Cara Mencerahkan Ketiak Hitam dan Gelap

 

Tips Mencerahkan Ketiak Hitam dan Gelap

Ketiak gelap seringkali menjadi momok menakutkan bagi sebagian kalangan. Bahkan dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang di beberapa keadaan. Meskipun kondisi ini umumnya tidak berbahaya, tetapi penampilan kulit ketiak yang berwarna gelap memang bisa membuat seseorang merasa kurang nyaman.

Beruntung, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketiak yang menggelap. Lantas bagaimana cara mengatasi ketiak hitam alias gelap?

Yuk simak selengkapnya lewat ulasan berikut.

1. Eksfoliasi secara Rutin

Eksfoliasi merupakan langkah penting dalam perawatan kulit di area ketiak. Guna eksfoliasi tentu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab ketiak menjadi lebih gelap. Kamu bisa menggunakan scrub yang lembut dan mengandung bahan-bahan eksfoliasi alami seperti gula. Lakukan eksfoliasi secara rutin agar kamu dapat membantu mencerahkan warna kulit ketiakmu.

Baca Juga : Apa Saja Manfaat Melakukan Eksfoliasi Kulit?

2. Gunakan Deodoran yang Tepat

Beberapa deodoran bisa jadi mengandung bahan-bahan kimia yang dapat merusak kulit dan menyebabkan warna kulit di area ketiak menggelap. Pilih deodoran yang bebas alkohol dan pewangi berlebih. Deodoran alami atau yang mengandung bahan-bahan seperti lidah buaya dapat menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kulit ketiak tetap sehat.

3. Hindari Mencukur Berlebihan

Cukur ketiak yang berlebihan dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan kulit di area ketiak jadi lebih gelap. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk mengurangi frekuensi mencukur. Sebaiknya  cobalah metode lain seperti waxing atau mengguakan hair removal cream yang lebih lembut pada kulit.

4. Gunakan Skincare dengan Kandungan Pencerah Kulit Alami

Bahan-bahan alami seperti lemon, tomat, atau yogurt mengandung zat pencerah alami yang dapat membantu mengatasi ketiak hitam. Kamu dapat mencoba mengaplikasikan irisan lemon atau irisan tomat pada area ketiak dan membiarkannya selama beberapa menit sebelum dibilas. Yogurt juga dapat digunakan sebagai alternatif masker untuk membantu mencerahkan kulit di area ketiak.

Baca Juga : Deretan Bodycare yang Penting Dimilki Perempuan

5. Perhatikan Pakaian yang Digunakan

Pakaian yang terlalu ketat atau terbuat dari bahan sintetis dapat menyebabkan gesekan yang berlebihan pada kulit ketiak. Ini berpotensi menyebabkan iritasi dan menggelapkan kulit. Pilihlah pakaian yang longgar dan terbuat dari “bahan yang bernapas” seperti katun untuk menghindari masalah ini.

6. Perbanyak Konsumsi Air

Memastikan tubuh tetap terhidrasi adalah kunci untuk kulit yang sehat dan cerah. Minum cukup air setiap hari dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan memberikan efek positif pada penampilan kulit, termasuk kulit di area ketiak.

7. Konsultasikan dengan Dokter Kesehatan Kulit

Jika ketiak hitam kamu tidak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli dermatologi. Mereka dapat memberikan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi kulitmu.

Diharapkan dengan mengikuti langkah-langkah di atas kamu dapat mencapai kulit ketiak yang lebih cerah dan sehat. Ingatlah bahwa hasil perawatan kulit tidak selalu instan, tetapi dengan konsistensi dan kesabaran, dijamin kamu dapat mencapainya.

 

 

 

 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman