Apa Dampaknya Jika Kamu Malas Menghapus Make Up?


Dampak Buruk Jika Tidak Hapus Make Up


Terus terusan mengabaikan untuk menghapus make up sebelum tidur dapat memiliki dampak yang merugikan pada kulit wajah. Kamu bisa menerapkan metode double cleansing untuk membersihkan wajah secara maksimal. Membersihkan wajah dengan metode ini biasanya dilakukan sebanyak dua kali. 

Baca Juga : Mengenal Cara Double Cleansing Wajah

Metode ini pertama kali dipopulerkan oleh wanita-wanita Asia khususnya di Jepang dan Korea Selatan. Jika kamu hanya terbiasa membersihkan wajah sekali saja alias cukup dengan menggunakan sabun muka dan air. Maka untuk melakukan double cleansing, terdapat langkah tambahan yang harus dilakukan sebelumnya.

Penting diingat bahwa menghapus make up dengan benar sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

----------------------------------------

Berikut beberapa dampak dan resiko kesehatan yang bisa saja terjadi jika Kamu terlalau sering abai dan malas menghapus make up.

1. Menyebabkan Jerawat

hapus make up dengan benar agar gak jerawatan

Jika sisa make up pada kulit tidak dihilangkan secara menyeluruh, maka dapat menyumbat pori-pori kulit. Sumbatan pori-pori kulit ini kemudian dapat menyebabkan penumpukan minyak dan bakteri pada kulit yang menyebabkan peradangan dan munculnya jerawat. 

Karena itu, penting untuk membersihkan make up dengan benar sebelum tidur agar kulit terhindar dari penumpukan make up dan bakteri yang dapat menyebabkan masalah kulit lainnya.

2. Kulit Jadi Kusam

Jangan Lupa Hapus Make Up Biar Kulit Gak Kusam

Menghapus make up sebelum tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Jika make up tidak dihapus dengan benar, maka bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati, minyak, dan kotoran yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan kulit menjadi kusam. Namun, tidak semua kulit kusam disebabkan oleh tidak menghapus make up.

Kulit kusam dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pola makan yang tidak seimbang, kurangnya asupan cairan, kurangnya tidur, paparan sinar matahari yang berlebihan, merokok, dan stres. Oleh karena itu, untuk mencegah kulit kusam, selain menghapus make up dengan benar, penting untuk menjaga pola hidup yang sehat dan merawat kulit dengan tepat.

3. Keriput Bermunculan

Penting Untuk Selalu Membersihkan Make Up

Keriput bisa muncul karena tidak menghapus make up dengan benar. Make up tertentu seperti foundation dan bedak dapat membuat kulit menjadi kering dan kehilangan kelembaban alami, yang dapat meningkatkan risiko keriput dan garis halus pada kulit wajah jika tidak dibersihkan dengan benar. Selain itu, jika make up tidak dihapus dengan benar, kulit akan terus terpapar oleh radikal bebas dan polusi, yang dapat merusak kolagen pada kulit.

Kolagen adalah protein yang membantu menjaga kekencangan kulit dan mengurangi kemunculan keriput. Jika kolagen pada kulit rusak, maka risiko keriput dan garis halus pada kulit akan meningkat. Oleh karena itu, penting untuk selalu membersihkan make up dengan benar sebelum tidur dan menjaga kelembaban kulit agar kulit tetap terhidrasi dan terjaga kesehatannya.

4. Rentan Terhadap Infeksi Mata

jangan lupa selalu membersihkan make up di mata

Jika sisa make up masuk ke dalam mata, dapat berpotensi menyebabkan iritasi dan bahkan infeksi pada mata. Infeksi mata bisa terjadi jika tidur dengan make up karena sisa make up dapat menempel pada bulu mata dan mengiritasi mata. Bakteri dan kotoran pada make up yang menempel pada bulu mata dapat masuk ke dalam mata saat Anda bergerak di malam hari, terutama jika Anda menggosok mata atau mengucek bulu mata yang teriritasi.

Jika bakteri tersebut masuk ke dalam mata, maka bisa berpotensi menyebabkan infeksi seperti konjungtivitis (mata merah) atau blefaritis (radang kelopak mata). Infeksi pada mata ini dapat menyebabkan gejala seperti mata merah, gatal, iritasi, keluarnya cairan, dan bahkan kehilangan penglihatan sementara.

5. Perubahan Warna Kulit

Sisa make up yang menempel bisa menghambat proses regenerasi kulit

Sisa make up yang menempel pada kulit dapat menghambat proses regenerasi kulit, sehingga kulit tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri secara optimal. Akibatnya, kulit bisa terlihat lebih kusam dan tidak merata, serta membuat kulit mudah mengalami perubahan warna kulit atau hiperpigmentasi.

Make up dapat menumpuk di permukaan kulit dan menyumbat pori-pori, yang dapat memicu produksi melanin yang berlebihan dan berpotensi menyebabkan kulit menjadi lebih gelap atau berubah warna. Kondisi ini disebut sebagai hiperpigmentasi postinflamasi (PIH), dan dapat terjadi pada siapa saja, terutama pada mereka yang memiliki jenis kulit sensitif atau rentan terhadap peradangan.

----------------------------------------------------------

Jangan remehkan bahaya kesehatan yang timbul akibat malas membersihkan make up, girls! Ingatlah untuk selalu menghapus make up sebelum tidur dan menjaga kebersihan wajah agar kulitmu selalu sehat dan bercahaya. 

Meskipun terkadang lelah, jangan lupa membersihkan wajahmu dengan baik, ya! Selain itu, penting untuk menggunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk menjaga kulit tetap sehat.

Berikut Tips Menghapus Make Up Dengan Benar.

  1. Bersihkan tangan terlebih dahulu dan pastikan tangan bebas dari kuman.
  2. Gunakan pembersih make up yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda.
  3. Hindari penggunaan pembersih yang mengandung alkohol atau bahan kimia keras
  4. Mulailah membersihkan mata terlebih dahulu, karena area ini cenderung sensitive.
  5. Gunakan kapas yang dibasahi untuk membersihkan make up di sekitar mata.
  6. Lanjutkan dengan membersihkan make up pada wajah, leher, dan area lainnya.
  7. Setelahnya bilas wajah dengan air hangat untuk menghilangkan sisa pembersih. 
  8. Bilas kembali dengan air dingin untuk menutup pori-pori.
  9. Keringkan wajah dengan lembut menggunakan handuk bersih atau tisu lembut.
  10. Hindari menggosok kulit terlalu keras, karena berpotensi merusak kulit.
  11. Gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit.
  12. Terakhir aplikasikan moisturizer memberikan kelembapan pada kulit

Tips di atas bukan patokan utama, Kamu bisa melakukannya dengan mengikuti petunjuk dari referensi lain. 

Baca Juga : Urutan Memakai Skincare Di Malam Hari Yang Dianjurkan

Terpenting, jangan pernah abai untuk menghapus make up dengan benar agar kesehatan serta kecantikan kulit senantiasa terjaga dan tidak timbul masalah-masalah yang tak diharapkan pada kulit seperti diulas di atas.


 


Posting Komentar

Total Tayangan Halaman