Mengenal Jenis-jenis Vitamin C yang Sering Digunakan dalam Skincare

 

jenis vitamin c yang sering digunakan dalam perawatan kulit

Vitamin C merupakan salah satu bahan aktif yang populer dalam industri perawatan kulit. Ini karena Vitamin C memiliki banyak dan segudang manfaat yang istimewa. Mulai dari membantu mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, meningkatkan produksi kolagen hingga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Ragam Vitamin C yang Sering Digunakan dalam Skincare

1.  Ascorbic Acid (8%—20%)

Ascorbic acid adalah bentuk paling murni dari vitamin C. Bentuk ini sangat efektif dalam membantu memperbaiki kerusakan kulit, seperti kulit kusam dan bintik-bintik gelap. Ascorbic Acid juga dikenal sebagai L-Ascorbic Acid (LAA) memiliki potensi yang luar biasa.

BACA JUGA : 8 CARA MENCEGAH KULIT KERING SAAT PUASA

Namun sayangnya, kehebatannya ini membawa kemungkinan tinggi untuk iritasi dan ketidakstabilan. Inilah mengapa LAA tidak dianjurkan digunakan jika kamu masih pemula dalam mengaplikasikan Vitamin C sebagai bagian dari rutinitas perawatan kecantikanmu.

Namun jangan khawatir, karena dalam dunia perawatan kulit, LAA tetap menjadi bahan yang sangat efektif dan cocok digunakan untuk kamu yang sudah terbiasa menggunakan Vitamin C dalam rutinitas skincare harian.

2. Sodium Ascorbyl Phosphate (0.0%—3%)

SAP adalah bentuk vitamin C yang lebih stabil dan lebih mudah diserap oleh kulit. Bentuk ini cocok untuk kulit yang sensitif atau cenderung iritasi oleh bentuk vitamin C yang lebih kuat. Sodium Ascorbyl Phosphate, sejenis vitamin C yang menakjubkan.

Menawarkan stabilitas yang luar biasa serta potensi iritasi yang minim dibandingkan varian vitamin C lainnya. Tidak heran jika kandungan ini dapat digunakan untuk segala jenis kulit. Termasuk kamu yang masih pemula, bisa mulai mencobanya dari sini.

BACA JUGA : CARA STYLING KEMEJA PUTIH WANITA! ANTI BOSAN

Istimewanya, Sodium Ascorbyl Phosphate dianggap aman untuk dikombinasikan dengan antioksidan lain seperti vitamin E atau produk anti-jerawat yang mengandung benzoyl peroxide.

3. Magnesium Ascorbyl Phosphate (0.01%—3 %)

MAP adalah bentuk vitamin C yang lebih stabil dan cocok untuk kulit yang sensitif atau cenderung iritasi. Bentuk ini dianggap bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Tidak hanya Sodium Ascorbyl Phosphate, Magnesium Ascorbyl Phosphate juga mengunggulkan stabilitas dan sebagai vitamin C berbasis air, kandungannya kaya akan zat anti-peradangan. 

Termasuk memiliki kemampuan hidrasi yang unggul dibandingkan dengan varian lainnya. Dengan demikian, Vitamin C bentuk MAP ini mampu membantu menenangkan kulit yang mengalami kemerahan.

4. Ascorbyl Palmitate (0.01%—1%)

Ascorbyl palmitate adalah bentuk vitamin C yang lebih stabil dan larut dalam minyak dan dalam lemak (fat-soluble). Bentuk ini cocok untuk kulit kering karena bisa membantu melembabkan kulit yang rusak.

BACA JUGA : MANFAAT MENGGUNAKAN LIP BALM

Ascorbyl palmitate juga kerap menjadi favorit dalam produk-produk perawatan kulit berbentuk krim dan bekerja harmonis dengan vitamin E. Meskipun demikian, dikatakan bahwa kandungan ini sedikit lebih menantang untuk meresap dan tidak seefektif dengan turunan vitamin C lainnya.

5. Tetrahexyldecyl Ascorbate (5% - 7%)

THD ascorbate adalah bentuk vitamin C yang stabil dan memiliki kemampuan penetrasi yang baik. Bentuk ini sangat efektif dalam membantu mencerahkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Bahan ini juga efektif ketika dikombinasikan dengan Vitamin E, menciptakan formula super-antioksidan yang mampu mengurangi pigmentasi yang tidak merata.

BACA JUGA : CARA MENGGUNAKAN TONER

Berbeda dengan L-Ascorbic Acid murni yang dapat mengiritasi kulit dalam konsentrasi tinggi, Tetrahexyldecyl Ascorbate dapat digunakan dalam konsentrasi hingga 10% tanpa menyebabkan iritasi pada kulit.

Sebagian besar merek kosmetik menggunakan konsentrasi vitamin c varian ini di batas sekitar 5-7% dalam produk mereka.

Vitamin C sering digunakan dalam skincare

Perlu diingat bahwa sensitivitas kulit setiap individu berbeda, dan tingkat keasaman formula Vitamin C juga bervariasi. Mulailah dengan konsentrasi rendah untuk melihat bagaimana kulit kamu bereaksi sebelum secara bertahap meningkatkan persentasenya.

Selain itu, setiap bentuk vitamin C memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing. Penting untuk memilih jenis vitamin C yang sesuai dengan kondisi kulit dan tujuan perawatan kulit yang ingin kamu capai.

BACA JUGA : CARA REAPPLY SUNSCREEN YANG TEPAT

Pastikan pula kamu mengikuti semua petunjuk penggunaan yang diberikan oleh produsen. Lakukan tes pada area kecil kulit (punggung tangan) sebelum mengaplikasikan secara keseluruhan ke wajah.

Jika kamu memiliki masalah kulit khusus atau sensitivitas tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C.

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman