulan Ramadan. Kue kecil berwarna hijau dengan taburan kelapa parut ini memiliki rasa gurih manis yang khas. Tidak hanya itu, aroma pandan yang harum memberikan kesan yang menyegarkan. 

Klepon terbuat dari campuran tepung ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan gula merah lalu direbus, kemudian dilapisi dengan parutan kelapa. Saat menggigit klepon, sensasi melelehnya gula merah di dalam mulut disertai dengan tekstur kenyal dari tepung ketan membuat setiap gigitan begitu memuaskan. Gak heran jika klepon selalu jadi favorit dan begitu digemari saat berbuka puasa di berbagai daerah di Indonesia.

2. Es Cincau Pandan

Cara buat es cincau pandan

Di tengah teriknya bulan Ramadan, tak ada yang lebih menyegarkan dari pada menikmati segelas es cincau pandan. Es cincau adalah minuman khas Indonesia yang terbuat dari cincau yang dipadukan dengan santan dan gula merah. 

Namun, tambahan ekstrak pandan pada adonan cincau memberikan sentuhan khas yang dijamin tak terlupakan. Dengan warna hijau yang lembut dan aroma pandan yang harum, es cincau pandan tidak hanya menyegarkan, tetapi juga sulit untuk diabaikan. Dijamin nikmat.

3. Puding Pandan

Cara Buat Puding Pandan

Puding pandan juga termasuk jajanan khas Ramadan yang sempurna untuk menjadi santapan saat berbuka puasa. Puding pandan terbuat dari campuran susu, agar-agar, gula, dan tentu saja pandan. Puding pandan menawarkan kesegaran dan kelembutan rasa dalam setiap gigitannya. 

Setelah mengental dan didinginkan dalam lemari es, puding pandan siap disajikan dengan potongan buah-buahan segar atau topping lainnya sesuai selera untuk tambahan cita rasa yang sempurna. Keharuman pandan yang menyelimuti setiap potongan puding membuatnya menjadi hidangan yang sulit untuk dilewatkan.

4. Bolu Pandan

Cara Buat Bolu pandan lembut

Bolu pandan memiliki banyak keistimewaan yang menjadikannya pilihan yang populer di kalangan pecinta makanan, baik karena rasa dan aroma khasnya, warna hijau alami maupun teksturnya yang lembut. Bolu pandan terbuat dari campuran telur, gula, tepung terigu, santan, dan pandan. 

Saat dipotong, kelembutan bolu pandan terlihat dengan jelas, dan aroma pandan yang terpancar membuatnya begitu menggoda. Potongan bolu pandan ini cocok disajikan sebagai hidangan penutup atau camilan ringan saat berbuka puasa disandingkan dengan es buah segar, es teh manis maupun minuman segar lainnya.

5. Kue Dadar Gulung

Cara Buat Kue Dadar Gulung

Kue dadar gulung adalah satu dari sekian banyak makanan tradisional Indonesia yang kehadirannya sering ditunggu saat Ramadan. Dadar gulung biasanya terbuat dari adonan tepung beras, daun pandan dan diisi dengan campuran kelapa parut yang telah dicampur dengan gula merah atau gula jawa.

Tentu saja warna hijau dan aroma harum kue ini berasal dari pandan, memberikan sentuhan khas yang membedakan kue dadar gulung dari jajanan lainnya. Ketika kue ini dikukus, aroma pandan yang keluar sangatlah menggugah selera.

BACA JUGA : MANFAAT POMEGRANATE UNTUK KECANTIKAN

Demikianlah 5 jajanan khas Ramadan serba pandan yang sayang untuk kamu lewatkan. Dari klepon hingga dadar gulung, jajanan khas Ramadan serba pandan selalu berhasil menghadirkan kelezatan yang tidak dapat ditolak.

Nah, kira-kira kamu sudah pernah coba jajanan yang mana saja?

Yuk tuliskan di kolom komentar mana jajanan khas Ramadan serba pandan favoritmu.

Posting Komentar