Penyebab Bulu Mata Rontok dan Cara Mengatasinya

 

Kebiasaan yang bisa bikin bulu mata rontok

Bulu mata yang panjang, tebal, dan lentik adalah hal yang banyak diidamkan para wanita. Namun, terkadang bulu mata dapat mengalami masalah seperti rontok, yang dapat memengaruhi penampilan wajah.

Rontoknya bulu mata ini  bisa disebabkan oleh berbagai faktor, dan beberapa kebiasaan sehari-hari yang mungkin kita lakukan tanpa disadari.

Lantas apa saja kebiasaan tersebut?

Lewat artikel ini mari kita eksplorasi 7 kebiasaan yang perlu dihindari agar bulu mata gak rontok namun tetap sehat dan indah.

Berikut 7 Kebiasaan Sepele yang Bisa Bikin Bulu Mata Rontok

1. Menggunakan Make-up secara Berlebihan

Make-up adalah teman setia banyak wanita untuk mempercantik penampilan mereka. Namun, penggunaan make-up secara berlebihan, terutama maskara dan eyeliner, dapat merusak bulu mata. Bersihkan make-up dengan lembut setiap malam untuk mencegah penumpukan dan mengurangi risiko rontoknya bulu mata.

Baca Juga : Apa Dampaknya Jika Kamu Malas Menghapus Make Up?

2. Menggunakan Bulu Mata Palsu Terlalu Sering

Bulu mata palsu adalah cara instan untuk mendapatkan tampilan mata yang dramatis. Namun, penggunaan bulu mata palsu terlalu sering dapat merusak akar bulu mata asli. Sebaiknya jangan gunakan terlalu sering agar kamu bisa memberikan mata kamu waktu untuk beristirahat dan membiarkan bulu mata alami kesempatan bernapas.

3. Tidak Membersihkan Wajah dengan Menyeluruh

Membersihkan wajah dengan benar adalah langkah penting untuk menjaga kebersihan bulu mata. Kotoran, debu, dan sisa-sisa make-up dapat menyumbat folikel bulu mata, menyebabkan rontok. Gunakan pembersih yang lembut dan hindari menggosok mata dengan kasar.

Baca Juga : Mengenal Cara Double Cleansing Wajah

4. Penggunaan Make-up yang Kadaluarsa

Make-up yang kadaluarsa dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang dapat merusak bulu mata. Periksa tanggal kedaluwarsa produk make-up kamu dan gantilah secara teratur untuk mencegah risiko infeksi dan rontoknya bulu mata.

5. Menggunakan Curler Bulu Mata yang Kotor

Curler bulu mata yang kotor dapat menjadi sarang bakteri dan dapat merusak struktur bulu mata. Pastikan untuk membersihkan curler bulu mata secara teratur dengan alkohol untuk mencegah risiko infeksi dan menjaga kebersihan area mata secara keseluruhan.

6. Tidak Memberikan Nutrisi yang Cukup

Kesehatan bulu mata juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang cukup dari dalam tubuh. Pastikan kamu rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan protein. Nutrisi yang mencukupi akan membantu memperkuat bulu mata dari dalam.

Baca Juga : Rekomendasi Makanan Tinggi Kandungan Antioksidan

7. Mengabaikan Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan

Kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan juga berdampak pada kesehatan bulu mata. Faktor-faktor seperti stres, kurang tidur, dan ketidakseimbangan hormon dapat mempengaruhi pertumbuhan bulu mata. Pastikan untuk menjaga gaya hidup sehat dan mencari cara untuk mengelola stres.

Rontoknya bulu mata mungkin disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang terkadang kita anggap remeh. Diharapkan dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang sudah disebutkan diatas dan memberikan perawatan yang baik, kamu dapat mempertahankan keindahan bulu matamu.

Ingatlah bahwa perubahan kecil dalam rutinitas kecantikan dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan dan penampilan bulu mata kamu.

Jadi, mari jaga kebiasaan-kebiasaan yang positif untuk bulu mata yang cantik dan sehat.

 

 

 

 

 

4 komentar

  1. Alhamdulillah bulu mataku jarang rontok krn emang jarang pake make up di wilayah mata. Palingan rontok krn digosok2 hihi

    BalasHapus
  2. Waah aku baru tau ada kerontokan pada bulu mata juga lho soalnya ngga pernah huhu. Emang bener sih yaa, makeup yang udah expired tuh bahayaaaa banget, tapi kadang masa bodo aja gitu

    BalasHapus
  3. Jadi emang berlebihan dalam segala macam hal itu efeknya gak baik ya kak...

    BalasHapus
  4. Saya termasuk yang alhamdulillah tidak mengalami bulu mata rontok dan mudah-mudahan tetap bisa menjaga agar bulu mata tetap sehat dan tidak terabaikan perawatan dan kesehatanya, ya

    BalasHapus
Total Tayangan Halaman