Apa Saja Manfaat Melakukan Eksfoliasi Kulit?

 

beragam manfaat melakukan eksfoliasi kulit

Belakangan ini trend eksfoliasi kulit kian populer, terutama dengan munculnya media sosial. Fokus dan perhatian orang-orang jadi lebih besar pada perawatan kulit. 

Orang-orang termasuk kamu dan dan aku, sekarang memiliki akses yang lebih besar ke berbagai produk dan metode eksfoliasi kulit. Mulai dari scrub kulit, eksfolian kimia hingga perawatan profesional di salon kecantikan atau klinik dermatologi.

Popularitas dan kesadaran akan manfaat melakukan eksfoliasi kulit benar-benar meningkat terutama dengan pesatnya perkembangan teknologi dan keterbukaan informasi tentang perawatan kulit dan kecantikan.

Lantas apa itu eksfoliasi kulit? Apa saja manfaat yang bisa di dapat dengan rutin melakukannya?

Yuk simak selengkapnya lewat ulasan berikut. Semoga bermanfaat.

Manfaat Melakukan Eksfoliasi Kulit

Beragam Manfaat Melakukan Eksfoliasi Kulit


Eksfoliasi kulit adalah proses menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit untuk menghasilkan berbagai manfaat.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari rutinmelakukan eksfoliasi kulit dengan teknik yang tepat.

Menghilangkan Sel-Sel Kulit Mati, Sel-sel kulit mati biasanya mengumpul dan bertumpuk di permukaan kulit dan dapat menyebabkan kulitmu terlihat kusam, kasar, dan tidak bercahaya. Eksfoliasi akan membantu kamumengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit tadi. Sehingga kulit akan tampak lebih cerah, halus dan terawat. Menghilangkan lapisan sel kulit mati tadi, akan membuat kulit baru yang sehat dan segar dapat segera muncul.

Merangsang Regenerasi Sel Kulit, Eksfoliasi dapat merangsang regenerasi sel kulit baru. Ini berarti bahwa sel-sel kulit yang baru bisa terbatu untuk diproduksi lebih cepat. Eksfoliasi juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan kulit, memperbaiki kerusakan kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.

Meratakan Tekstur Kulit, Eksfoliasi akan menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Hal ini juga akan membantu meningkatkan tekstur kulit kamu. Membuat kulit terasa lebih halus, lebih lembut, dan memiliki warna yang rata.

Memaksimalkan Penyerapan Skincare Lain, Ketika lapisan sel-sel kulit mati sudah hilang, penyerapan produk perawatan kulit lainnya seperti toner, serum, pelembap maupun skincare lainnya jadi lebih baik. Lewat penyerapan yang lebih baik, manfaat dari produk skincare tersebut pun akan lebih efektif dan memberikan hasil yang lebih baik.

Mengurangi Masalah Kulit Tertentu, Eksfoliasi dapat membantu mengurangi berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo, hiperpigmentasi dan noda hitam. Dengan menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang pergantian sel kulit BARU, eksfoliasi akan sekaligus membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, mengurangi produksi minyak berlebih, dan memudarkan bintik-bintik gelap pada kulit.

Meningkatkan Sirkulasi Darah, Proses eksfoliasi juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di area yang dieksfoliasi. Ini membantu memberikan oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit, yang penting untuk kesehatan kulit secara keseluruhan.

Memaksimalkan Persiapkan Kulit Menerima Perawatan Lebih Lanjut, Eksfoliasi adalah langkah yang baik sebelum menerapkan produk perawatan kulit seperti masker, atau penggunaan makeup. Dengan menghilangkan sel-sel kulit mati, eksfoliasi mempersiapkan kulit untuk menerima manfaat maksimal dari produk yang akan diterapkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa eksfoliasi harus dilakukan dengan bijaksana dan sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu. Terlalu sering atau eksfoliasi dan terlalu kasar dalam melakukannya dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada kulit.

Baca Juga : Peringatan! Inilah Bahaya Tersembunyi di Balik Eksfoliasi Kulit Berlebihan

Selalu perhatikan kondisi kulitmu dan ingat bahwa setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda. Jika kamu memiliki masalah kulit serius atau ragu tentang eksfoliasi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan untuk saran yang lebih spesifik dan tepat. Jangan melakukan eksfoliasi hanya untuk mengikuti trend saja karena itu akan membahayakan kulitmu.

Bagaimana Cara Melakukan Eksfoliasi Kulit yang Benar?

cara melakukan eksfoliasi kulit yang benar

Berikut ini adalah panduan umum tentang cara melakukan eksfoliasi kulit.

Ketahui Jenis Kulitmu: Penting untuk mengetahui jenis kulitmu sebelum melakukan eksfoliasi. Kulit kering biasanya membutuhkan eksfoliasi yang lebih lembut, sementara kulit berminyak atau kombinasi dapat mentolerir eksfoliasi yang lebih intens.

Tentukan Metode Eksfoliasi: Ada dua metode eksfoliasi utama yang umum digunakan, yaitu eksfoliasi mekanik dan eksfoliasi kimia. Eksfoliasi mekanik melibatkan penggunaan produk fisik seperti scrub, sikat, atau alat khusus untuk menghilangkan sel-sel kulit mati secara fisik. Eksfoliasi kimia melibatkan penggunaan produk kimia seperti asam alpha-hydroxy (AHA) atau asam beta-hydroxy (BHA) untuk melarutkan sel-sel kulit mati.

Pilih Produk Eksfoliasi yang Tepat: Pilihlah produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulitmu dan tujuanmu. Jangan ikut-ikutan trend atau memilih karena produk tersebut direkomendasikan oleh selebriti favoritmu. Pastikan produk tersebut aman digunakan di wajah atau bagian tubuh yang ingin kamu eksfoliasi.

Bersihkan Wajah Atau Area yang Akan Dieksfoliasi: Cuci wajah atau area yang akan dieksfoliasi dengan lembut menggunakan pembersih yang sesuai. Pastikan kulit bersih dan bebas dari makeup atau kotoran sebelum melakukan eksfoliasi.

Baca Juga : Mengenal Cara Double Cleansing Wajah

Gunakan Produk Eksfoliasi dengan Lembut: Jika menggunakan produk eksfoliasi mekanik, aplikasikan produk tersebut dengan gerakan melingkar lembut. Hindari tekanan atau gosokan berlebihan terutama jika kulitmu sensitif. Jika menggunakan produk eksfoliasi kimia, ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.

Hindari Area Sensitif: Hindari area kulit yang sensitif seperti area di sekitar mata atau luka terbuka saat melakukan eksfoliasi. Fokus pada area-area yang membutuhkan eksfoliasi seperti T-zone, hidung, atau area dengan masalah kulit seperti pori-pori yang tersumbat atau jerawat.

Gunakan Pelembap: Setelah eksfoliasi, penting untuk menghidrasi kulit dengan menggunakan toner dan pelembap yang sesuai. Ini akan membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegahnya mengalami iritasi.

Perhatikan Frekuensi Eksfoliasi yang Tepat: Frekuensi eksfoliasi tergantung pada jenis kulitmu dan produk eksfoliasi yang digunakan. Jika kulitmu sensitif, sebaiknya melakukan eksfoliasi lebih jarang, mungkin hanya satu atau dua kali seminggu. Kulit berminyak mungkin dapat mentolerir eksfoliasi yang lebih sering dilakukan. Tetapi jangan melakukan eksfoliasi setiap hari agar tidak merusak lapisan pelindung kulit (skin barrier).

Dengarkan Kulitmu: Penting untuk memperhatikan reaksi kulitmu setelah melakukan eksfoliasi. Jika kulit terasa teriritasi, kemerahan, muncul rasa gatal atau tidak nyaman. Hentikan eksfoliasi dan kurangi frekuensi atau kekuatan eksfoliasi yang digunakan.

 

 

9 komentar

  1. Aduh, sekarang kulitku lagi ngga memungkinkan eksfoliasi tapi entah kapan bisa hiks

    BalasHapus
  2. Saya kira bakal ada ramuan ekfoliasi sesuai jenis kulit.😆 perlu tahu dulu jenis kulitnya, ya? Mmmm agak susah sepertinya. Karena jarang kepo.🤭

    BalasHapus
  3. Oalah kirain kalo eksfoliasi itu ga perlu menyesuaikan jenis kulit. Baiklah ilmu baru. Terima kasih Kak

    BalasHapus
  4. Aku belum pernah kayaknya eksfoliasi kulit. Bukan apa2.. Nyuci muka aja kadang cm bs sesempatnya hihi. Masih PR emang nih buat merawat kulit.

    BalasHapus
  5. Banyak ya manfaat eksfoilasi kulit ini. Tapi, harus bener² juga ya kak perawatannya, agak ribet tapi harus dibiasakan agar kulit terjaga terus.

    BalasHapus
  6. Aku seringnya eksfo pake skincare yang ada BHA nya. Nice info kak ✨👌

    BalasHapus
  7. Ga pernah tau sebelumnya. Sekarang faham apa itu eksfoliasi kulit. Terimakasih kakak

    BalasHapus
  8. Baru aja, kemaren-kemaren menjadwalkan diri mau eksfoliasi di rumah, tapi belum jadi-jadi. Eh, hari ini disentil sama postingan kak Rahma, wkwk

    BalasHapus
  9. Belum pernah nyobain sih, sangking nggak pernah merawat kulit sejak dulu 😣

    BalasHapus
Total Tayangan Halaman