Tips Melindungi Kulit dari Matahari


Paparan sinar matahari memang bagus dan bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh seperti dalam hal membantu memaksimalkan proses produksi vitamin D.

Namun, jika paparan matahari itu berlebihan atau tanpa perlindungan yang cukup, malah berbahaya dan dapat merusak kulit. Bahkan meningkatkan risiko terkena kanker kulit serta penuaan dini.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan.

Lewat artikel ini, akan diulas tips melindungi kulit dari sinar matahari berbahaya sehingga kesehatan kulit senantiasa terjaga.

Mengapa Melindungi Kulit dari Sinar Matahari Penting?

Sebelum kita membahas tips untuk melindungi kulit dari sinar matahari, mari kita bahas mengapa hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Pertama, sinar matahari mengandung dua jenis sinar ultraviolet (UV) utama, yaitu UV-A dan UV-B. Paparan berlebihan terhadap kedua jenis sinar ini dapat berdampak buruk pada kulit. Jika ditanya apa saja dampak buruknya, berikut sekilas penjelasannya.

Kanker Kulit = Paparan sinar UV-B dapat merusak DNA kulit dan meningkatkan risiko terkena kanker kulit, termasuk melanoma yang mematikan.

Penuaan Dini = Sinar UV-A merusak serat kolagen dan elastin kulit, yang menyebabkan kulit kehilangan kekencangannya dan timbul kerutan, bintik-bintik, serta garis-garis halus.

Sunburn = Sinar UV-B adalah penyebab utama sunburn atau luka bakar matahari. Sunburn dapat menyebabkan kulit kemerahan, iritasi, dan rasa sakit.

Hiperpigmentasi = Paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi, yaitu peningkatan produksi melanin yang menghasilkan itnik-bintik gelap pada kulit.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Sunscreen Berkualitas Harga 50 Ribuan

Tips Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Nah, sudah tau kan bahayanya jika abai melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan yang membahayakan? Untuk itu, sudah tidak ada lagi alasan untuk tak melakukan perlindungan maksimal untuk kulitmu.

Untuk memudahkanmu, yuk disimak beberapa tips penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari berikut.

Semoga bermanfaat.

1. Kenali Jenis Kulitmu

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, seperti kulit normal, kering, berminyak, atau sensitif. Kenali jenis kulit kamu dan pilih produk tabir surya yang sesuai. Produk tabir surya yang dirancang khusus untuk jenis kulit akan memberikan perlindungan maksimal tanpa menyebabkan iritasi atau masalah kulit lainnya.

2. Gunakan Sunscreen Secara Rutin

Penting untuk mengaplikasikan tabir surya secara rutin, terutama pada area yang paling rentan terkena sinar matahari, seperti wajah, leher, lengan, dan kaki. Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya setidaknya 15-30 menit sebelum terpapar sinar matahari. Selain itu, perlu untuk mengulang penggunaan tabir surya setiap dua jam jika kamu menghabiskan banyak waktu berada di luar ruangan, terutama saat berkeringat atau setelah berenang.

Baca Juga : Cara Menerapkan Penggunaan Sunscreen yang Benar

3. Gunakan Pakaian Pelindung

Selain tabir surya, pakaian juga dapat berfungsi sebagai perlindungan tambahan dari sinar matahari. Pilih pakaian yang longgar dan berbahan dasar katun atau linen untuk menjaga kesejukan tubuh dan namun tetap maksimal melindungi kulitmu. Topi dengan lebar tepi juga membantu melindungi wajah, leher, dan telinga dari sinar matahari.

4. Hindari Berada di Luar Ruangan Saat Matahari Berada di Puncaknya

Paparan sinar matahari paling kuat terjadi pada pukul 10:00 hingga 14:00. Jika memungkinkan, hindari berada di luar ruangan selama periode waktu ini. Jika kamu harus keluar, upayakan untuk tetap berada di tempat teduh atau bawah paying atau dengan perlindungan tambahan lainnya.

5. Jangan Lupakan Perlindungan Mata

Sinar matahari juga dapat merusak mata Anda. Selain memakai kacamata hitam dengan perlindungan UV, kamu juga bisa memakai kacamata yang bisa memaksimalkan perlindungan bahkan hingga ke sisi mata.

Baca Juga : Tips Menghilangkan Kantung Mata yang Terbukti Ampuh dan Praktis

6. Aware Terhadap Tanda-Tanda Bahaya di Tubuh

Penting untuk selalu memerhatikan tanda-tanda bahaya terkait dengan paparan sinar matahari. Jika kamu melihat perubahan warna, ukuran, atau bentuk tahi lalat, bintik, atau noda pada kulitmu. Jangan tunggu, lakukan segera konsultasi dengan dokter kulit atau professional terkait. Penyakit kulit akan lebih mudah diobati jika terdeteksi lebih awal.

7. Jaga Hidrasi Kulit

Kulit yang sehat dan terhidrasi memiliki kekebalan yang lebih baik terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Pastikan kamu minum air yang cukup dan menggunakan pelembap kulit secara teratur guna menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik.

8. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Makanan yang kaya antioksidan, seperti buah dan sayuran, dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, suplemen seperti vitamin C dan vitamin E juga dapat memberikan perlindungan tambahan.

Diharapkan dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan yang berbahaya. Ingatlah bahwa melindungi kulit dari sinar matahari bukan hanya tentang kecantikan, tetapi juga tentang kesehatan kamu secara keseluruhan.

Sinar matahari memang penting dalam kehidupan kita, tetapi jika berlebihan malah akan berbahaya. Perlindungan yang tepat adalah kunci untuk tetap sehat dan cantik.

3 komentar

  1. Nah, bagian menggunakan sunscreen secara rutin ini masih PR banget buat saya yang masih banyak lupanya, Mba. Selesai mandi sat set aja gitu. Setelah beberapa waktu baru inget beberapa step perlindungan kulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk ah mbaa dirutinin.. manfaatnya segudang soalnya.. sayang banget kalau diabaikan..

      Hapus
  2. Jam 12 lagi panas-panasnya sebisa mungkin nggak keluar rumah, wkwk. Enakan di dalam, tapi kalau mengharuskan keluar rumah penting banget ya pakai sunscreen. Tapi kadang suka males kalau pake sunscreen tuh. Harus dibiasakan ya untuk menjaga kulit tetap terlindungi dari panas cuaca yang ekstrem banget.

    BalasHapus
Total Tayangan Halaman