Efek Samping Salah Pakai Serum Wajah

bahaya salah pakai serum wajah

Serum wajah telah menjadi bagian integral dari rutinitas perawatan kulit banyak orang. Namun seringkali, efek dari penggunaan serum tidak sesuai harapan karena berbagai faktor. Mulai dari cara pemakaian yang salah hingga kandungan serum yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

Penting untuk memahami betapa pentingnya menggunakan serum dengan benar agar kamu dapat meraih manfaat maksimal dan menghindari efek samping yang mungkin timbul. Sebab efek salah pakai serum wajah gak main-main lho!

Jika kamu tidak menggunakan sesuai aturan, dan jenis kulit, serum bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Apa saja efek samping salah pakai serum? Yuk simak! Lengkap dengan bagaimana cara menghindarinya.

1. Iritasi Kulit yang Berlebihan

Salah satu efek yang sering terjadi akibat penggunaan serum secara berlebihan adalah iritasi kulit wajah yang parah. Ini karena beberapa serum mengandung bahan aktif yang cukup kuat untuk menyebabkan reaksi kulit. 

Apalagi jika digunakan terlalu sering atau dalam jumlah yang berlebihan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan serum sesuai aturan dan mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan serum.

2. Muncul Jerawat dan Permasalahan Kulit Lainnya

Pemilihan serum wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat memicu timbulnya jerawat maupun  permasalahan kulit lainnya. Sebelum membeli serum, sebaiknya kamu sudah paham betul apa jenis kulitmu sehingga bisa memilih serum yang cocok. 

Serum untuk kulit kering memiliki formulasi yang berbeda dengan serum untuk kulit berminyak. Begitupun untuk kulit kombinasi atau kulit berjerawat. Jadi jangan sembarangan, apalagi sekedar mengikuti trend atau tergiur harga murah.

3. Pigmentasi Wajah Tidak Merata

Beberapa serum wajah mengandung bahan pencerah kulit yang dapat menyebabkan pigmentasi tidak merata jika digunakan secara tidak tepat. Penggunaan yang berlebihan atau penggunaan pada kulit yang tidak membutuhkan bisa menghasilkan warna kulit yang tidak merata. Bahkan celakanya bisa membuat kulit wajah kamu tampak lebih kusam.

BACA JUGA : 7 KESALAHAN SAAT MENGGUNAKAN SERUM YANG BIKIN HASILNYA GAK MAKSIMAL

4. Penuaan Dini

Meskipun beberapa merk serum wajah yang beredar di pasaran memiliki manfaat anti-penuaan. Penggunaan serum secara berlebihan hanya akan memberi kamu efek sebaliknya. Beberapa orang dan bisa jadi itu kamu, mungkin tergoda untuk menggunakan serum dalam jumlah yang lebih banyak. 

Sembari berpikir bahwa hal yang kamu lakukan akan memberikan hasil yang lebih baik. Namun penting untuk diingat bahwa penggunaan serum yang berlebihan dan tidak sesuai takaran dapat menyebabkan iritasi, kemerahan bahkan peradangan kulit. Yang pada akhirnya akan mempercepat penuaan kulit.

5. Merusak Skin Barrier

Penggunaan serum yang berlebihan atau terlalu sering dapat mengakibatkan kulit kehilangan lapisan pelindungnya, sehingga menjadi lebih tipis dan rentan terhadap penuaan dini. Untuk diketahui Skin barrier, atau lapisan pelindung kulit memiliki peran penting dalam menjaga kelembaban kulit. 

BACA JUGA : 6 MANFAAT TEH HIJAU UNTUK KECANTIKAN

Serum wajah seringkali mengandung bahan-bahan aktif seperti asam salisilat, asam hialuronat, retinol, atau vitamin C. Meskipun bahan-bahan diatas bagus bagi kulit. Penggunaan berlebihan dapat menyebabkan iritasi. Zat-zat tersebut dalam konsentrasi tinggi atau penggunaan harian yang berlebihan dapat mengiritasi kulit sekaligus merusak lapisan pelindung (skin barrier).

Cara Menghindari Efek Samping Salah Pakai 

Serum Wajah

Gunakan Serum di Waktu yang Tepat = Waktu penggunaan serum juga berperan penting dalam hasil akhirnya. Beberapa serum lebih baik digunakan di pagi hari karena melibatkan perlindungan dari sinar UV, sementara yang lain lebih cocok di malam hari untuk membantu regenerasi sel-sel kulit. Misalnya seperti pemakaian serum retinol yang umumnya lebih dianjurkan digunakan pada malam hari.

Jika ingin menggunakan di pagi hari sebaiknya jangan sampai lupa memakai sunscreen. Ini karena serum yang mengandung retinol akan membuat kulit kamu setingkat lebih tinggi sensitivitas terhadap paparan sinar matahari. Menggunakan serum di waktu yang tidak tepat bisa mengurangi efektivitasnya bahkan mengalami salah satu dari hal negatif diatas.

Hindari Penggunaan Berlebihan di Area Tertentu = Beberapa orang cenderung menggunakan serum dengan lebih banyak pada area tertentu yang dianggap perlu perhatian ekstra. Seperti mata atau garis halus di wajah. Sebaiknya ini jangan dilakukan karena bisa menyebabkan efek samping negatif, seperti iritasi atau pembengkakan. Selalu cek aturan pakainya, jika memang serum bisa disebarkan secara merata di seluruh wajah, sebaiknya lakukan sesuai petunjuk. Biasanya untuk daerah tertentu seperti mata, ada serum yang dikhususkan untuk itu.

Selalu Cek Kandungan Bahan = Setiap serum memiliki kandungan bahan yang berbeda. Salah satu kesalahan umum yang sering orang-orang lakukan adalah tidak membaca label dengan seksama. Bahkan tidak memeriksa apakah ada bahan tertentu yang mungkin tidak cocok dengan jenis kulitnya. Misalnya, seseorang dengan kulit sensitif harus memilih serum yang bebas dari parfum (non permufed) atau alcohol.

Pastikan Wajah Sudah Bersih = Mengaplikasikan serum pada wajah yang belum dibersihkan dengan benar dapat menghambat penyerapan bahan aktif oleh kulit. Sebelum menggunakan serum, pastikan wajah bersih dari kotoran, minyak, dan sisa makeup.

BACA JUGA : REKOMENDASI LIP SERUM BERKUALITAS BAGUS HARGA DI BAWAH 50 RIBU

Pemakaian serum wajah yang benar adalah kunci untuk mendapatkan manfaat maksimal tanpa menimbulkan efek samping yang merugikan. Setiap langkah perawatan kulit memainkan peran penting, dan kesalahan kecil dapat berdampak besar. 

Oleh karena itu, penting untuk memahami jenis kulit masing-masing, memilih serum yang sesuai dan mengikuti petunjuk pemakaian dengan cermat agar perawatan kulit yang kamu lakukan memberikan hasil yang optimal dan sesuai harapan.

 

 

 

 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman