8 Cara Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

03 Maret

Cara Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

Puasa adalah waktu yang penuh berkah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Namun, selama bulan puasa, beberapa orang sering mengalami kulit kering karena perubahan pola makan maupun waktu tidur.

8 Cara Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

Lantas bagaimana cara mencegah kulit kering saat puasa? Lewat artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tips efektif untuk mengatasi kulit kering saat puasa, sehingga kamu tetap dapat menjaga kelembaban kulit selama bulan yang penuh berkah ini. Yuk disimak, semoga bermanfaat.

BACA JUGA : KULIT TANGAN KERING? YUK ATASI DENGAN LIMA CARA INI

1. Pastikan Asupan Air Tercukupi

Saat berpuasa, tubuh cenderung kekurangan cairan karena kurangnya asupan air selama periode berpuasa. Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat memperburuk kondisi kulit kering. Oleh karena itu, pastikan untuk minum air secukupnya saat berbuka dan sahur, serta hindari minuman yang mengandung kafein atau gula berlebihan yang dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran Segar

Buah-buahan dan sayuran segar mengandung banyak air dan nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Selama berbuka dan sahur, pastikan untuk menyertakan buah-buahan dan sayuran dalam menu makanan. 

Buah-buahan seperti semangka, melon, dan mentimun memiliki kandungan air yang tinggi dan dapat membantu menjaga hidrasi kulit. Sedangkan beberapa contoh sayuran dengan kandungan air tinggi meliputi timun, selada hingga lobak.

BACA JUGA : MAKANAN YANG BAGUS UNTUK SKIN BARRIER

3. Gunakan Pelembap yang Tepat

Pilihlah pelembap yang cocok untuk jenis kulit kamu. Jika memiliki kulit kering, pilihlah pelembap yang kaya akan bahan-bahan seperti gliserin, asam hialuronat, atau ceramides. Bahan-bahan ini dikenal ampuh merawat kelembaban di dalam kulit. 

Oleskan pelembap secara teratur, terutama setelah membersihkan wajah dan tubuh, untuk terjaganya kelembaban kulit setiap harinya. Selain itu, kulit kering juga cenderung lebih sensitif. Maka dari itu penting juga untuk memilih pelembab yang berlabel hipoalergenik dan bebas dari bahan kimia berbahaya yang dapat mengiritasi kulit kering.

4. Hindari Mandi Air Panas

Mandi air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit dan menyebabkan kekeringan. Selama bulan puasa, hindari mandi dengan air panas dan pilihlah air dengan suhu ruang. Gunakan pula sabun atau shower gel yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit.

BACA JUGA : REVIEW WHITELAB CERA-MUG BARRIER 

5. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi, terutama selama bulan puasa ketika kulit cenderung lebih sensitif. Hindari paparan sinar matahari secara langsung, terutama pada saat-saat yang paling terik, dan gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

6. Jaga Keseimbangan Nutrisi

Nutrisi yang seimbang sangat penting untuk kesehatan kulit. Pastikan untuk menyertakan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 (seperti ikan salmon, kacang kenari, dan biji chia), vitamin A (ditemukan dalam wortel, ubi jalar, dan bayam). 

Sementara vitamin E dapat ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak sayuran. Pastikan makanan-makanan diatas tersedia dalam menu makanan kamu secara teratur. Guna menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi sebagai cara mencegah kulit kering saat puasa.

BACA JUGA : MITOS SEPUTAR PERAWATAN KULIT 

7. Hindari Produk yang Mengandung Alkohol

Beberapa produk perawatan kulit mengandung alkohol dan parfum yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan kekeringan. Saat memilih produk perawatan kulit, pastikan untuk membaca label dengan cermat dan hindari produk yang mengandung bahan-bahan ini. Pilihlah produk yang lembut dan bebas dari bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit.

8. Konsumsi Suplemen Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Beberapa suplemen juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Suplemen seperti vitamin E, vitamin C, dan asam lemak omega-3 dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan menjaga kelembaban kulit. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen untuk memastikan bahwa mereka aman dan sesuai kebutuhan. 

BACA JUGA : BAHAN AKTIF AMPUH CERAHKAN KULIT KUSAM

Diharapkan dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat mengatasi kulit kering dan menjaga kelembaban kulit selama bulan puasa. Ingatlah untuk tetap terhidrasi, menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. 

Termasuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam menu sahur dan berbuka. Dengan perawatan yang tepat, kamu dapat tetap memiliki kulit yang sehat dan terawat selama bulan yang penuh berkah ini. Selamat berpuasa!

 

 

You Might Also Like

0 comments