5 Cara Mencegah Jerawat Biar Gak Muncul Lagi

 

Penyebab Munculnya jerawat

Meski kebanyakan tak membahayakan kesehatan, jerawat seringkali menjadi masalah kulit yang mengganggu. Bahkan bagi beberapa orang dapat memengaruhi rasa percaya diri. 

Namun, dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, kamu dapat membantu menjaga kulit tetap bersih sehingga jerawat tak muncul lagi.

Lantas bagaimana caranya?

Lewat artikel ini, kita akan membahas lima cara untuk membantu mencegah jerawat muncul kembali. Sekaligus menjaga kesehatan wajah.

Lima Cara Mencegah Jerawat Biar Gak Muncul Lagi

1. Rutin Membersihkan Wajah

Langkah pertama yang krusial dalam mencegah munculnya jerawat adalah menjaga kebersihan kulit wajah. Membersihkan wajah secara teratur membantu menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan hindari membersihkan wajah dengan mengusapnya terlalu keras.

2. Penggunaan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Hindari produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan agresif atau pemicu hadirnya berminyak berlebih. Pilih produk yang mengandung bahan seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide karena telah terbukti efektif dalam mengontrol produksi minyak dan mengurangi jerawat.

BACA JUGA : TIPS MENGATASI JERAWAT MERADANG DI PIPI

Selain itu, penting juga untuk menggunakan pelembap yang sesuai untuk menjaga keseimbangan minyak kulit. Beberapa orang dengan kulit berminyak seringkali menghindari pelembap, tetapi pelembap yang tepat dapat membantu mencegah kulit menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengkompensasi kekurangan kelembapan.

3. Hindari Menyentuh Wajah Secara Berlebihan

Sentuhan yang terlalu sering pada wajah berpotensi besar memindahkan kotoran dan bakteri dari tangan ke wajah. Tentu ini akan meningkatkan risiko munculnya jerawat. Hindari kebiasaan ini dan pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum menyentuh wajah.

4. Rutin Eksfoliasi dengan Tepat

Eksfoliasi akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Gunakan scrub wajah atau produk eksfoliasi yang mengandung asam alpha hydroxy (AHA) atau beta hydroxy acid (BHA) seminggu sekali untuk hasil yang optimal.

BACA JUGA : APA SAJA MANFAAT MELAKUKAN EKSFOLIASI KULIT?

5. Tetap Terhidrasi dan Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Minum cukup air setiap hari adalah kunci untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Air membantu membersihkan racun dalam tubuh dan meningkatkan elastisitas kulit, yang pada akhirnya akan membantu mencegah munculnya jerawat.

BACA JUGA : MAKANAN YANG DAPAT MEMPERCEPAT PENUAAN DINI

Selain itu, disadari atau tidak, polusi udara dan konsumsi makanan yang tidak sehat (tinggi gula dan cepat) juga dapat memicu peradangan dalam tubuh, yang dapat berdampak negatif pada kondisi kulit. Konsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, serta hindari makanan berlemak dan berminyak.

Jika jerawat tetap menjadi masalah meskipun langkah-langkah pencegahan sudah dilakukan. Sebaiknya berkonsultasilah dengan dermatologi guna mendapatkan saran dan perawatan yang sesuai dan tepat.

Ingat pula bahwa konsistensi adalah kunci, jadi buatlah cara-cara diatas menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit harian kamu jika memang ingin mendapatkan hasil yang optimal.

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman