Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan Kulit

akibat tidak memakai sunscreen

Sinar matahari adalah sumber energi penting bagi kehidupan di Bumi. Namun, terlalu banyak paparan sinar matahari dapat berdampak buruk pada kesehatan kulit. Sinar UV (ultraviolet) yang terdiri dari UVA dan UVB adalah salah satu faktor utama yang dapat merusak kulit kita.

Inilah sebabnya mengapa penggunaan sunscreen atau tabir surya menjadi sebuah keharusan dari rutinitas perawatan kulit kamu. Namun jika kamu khawatir akan menguras kantong terlalu dalam karena harga sunscreen yang mahal. Stop! sekarang karena sunscreen berkualitas harga terjangkau bahkan di bawah Rp. 50.000 sudah banyak beredar di pasaran.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Sunscreen Berkualitas Harga 50 Ribuan

Untuk membantu kamu mengetahuinya lebih lanjut, artikel ini akan membahas manfaat apa saja manfaat sunscreen untuk kulit dan kesehatannya.

Apa Fungsi dan Manfaat Sunscreen?

1. Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Paparan UV

Salah satu manfaat utama sunscreen adalah melindungi kulit kamu dari bahaya sinar UV. Sinar UVA dapat menyebabkan penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus, sementara sinar UVB adalah penyebab utama dari sunburn.

Ketika kamu melindungi kulit Anda dengan sunscreen, kamu dapat menghindari kerusakan akibat sinar UV yang berpotensi merusak kolagen kulit dan mengurangi elastisitasnya. Termasuk membantu menurunkan risiko terkena kanker kulit.

2. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Kanker kulit adalah salah satu penyakit yang paling sering dianggap terkait dengan paparan sinar matahari berlebihan. Paparan berulang-ulang, sering dan dalam waktu lama terhadap sinar UV dapat merusak DNA kulit kamu. 

Ini berpotensi meningkatkan risiko kanker kulit, termasuk melanoma, yang merupakan jenis kanker kulit paling ganas. Dengan menggunakan sunscreen secara teratur, kamu dapat mengurangi risiko ini secara signifikan.

3. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini adalah salah satu masalah kulit yang sering dihadapi oleh banyak orang. Paparan sinar UV adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan penuaan dini. 

Sinar matahari dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit, yang dapat mengakibatkan kulit kendur, keriput, dan memunculkan garis-garis halus sebelum waktunya. Dengan menggunakan sunscreen, kamu dapat menjaga kulit agar tetap muda dan sehat, mengurangi risiko penuaan dini.

4. Mencegah Hiperpigmentasi

Paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi, yang dapat mengakibatkan bercak gelap atau noda pada kulit. Ini dapat terjadi akibat produksi melanin yang berlebihan sebagai respons terhadap sinar UV. 

Dengan menggunakan sunscreen secara teratur, kamu dapat mencegah atau mengurangi risiko hiperpigmentasi. Sehingga kamu bisa menjaga warna kulit agar tampilannya tampak merata dan bersih.

5. Mengurangi Risiko Ruam Matahari

Ruam matahari adalah kondisi kulit yang umum terjadi akibat paparan sinar matahari berlebihan. Ini dapat menyebabkan rasa gatal, kemerahan, dan memunculkan rasa tidak nyaman pada kulit. 

Sunscreen dapat membantu mengurangi risiko ruam matahari ini, menjaga kulit kamu tetap nyaman dan sehat selama beraktivitas di bawah sinar matahari.

6. Memaksimalkan Perawatan Kulit Lainnya

Penggunaan sunscreen juga dapat mendukung perawatan kulit lainnya yang kamu lakukan. Seperti penggunaan pelembap dan produk anti-penuaan. Dengan melindungi kulit dari sinar UV. 

Maka akan memungkinkan produk perawatan kulit yang kamu gunakan bekerja lebih efektif. Ini karena kulit kamu tidak akan terus-menerus terpapar oleh faktor-faktor yang dapat merusaknya.

7. Membantu Mempertahankan Kesehatan Kulit Jangka Panjang

Menggunakan sunscreen bukan hanya tentang melindungi kulit kamu saat ini saja.  Tetapi juga tentang menjaga kesehatan kulit jangka panjang. Kulit yang sehat dan terlindungi dari sinar UV berpotensi tetap cantik dan berseri seiring berjalannya waktu. 

Membantu menghindarkan kamu dari resiko mengalami penuaan dini. Ini adalah investasi jangka panjang tidak hanya untuk kecantikan dan juga kesehatan kamu secara keseluruhan.

Penggunaan sunscreen adalah langkah penting dalam perawatan kulit yang tidak boleh diabaikan.

Cara Pakai Sunscreen yang Benar

Gunakan sunscreen dengan SPF yang sesuai dengan kebutuhan Anda. SPF (Sun Protection Factor) adalah skala yang menunjukkan tingkat perlindungan yang diberikan oleh produk sunscreen terhadap radiasi UVB. 

Tingkat perlindungan yang diberikan oleh produk sunscreen bervariasi sesuai dengan nilai SPF (Sun Protection Factor) yang tercantum pada kemasannya. 

Berikut ini adalah beberapa contoh nilai SPF dan tingkat perlindungan yang diberikan oleh masing-masing nilai tersebut. 

SPF 15 akan memberikan perlindungan sekitar 93% terhadap radiasi UVB. 

SPF 30 akan memberikan perlindungan sekitar 97% terhadap radiasi UVB. 

SPF 50 akan memberikan perlindungan sekitar 98% terhadap radiasi UVB.

Baca Juga : Cara Menerapkan Penggunaan Sunscreen yang Benar

Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen dengan SPF yang tepat setiap hari, terutama saat beraktivitas di luar ruangan, agar kamu dapat menikmati manfaat perlindungan yang optimal untuk kesehatan dan kecantikan kulit yang paripurna.

 

 

 


Posting Komentar

Total Tayangan Halaman