Tips Skincare Rutin Selama Ramadan

Daftar Isi

Basic Skincare Ramadan

Ramadan merupakan bulan suci yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Islam berpuasa dari fajar hingga senja sebagai bentuk ibadah dan pengendalian diri. Selama puasa, perubahan pola makan dan tidur dapat mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menyesuaikan rutinitas perawatan kulit agar tetap sehat dan bersinar selama bulan Ramadan. Lewat artikel ini, Halo Dia Rahma akan membagikan tipsnya, yuk disimak, semoga bermanfaat.

5 Tips Biar Skincare Rutin Selama Ramadan Efeknya Maksimal

1. Perhatikan Konsumsi Cairan

kulit kusam karena dehidrasi

Selama Ramadan, tubuh kita cenderung mengalami dehidrasi karena kurangnya konsumsi cairan selama berpuasa. Oleh karena itu, penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, konsumsi air yang cukup akan membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam. 

Umumnya orang dewasa disarankan minum setidaknya 8 gelas (sekitar 2 liter) air per hari. Selain air, konsumsi jus buah, sup atau makanan yang mengandung kadar air tinggi, juga dapat membantu menjaga tubuh terhidrasi. Hindari minuman berkafein karena berpotensi menyebabkan dehidrasi.

2. Jaga Kadar Gula Darah Stabil

Kadar gula darah tinggi buruk untuk kulit

Selama Ramadan, perhatikan jenis makanan yang kamu konsumsi saat berbuka dan sahur. Hindari makanan yang mengandung gula tinggi, makanan olahan dan minuman bersoda dan berpemanis. Sebaliknya, pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan protein.

Guna untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini karena kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan glikasi, di mana gula darah bereaksi dengan protein dalam kulit, seperti kolagen dan elastin, menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan kekencangannya, serta memunculkan kerutan dan garis-garis halus.

3. Jangan Abaikan Penggunaan Tabir Surya

Bahaya tidak menggunakan sunscreen

Meskipun cuaca mungkin tidak sedang terik, paparan sinar matahari tetap dapat berdampak buruk pada kulit jika tidak dilindungi dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk tetap menggunakan tabir surya setiap hari, terutama saat beraktivitas di luar ruangan. 

Pilih tabir surya dengan SPF yang tinggi dan berbahan dasar ringan agar tidak terasa berat di wajah. Gunakan tabir surya setelah menggunakan pelembap pada pagi hari dan pastikan untuk mengaplikasikannya ulang setiap tiga jam atau sesuai kebutuhan, terutama jika kamu berenang atau berada di luar ruangan untuk waktu yang lama.

4. Perhatikan Pola Tidur dan Tetap Aktif Berolahraga

kurang tidur bikin mata panda

Pola tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Selama bulan Ramadan, jadwal tidur mungkin terganggu akibat shalat malam dan sahur. Namun, usahakan untuk tetap menjaga pola tidur yang sehat. Kurang tidur dapat menyebabkan mata panda dan kulit kusam, sehingga pastikan untuk tidur minimal 7-8 jam setiap malam. 

Selain itu, meskipun kamu berpuasa, tetaplah aktif berolahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan metabolisme tubuh, yang dapat berkontribusi pada kesehatan dan kecantikan kulit. Pilihlah olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, atau bersepeda atau olahraga lain sesuai preferensi masing-masing.

5. Aplikasikan Theraskin Perfect Glow Basic Skincare Secara Rutin

Rangkaian Theraskin Perfect Glow Basic Skincare

Mengaplikasikan basic skincare dengan benar adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Mulailah dengan membersihkan wajah secara lembut, lalu gunakan toner untuk mengangkat sisa kotoran, dan menyeimbangkan pH kulit. 

Sekaligus menyiapkan kulit untuk langkah perawatan selanjutnya. Setelah toner mulai mengering, aplikasikan serum dengan lembut ke seluruh wajah dan leher. Setelah serum menyerap, aplikasikan pelembap dengan gerakan memijat ringan ke seluruh wajah.

BACA JUGA : 9 CARA AMAN COBA SKINCARE BARU

Lantas apa jadinya jika tidak mengaplikasikan basic skincare? Potensi terbesarnya adalah kulit bisa menjadi kusam karena tidak diberikan perawatan dasar yang tepat. Nah, gak mau hal tersebut terjadi kan?

Yuk ikuti langkah dasar atasi kulit kusam dengan rangkaian produk Theraskin berikut.

1. Perfect Glow Facial Wash: Sabun wajah cair yang diperkaya Niacinamide, Licorice, Allantoin dan Lactid Acid untuk membersihkan kotoran, debu dan minyak yang menempel pada kulit wajah sehingga kulit wajah tampak lebih cerah.

2. Perfect Glow Toner Essence: Toner essence yang diperkaya Niacinamide, Licorice, Allantoin dan Lactid Acid untuk membantu menyegarkan dan mencerahkan kulit wajah.

3. Perfect Glow Face Cream: Krim wajah yang diperkaya Niacinamide, Licorice dan Alpha Arbutin untuk membantu mencerahkan dan menyamarkan noda-noda hitam pada kulit wajah.

4. Perfect Glow Protection Day Cream: Tabir surya untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari dan membantu mencerahkan kulit wajah.

5. Theraskin Perfect Glow Brightening Serum : Serum yang diperkaya Niacinamide, Licorice, Glycolic Acid dan Arginine untuk membantu mencerahkan dan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit wajah tampak lebih halus, cerah dan lembut. Serum ini dapat digunakan di malam hari.

BACA JUGA : MENGENAL JENIS-JENIS BUNGA YANG SERING DIGUNAKAN DALAM SKINCARE

Kelima produk skincare Theraskin diatas aman digunakan karena sudah terdaftar oleh BPOM dan juga memiliki sertifikasi halal dari MUI. Jadi gak perlu ragu menggunakan brand ini karena memang sudah jadi pilihan para pakar dermatologi sejak 2011.

BACA JUGA : BAHAYA SERING GONTA-GANTI SKINCARE

Diharapkan dengan mengikuti tips skincare rutin selama bulan Ramadan, kamu dapat memaksimalkan hasilnya terhadap perawatan kulit kamu. Ingatlah untuk tetap konsisten dengan rutinitas perawatan kulit untuk hasil yang optimal.

 


Posting Komentar