Lima Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan


lidah buaya bagus untuk kecantikan kulit

Rasanya sudah umum kita ketahui jika aloe vera memiliki segudang manfaat. Bahkan fakta ini sudah sering kita dengar dari orang tua kita secara turun-temurun. Dulu orang tua kita sering menggunakan aloe vera untuk membantu mengobati luka seperti luka bakar atau luka lecet.

Aloe vera atau yang sering kita kenal sebagai lidah buaya merupakan tanaman yang diduga berasal dari kepulauan Canary di sebelah barat Afrika. Tanaman ini begitu kaya akan mineral baik dan berbagai vitamin. Mulai dari Vitamin B, E, B12, asam folat hingga kandungan mineral yang terbilang cukup lengkap seperti kalsium, sodium, magnesium, kromium, selenium, zinc dan kandungan lainnya.

Baca Juga : Review Purbasari Soothing Gel 99 Persen Pure Aloe Vera

Belakangan, penggunaan lidah buaya semakin banyak digemari, terbukti dengan banyaknya produk kecantikan berbahan dasar lidah buaya beredar di pasaran. Ya lidah buaya juga memang sudah dikenal bagus untuk kecantikan sejak berabad-abad lalu. Hal ini di dukung dengan cerita yang tercatat dalam Egyptian Book of Remedies.

Di dalam buku tersebut diceritakan bahwa pada zaman Cleopatra, lidah buaya sering dimanfaatkan untuk bahan utama komestika khususnya sebagai pelembab kulit. Tak sekedar dua manfaat di atas saja, lidah buaya sendiri sebenarnya memiliki begitu banyak manfaat lainnya.

Yuk ketahui lebih lanjut apa saja manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

1. Menghidrasi Kulit

kulit terhidrasi dengan lidah buaya

Memberi efek melembapkan pada kulit merupakan khasiat lainnya dari lidah buaya. Dengan menggunakan produk yang mengandung ekstra lidah buaya, kamu dapat membuat kulitmu tetap terhidrasi dengan baik. 

Inilah menariknya tanaman tebal bertangkai pendek yang menyimpan banyak air di daunnya tersebut. Untuk diketahui, lidah buaya mengandung 98% air, yang membantu melembabkan, menenangkan, dan melembabkan kulit.

2. Menyamarkan Stretch Mark

menyamarkan stretchmark dengan lidah buaya

Elastisitas kulit bisa berkurang karena kehamilan atau kenaikan berat badan yang cepat. Hal ini bisa menimbulkan kerutan atau yang akrab disebut stretch mark. Kandungan vitamin A, vitamin C dan antioksidan di lidah buaya diyakini bisa membantu mengurangi kerutan akibat stretch mark. 

Untuk mendapatkan hasil maksimal kamu pun bisa memadukan penggunaan lidah buaya dengan minyak kelapa. Minyak kelapa memang dikenal manfaatnya dalam melembapkan kulit. Kombinasi kedua bahan alami ini diharapkan bisa melembapkan dan merangsang produksi kolagen di kulit hingga tampilan stretch mark pun bisa tersamarkan.

3. Meredakan Jerawat


meredakan jerawat bisa dengan menggunakan lidah buaya

Hebatnya lagi ternyata lidah buaya juga dapat membantu mengatasi jerawat loh! Ini karena kandungan antibakteri dalam lidah buaya dianggap cukup tinggi sehingga dapat meredakan peradangan yang terjadi pada jerawat. Ini pula yang mempercepat penyembuhan luka pada jerawat. 

Selain itu lidah buaya juga mengandung dua hormone penting pembunuh bakteri yaitu giberelin dan polisakarida. Keduanya bertindak sebagai antibakteri yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat.

4. Membantu Mencegah Penuaan Dini


cegah penuaan dini dengan lidah buaya

Kandungan fibroblast dalam lidah buaya merangsang aktivitas peningkatan produksi kolagen dan serat elastin. Keduanya bermanfaat dalam memperlambat munculnya keriput. Belum lagi kandungan seng dalam lidah buaya sangat baik untuk mengencangkan pori-pori di kulit. 

Ditambah lagi dengan kandungan asam salisilat yang terkandung di dalam lidah buaya. Jika rutin digunakan bisa berfungsi sebagai exfoliator alami yang dapat membantu mengelupas sel kulit mati di wajah dengan lembut.

5. Membantu Mencerahkan Wajah


Cerahkan wajah dengan lidah buaya

Manfaat lain dari lidah buaya adalah dapat membantu mencerahkan area kulit yang gelap termasuk kulit wajah. Ini karena enzim yang terkandung pada lidah buaya dapat mencerahkan kulit dan membuatnya tidak kusam. 

Baca Juga : Rekomendasi Aloe Vera Gel Local Murah Tapi Nggak Murahan

Kamu bisa menggunakan produk yang mengandung gel lidah buaya murni atau membuat masker wajah dari campuran gel lidah buaya asli dan perasan air lemon. Campuran dari gel lidah buaya dan perasaan air lemon dapat membantu membersihkan pori-pori dan sel-sel kulit mati di wajah sehingga wajah jadi terlihat lebih cerah dan bersih.

Secara umum lidah buaya memang aman digunakan pada kulit. Namun, bisa saja bagi sebagian orang mungkin akan ada yang mengalami reaksi alergi yang mengganggu seperti rasa gatal. Sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kulit terlebih dahulu untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi.






Posting Komentar

Total Tayangan Halaman