Kulit Tangan Kering? Yuk Atasi dengan Lima Cara Ini


kulit tangan kering bisa terjadi pada perempuan dan laki laki

Ada banyak penyebab yang bisa membuat kulit telapak tangan menjadi kering. Mulai dari cara mencuci tangan yang salah hingga perubahan iklim. Namun satu yang pasti, kulit tangan kering atau kasar dapat terjadi pada semua orang, baik perempuan maupun laki-laki.

Memang kondisi kulit tangan kering tidak membahayakan namun jika dibiarkan tentu akan mengganggu penampilan. Rasa nyaman ketika kamu beraktivitas sehari-hari juga berkurang sebab di beberapa keadaan, kulit tangan yang terlalu kering bisa menimbulkan rasa gatal dan mudah terkelupas.

Secara umum, gangguan kulit ini disebabkan oleh kurangnya kelembapan pada kulit tangan.

Nah, apa pun penyebabnya, berikut adalah beberapa cara mengatasi kulit tangan kering yang bisa kamu lakukan.

Yuk, mari disimak.

1. Pakai Hand Cream Untuk Jaga Kelembapan Kulit

membantu menjaga kulit tetap lembap dengan menarik dan menahan kelembapan di permukaan kulit.

Penggunaan hand cream bisa membantu menjaga kelembapan kulit karena kebanyakan hand cream mengandung bahan-bahan pelembap seperti glycerin, urea, dan asam hyaluronic. Bahan-bahan ini membantu menjaga kulit tetap lembap dengan menarik dan menahan kelembapan di permukaan kulit.

Baca Juga : Rekomendasi Handcream Bagus Harga Affordable

Selain itu, kebanyakan hand cream juga mengandung bahan-bahan yang melindungi kulit dari faktor-faktor lingkungan yang dapat membuat kulit kering. Mulai dari angin hingga sinar matahari langsung.

Penggunaan hand cream secara teratur dapat membantu menjaga kelembapan kulit di tangan dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Namun, penting untuk memilih hand cream yang cocok dengan jenis kulit kamu untuk mencapai hasil yang optimal.

2. Mengoleskan Lidah Buaya

Senyawa polisakarida pada lidah buaya bisa bantu jaga kelembapan kulit

Lidah buaya (aloe vera) dikenal sejak lama memiliki khasiat untuk menjaga kelembapan kulit. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung banyak senyawa aktif seperti polisakarida, asam amino, mineral, dan vitamin yang dapat menutrisi dan melembapkan kulit. Senyawa polisakarida pada lidah buaya memiliki kemampuan untuk menarik dan menahan air di permukaan kulit, sehingga dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Selain melembapkan, lidah buaya juga memiliki khasiat sebagai anti-inflamasi dan antioksidan, sehingga dapat membantu meredakan peradangan dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV atau polusi. Namun, perlu diingat bahwa reaksi pada kulit setiap individu dapat berbeda, sehingga penting untuk melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum menggunakannya secara rutin.

3. Lakukan Eksfoliasi Kulit

eksfoliasi kulit untuk mendorong regenerasi sel kulit yang lebih baru

Sebenarnya, eksfoliasi kulit tidak secara langsung membantu menjaga kelembapan kulit tangan. Eksfoliasi kulit adalah proses pengangkatan sel kulit mati di permukaan kulit dengan menggunakan scrub atau bahan kimia tertentu untuk mendorong regenerasi sel kulit yang lebih baru.

Namun, melakukan eksfoliasi secara teratur dapat membantu meningkatkan penyerapan pelembap pada kulit tangan karena sel-sel kulit mati yang menghalangi penyerapan pelembap akan diangkat. Selain itu, eksfoliasi kulit juga dapat membantu menghilangkan kulit kering atau kasar yang mungkin menghambat penyerapan pelembap dan membuat kulit terlihat lebih lembut dan halus.

Penting untuk diingat bahwa eksfoliasi kulit tidak boleh dilakukan terlalu sering atau terlalu kasar karena dapat menyebabkan iritasi dan merusak kulit. Lakukan eksfoliasi kulit maksimal dua kali seminggu dan pilihlah produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Setelah melakukan eksfoliasi kulit, jangan lupa untuk menggunakan pelembap untuk membantu menjaga kelembapan kulit tangan dan mencegah kulit kering.

4. Jauhi Pemakaian Pengering Tangan

Angin panas yang kuat dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit tangan dan menyebabkan kulit menjadi kering.

Pengering tangan (hand dryer) yang sering digunakan di toilet umum atau di tempat kerja dapat mengeluarkan angin panas yang kuat untuk mengeringkan tangan. Angin panas yang kuat dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit tangan dan menyebabkan kulit menjadi kering.

Kulit tangan yang kering dapat menyebabkan retak-retak dan ruam yang berpotensi mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, menghindari penggunaan pengering tangan dapat membantu menjaga kelembapan alami pada kulit tangan dan mencegah kulit menjadi kering. Sebaiknya, gunakan handuk kain yang lembut untuk mengeringkan tangan setelah mencuci tangan.

5. Sebaiknya Hindari Penggunaan Bahan Kimia Tertentu pada Sabun

hindari bahan kimia seperti Sodium Lauryl Sulfate (SLS), Sodium Laureth Sulfate (SLES), Triclosan, parfum dan pewarna buatan, alcohol hingga bahan pengawet.

Untuk mencegah kulit tangan menjadi kering, sebaiknya pilih sabun yang bebas dari bahan kimia yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Gunakan pula pelembap setelah mencuci tangan untuk menjaga kelembapan kulit. Ada beberapa bahan kimia yang digunakan dalam sabun berpotensi menyebabkan iritasi dan menghilangkan minyak alami pada kulit. Menyebabkan kulit jadi kering dan rentan terhadap masalah kulit lainnya.

Adapun beberapa bahan kimia tersebut seperti Sodium Lauryl Sulfate (SLS), Sodium Laureth Sulfate (SLES), Triclosan, parfum dan pewarna buatan, alcohol hingga bahan pengawet.

Selain itu ada beberapa hand cream yang mengandung bahan antibakteri untuk membantu membersihkan tangan namun tetap difungsikan untuk menjaga kelembapan kulit tangan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan hand cream antibakteri tidak sepenuhnya menggantikan peran cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Cuci tangan dengan sabun dan air tetap merupakan cara terbaik untuk membersihkan tangan dari kuman dan bakteri yang berpotensi menyebabkan penyakit.

Jika kamu ingin menggunakan hand cream antibakteri, pastikan untuk memilih produk yang mengandung bahan aktif yang efektif dan aman, seperti alkohol, benzalkonium klorida, atau triklosan.

Baca Juga : My First Impression Cobain Vaseline Hand Cream +Anti-Bac

Namun, beberapa bahan antibakteri, seperti triclosan, telah dilarang penggunaannya dalam produk perawatan pribadi di beberapa negara karena memiliki dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih hand cream yang mengandung bahan alami, seperti minyak kelapa, shea butter, atau vitamin E, yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Selain itu, pastikan untuk selalu membersihkan tangan dengan sabun dan air sebelum dan sesudah menggunakan hand cream, terutama jika Anda berada di tempat umum atau setelah melakukan kegiatan yang kotor dan berpotensi mengandung kuman.

 

 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman