3 Penyebab Umum Tumit Kaki Kering Lengkap dengan Tips Merawatnya

 

cara mengatasi tumit kaki kering

Tumit kaki kering dan pecah-pecah sebenarnya merupakan masalah yang umum terjadi pada banyak orang. Bagi sebagian orang, keadaan ini bukanlah hal yang perlu dianggap serius. Namun bagi sebagian yang lain, keadaan ini cukup mengganggu. 

BACA JUGA : 5 REKOMENDASI FACE SCRUB AFFORDABLE HARGA50 RIBUAN

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, tumit kaki kering dan pecah-pecah akan mengganggu penampilan dan tentu saja berpotensi merusak rasa percaya diri. Lantas apa sebenarnya penyebab tumit kaki kering dan pecah-pecah?

Yuk simak selengkapnya lewat ulasan berikut. Semoga bermanfaat.

Penyebab Tumit Kaki Kering

Tumit kaki kering dan pecah-pecah bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut adalah beberapa penyebab umum.

Kurangnya Kelembapan Kulit: Salah satu penyebab utama tumit kaki kering adalah kurangnya kelembapan pada kulit. Daerah tumit cenderung memiliki sedikit kelenjar minyak, yang membuatnya lebih rentan mengalami kekeringan.

Faktor Lingkungan: Cuaca dingin, udara kering, atau paparan terus-menerus terhadap air panas dapat menyebabkan kekeringan pada tumit kaki kamu. Ini dapat menghilangkan kelembapan alami dari kulit di daerah tumit kaki dan membuatnya menjadi kering hingga pecah-pecah.

Penggunaan Alas Kaki Terbuka: Menggunakan alas kaki terbuka seperti sandal dapat menyebabkan gesekan langsung pada tumit kaki. Gesekan ini jika berlangsung terus menerus dalam waktu lama berpotensi mengurangi kelembapan. Jika tidak disertai dengan pemakaian krim (pelembab) kaki bisa berpotensi menyebabkan kulit di area tumit menjadi kering dan kasar.

BACA JUGA : MENJELAJAHI MANFAAT TIMUN UNTUK KECANTIKAN

Namun, jangan khawatir, ada beberapa langkah sederhana yang dapat kamu lakukan untuk merawat tumit kaki kering dan mengembalikan kelembutan serta kesehatannya.

Tips Merawat Tumit Kaki Kering

Adapun langkah-langkah perawatan yang dapat diterapkan antara lain.

1. Eksfoliasi Secara Teratur

Lakukan Eksfoliasi Kulit di area tumit kaki secara teratur

Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kulit mati dan menghaluskan tumit kaki kering adalah dengan melakukan eksfoliasi secara teratur. Gunakan scrub atau sikat khusus yang dirancang untuk kaki. Lalu gosok secara lembut pada area yang kasar dan kering. Hal ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru.

2. Rendam Kaki dalam Air Hangat

cegah tumit kaki kering dengan merendamnya dalam air hangat

Coba rendam kaki kamu dalam air hangat selama 10-15 menit setiap hari. Air hangat akan membantu melembutkan kulit yang kasar dan kering pada tumit kaki. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender atau peppermint untuk efek relaksasi dan penyembuhan yang lebih baik.

3. Gunakan Pelembap Khusus untuk Tumit Kaki

tumit kaki tidak kering karena rutin mengoleskan pelembab

Setelah merendam kaki, keringkan dengan kain lembut. Lalu aplikasikan pelembap khusus untuk tumit kaki kamu. Pilih pelembap yang mengandung bahan-bahan alami seperti shea butter, jojoba oil, minyak almond atau minyak tea tree. 

Ini karena bahan-bahan tersebut memiliki sifat dan kandungan yang dapat melembapkan dan menghidrasi kulit. Akan lebih baik lagi jika aktivitas mengoleskan pelembap pada kaki dilakukan secara teratur atau dirutinkan terutama sebelum tidur. 

BACA JUGA : BIAR KULIT GLOWING! HINDARI KEBIASAAN INI SEBELUM TIDUR

Tak hanya usai merendam kaki dengan air hangat saja. Ini dilakukan agar bahan-bahan pelembap dapat menyerap dengan baik ke dalam kulit dan proses mengembalikan kelembutan pada tumit  kaki yang kering jadi semakin maksimal.

4. Gunakan Kaus Kaki Saat Tidur

cegah tumit kaki kering dengan memakai kaus kaki saat tidur

Jika tumit kaki kamu sangat kering dan pecah-pecah, cobalah menggunakan kaus kaki. Diharapkan hal ini akan membantu menjaga kelembaban kulit kaki kamu. Sekaligus membantu mempercepat proses perbaikan kulit di area tumit kaki kamu.

5. Jaga Kelembaban Tubuh Secara Keseluruhan

5. Jaga Kelembaban Tubuh sekaligus jaga kelembapan kulit di tumit kaki

Selain merawat tumit kaki secara khusus, penting juga untuk menjaga kelembaban tubuh secara keseluruhan. Minum air yang cukup setiap hari untuk menjaga tubuh agar senantiasa terhidrasi. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

6. Hindari Penggunaan Sepatu yang Tidak Nyaman

jangan pakai sepatu hak tinggi jika kaki pecah-pecah

Penggunaan sepatu yang tidak nyaman atau tidak pas dapat menyebabkan tekanan berlebih pada tumit kaki dan membuatnya semakin kering. Pilih sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki kamu. Pastikan pula bahan dan desainnya nyaman dipakai  saat beraktivitas. Jangan sekedar mementingkan trend saja.

Dengan menerapkan tips perawatan diatas secara teratur, diharapkan kamu dapat terbantu dalam mengatasi tumit kaki kering. Sehingga kulit di tumit kaki yang lebih lembut dan sehat segera didapatkan. Ingatlah bahwa perawatan yang konsisten adalah kuncinya, tidak bisa instan dalam sekejap.

BACA JUGA : BAHAYA SERING GONTA-GANTI SKINCARE

Senantiasa jaga kebersihan kaki dan berikan perhatian lebih, seiring berjalannya waktu, kamu akan melihat hasilnya dan menikmati tumit kaki yang lembut dan sehat.

 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman