7 Bumbu Dapur yang Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit Wajah

05 Maret

bumbu dapur untuk kecantikan kulit wajah

Kecantikan kulit tidak selalu harus dicapai melalui produk kecantikan yang mahal. Terkadang, jawaban untuk kulit wajah yang sehat dapat ditemukan di dalam dapur kamu sendiri. 

BACA JUGA : MANFAAT MENGGUNAKAN LIP BALM

Bumbu dapur bukan hanya untuk memberi rasa pada masakan, tetapi juga memiliki manfaat luar biasa untuk perawatan kulit. Lantas apa saja bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan kulit?

Lewat artikel ini, kamu bisa menyimaknya. Semoga bermanfaat.

7 Bumbu Dapur yang Bermanfaat untuk Kecantikan

1. Kunyit (Turmeric)

bumbu dapur untuk kecantikan wajah

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit. Menggunakan masker wajah yang mengandung kunyit secara teratur dapat membantu mengurangi kemerahan dan mencegah jerawat muncul pada kulit wajah.

2. Jahe (Ginger)

bumbu dapur untuk kecantikan wajah

Jahe mengandung antioksidan yang kuat, yang dapat membantu melawan penuaan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah. Masker jahe dapat membantu menyegarkan kulit dan memberikan tampilan yang lebih muda. Campurkan jahe parut dengan madu dan sedikit air mawar untuk membuat masker wajah yang memberikan kilau alami.

3. Kayu Manis (Cinnamon)

Bumbu Dapur untuk Kecantikan Wajah

Kayu manis memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi peradangan kulit. Kamu dapat mencampurkan bubuk kayu manis dengan madu untuk membuat scrub wajah yang lembut. Diyakini bagus untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengurangi risiko terjadinya jerawat.

4. Lada Hitam (Black Pepper)

manfaat lada hitam untuk kesehatan

Lada hitam mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mempercepat proses penyembuhan. Anda dapat mencampurkan lada hitam dengan minyak zaitun atau minyak almond untuk membuat scrub wajah yang membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo.

5. Bawang Putih (Garlic)

manfaat bawang putih untuk kesehatan

Bawang putih mengandung sifat antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Mengoleskan bawang putih cincang ke area jerawat dapat membantu meredakan jerawat. Meski beberapa orang tak sanggup melakukannya karena rasa perih yang timbul.

6. Bubuk Kopi

manfaat bubuk kopi untuk kesehatan

Bubuk kopi mengandung kafein yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan pada kulit. Gunakan bubuk kopi sebagai bahan dasar untuk membuat scrub tubuh yang dapat membantu mengurangi selulit dan memberikan kulit yang lebih halus dan kenyal.

7. Kemiri (Candlenut)

manfaat kemiri untuk kesehatan

Kemiri memang telah lama digunakan dalam perawatan kecantikan di beberapa budaya. Ini karena manfaat kemiri yang memang tak main-main. Mulai dari melembapkan dan mencerahkan kulit hingga menguatkan rambut.

BACA JUGA : RAHASIA MENEBALKAN ALIS SECARA ALAMI!

Kemiri mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu melembapkan kulit. Minyak kemiri sering digunakan dalam produk-produk perawatan kulit untuk memberikan kelembapan. Sementara kandungan vitamin E dalam kemiri dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. 

Penggunaan minyak kemiri secara teratur dapat memberikan kilau alami pada kulit. Selain itu minyak kemiri juga dapat diterapkan pada rambut untuk memberikan kelembapan, mencegah ketombe, dan menguatkan akar rambut.

BACA JUGA : KEBIASAAN YANG BISA BIKIN GEMUK

Demikianlah 7 bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Bumbu dapur bukan hanya untuk menambah cita rasa pada masakan, tetapi juga dapat menjadi kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik secara alami.

Namun kamu diharapkan untuk bijak mengintegrasikan bumbu-bumbu diatas ke dalam rutinitas perawatan kulit guna menghindari reaksi alergi maupun potensi iritasi pada kulit.

 

You Might Also Like

0 comments