Cara Reapply Sunscreen yang Tepat

16 Februari

 

Tips Reapply Sunscreen yang Tepat

Paparan sinar matahari dapat memberikan manfaat bagi tubuh, seperti sintesis vitamin D. Tetapi terlalu banyak paparan sinar UV dapat merusak kulit. Oleh karena itu, penggunaan tabir surya atau sunscreen menjadi penting digunakan guna menjaga kesehatan kulit.

Namun, menggunakan sunscreen saja tidak cukup. Re-aplikasi sunscreen juga perlu dilakukan. Sayangnya cara reapply sunscreen juga memiliki peran krusial dalam menjaga perlindungan kulit. Sebab jika cara reapply sunscreen dilakukan secara sembarangan, percuma saja.

Lantas bagaimana cara reapply sunscreen yang benar?

Simak selengkapnya lewat ulasan di bawah.

Cara Reapply Sunscreen yang Benar

Tips Melakukan Reapply Sunscreen yang Benar

1. Pilih Sunscreen dengan Tepat

Sebelum membahas cara reapply sunscreen, penting untuk memilih sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing. Pilihlah sunscreen dengan SPF yang cukup dan mengandung broad-spectrum untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Selain itu, perhatikan juga bahan-bahan tambahan seperti antioksidan dan bahan pelembap. Sehingga sekaligus dapat memberikan perlindungan ekstra pada kulit.

2. Sesuaikan Waktu Reapply dengan Keseharian

Mengingat efektivitas sunscreen dapat berkurang seiring waktu, sangat penting untuk menentukan kapan kamu perlu melakukan reapply. Secara umum, reapply sunscreen dianjurkan dilakukan setiap dua jam sekali. Atau lebih sering jika kamu berada di dalam air atau berkeringat. Ini akan membantu memastikan bahwa kulit kamu tetap terlindungi sepanjang hari.

3. Cuci Tangan Sebelum Reapply Sunscreen

Kalau selama ini kamu ragu untuk mengulang penggunaan sunscreen karena belum mencuci muka, mulai sekarang tidak perlu khawatir lagi. Reapply sunscreen meski belum mencuci muka itu diperbolehkan. Meski begitu, kamu harus mencuci tangan terlebih dahulu untuk menghindari risiko perpindahan kuman di tangan ke wajah. Ingat, sebaiknya cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, jangan cuma membasahi tangan saja.

4. Jangan Reapply Sunscreen pada Kulit yang Basah

Cara reapply sunscreen yang tepat selanjutnya adalah dengan mengaplikasikannya di wajah yang kering dan sudah bersih. Pastikan agar kamu ingat untuk mengeringkan dahulu, jika kondisi kulitmu sedang basah, baik karena berkeringat atau berenang. Termasuk basah karena usai mencuci wajah. Keringkan kulit dengan tisu atau handuk bersih berbahan lembut. 

BACA JUGA : CARA MENERAPKAN PENGGUNAAN SUNSCREEN YANG BENAR

Ini penting dilakukan karena reapply sunscreen saat kulit masih basah dapat mengurangi efektivitasnya. Sekaligus menghindari kondisi dimana tekstur sunscreen menggumpal alias tidak tersebar merata di kulit.

5. Cara Reapply di Atas Make Up

Bagi kamu yang kesehariannya dituntut untuk menggunakan make up, cara reapply sunscreen mungkin tampak sulit. Namun, ada beberapa langkah yang bisa kamu terapkan tanpa merusak make up. 

BACA JUGA : REVIEW SUNSCREEN WARDAH SPF 30 PA+++

Gunakan sunscreen dalam bentuk semprot atau spray, lalu tepuk-tepuk secara lembut untuk menghindari kerusakan pada make up yang kamu kenakan. Jika memungkinkan kamu bisa menggunakan kuas untuk membantu meratakan sunscreen tanpa menggeser atau menghapus makeup.

6. Jangan Lupa pada Bagian Terabaikan

Seringkali, beberapa bagian tubuh terabaikan saat melakukan reapply sunscreen. Pastikan untuk fokus pada bagian yang sering terlupakan seperti leher, telinga dan punggung tangan. Kulit di area tersebut juga rentan terhadap paparan sinar UV dan memerlukan perlindungan ekstra.

7. Sesuaikan dengan Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan yang kamu lakukan dapat memengaruhi frekuensi maupun cara reapply sunscreen. Jika kamu berenang atau berkeringat secara intensif, sebaiknya reapply sunscreen lebih sering, bahkan mungkin setiap satu jam. Selain itu, pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen sebelum keluar rumah untuk berkegiatan di luar ruangan.

8. Gunakan Sunscreen dengan Teknologi Water-Resistant

Ada baiknya juga jika kamu sering beraktivitas di air atau berkeringat, memakai sunscreen dengan teknologi water-resistant adalah pilihan yang bijak. Sunscreen jenis ini cenderung lebih tahan lama dalam kondisi yang memerlukan reapply lebih sering.

9. Reapply Bahkan Saat Cuaca Mendung

Meskipun cuaca mendung, sinar UV tetap dapat menembus awan dan mencapai kulit. Oleh karena itu, tetap lakukan reapply sunscreen meskipun cuaca sedang mendung untuk memastikan perlindungan optimal.

BACA JUGA : 5 REKOMENDASI CLAY MASK BERKUALITAS HARGA DI BAWAH 50 RIBU

Demikianlah 9 cara reapply sunscreen yang bisa kamu integrasikan dalam rutinitas perawatan kulit setiap harinya. Diharapkan dengan menerapkan 9 cara reapply sunscreen diatas kamu bisa meraih kulit wajah yang sehat dan terawat.

Ingat selalu jika cara reapply sunscreen yang tepat adalah kunci untuk menjaga kulit tetap sehat. Serta terlindungi dari kerusakan akibat paparan sinar matahari langsung. 

Dengan memilih sunscreen yang sesuai, menentukan waktu reapply yang tepat, menerapkan cara reapply sunscreen yang tepat dan memperhatikan detail-detail penting lainnya. Diharapkan kamu dapat menjaga kulit agar tetap sehat dan cantik.

Apakah Jika Ingin Reapply Sunscreen Harus Cuci Muka Dulu?

Cara Reapply Sunscreen

Disarankan untuk mencuci muka sebelum mengaplikasikan ulang sunscreen. Mencuci muka sebelumnya akan membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan debu yang mungkin menempel di kulit. Ini membantu agar sunscreen dapat menempel lebih baik pada kulit, sehingga perlindungan yang diberikan semakin maksimal.

BACA JUGA : CARA MENGATASI ALERGI SUNSCREEN

Jika kamu tidak memiliki akses ke air dan pembersih wajah, penggunaan tisu pembersih wajah dapat menjadi alternatif terbaik. Namun jika kondisi kamu tidak memungkinkan untuk membersihkan wajah, cara reapply sunscreen meski belum mencuci muka itu diperbolehkan.

Lebih baik mengulang penggunaan sunscreen dari pada tidak sama sekali. Tetaplah memprioritaskan perlindungan dari sinar matahari untuk menjaga kesehatan kulit.

Jadi sudah gak ada alasan lagi untuk malas reapply sunscreen. Jika kamu malas, ingat bagaimana risiko yang akan kulit kamu tanggung, gak main-main lho! Yuk jangan malas reapply sunscreen dan jangan lupa juga untuk menerapkan cara reapply sunscreen dengan tepat, biar hasilnya maksimal.

You Might Also Like

0 comments