9 Tips Mencerahkan Wajah Secara Alami

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

Kulit wajah yang cerah secara alami merupakan impian banyak orang. Meskipun belakangan ini pasar kecantikan diramaikan dengan kehadiran produk pemutih kulit instan, sebaiknya kamu jangan coba-coba ikutan menggunakannya. Ini karena kandungan bahan kimia didalamnya lebih berpotensi besar merugikan kesehatan.

Oleh karena itu, tak ada salahnya beralih ke mode menggunakan metode alami untuk mencerahkan kulit wajah. Meski tak instan alias butuh waktu, dijamin hasilnya tanpa risiko efek samping.

Namun sebelum itu penting untuk diingat, bahwa kulit wajah yang cerah dan kulit wajah yang putih adalah dua istilah yang sering digunakan dalam konteks kecantikan. Tetapi keduanya memiliki makna yang berbeda.

Kulit wajah cerah lebih terkait dengan kesehatan kulit secara keseluruhan, kelembapan yang baik, dan penampilan yang segar. Kulit wajah putih seringkali dapat dipengaruhi oleh faktor genetik, penggunaan produk pemutih kulit, atau paparan sinar matahari yang minimal.

Jika kamu penasaran bagaiaman tips mencerahkan kulit wajah secara alami

Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti.

    1. Terapkan Pola Makan Sehat

Kulit yang sehat berasal dari dalam tubuh. Untuk itu, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Kesemua makanan tersebut dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Kurangi makanan dengan kandungan pemanis dan pengawet yang tinggi. Serta hindari mengkonsumsi alkohol serta makanan cepat saji. 

BACA JUGA : MAKANAN YANG BAGUS UNTUK SKIN BARRIER

    2. Gunakan Masker Alami

Bahan-bahan alami seperti bengkuang, madu, yogurt, lemon, atau lidah buaya dapat dijadikan masker wajah untuk membantu mencerahkan kulit. Madu memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi, sementara yogurt mengandung asam laktat yang membantu eksfoliasi kulit. Lemon dan kunyit mengandung vitamin C yang dapat memberikan efek pencerahan.

    3. Rutin Melakukan Exfoliasi

Exfoliasi secara rutin akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati, membuat kulit jadi terlihat lebih segar. Gunakan scrub alami seperti gula dan minyak kelapa atau oatmeal yang dapat membersihkan kulit tanpa mengiritasi.

    4. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Sinar matahari dapat merusak kulit dan membuatnya tampak kusam. Gunakan tabir surya setiap kali keluar rumah, hindari paparan matahari langsung terutama saat puncak hari. Jika memungkinkan kenakan topi atau payung untuk melindungi area sekitar wajah seperti telinga dan leher.

BACA JUGA : TIPS MELINDUNGI KULIT DARI MATAHARI

    5. Terapkan Skincare Malam dengan Tepat

Malam adalah waktu dimana kulit melakukan regenerasi. Gunakan pelembab malam yang mengandung bahan-bahan seperti retinol atau vitamin E untuk membantu memperbaiki kerusakan kulit. Ketikadan meningkatkan kecerahan.

    6. Cukup Istirahat

Kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan kulit, membuatnya terlihat kusam dan lelah. Itulah mengapa tidur yang cukup sangat penting untuk regenerasi sel-sel kulit. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan lelah. Pastikan kamu “mendapatkan” 7-9 jam tidur setiap malam. Guna memberikan waktu yang cukup bagi kulit untuk pulih dan melakukan regenerasi.

    7. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit wajah. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan seperti blueberry, stroberi, dan bayam. Antioksidan akan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Yang pada akhirnya jika terus dibiarkan akan menghilangkan kecerahan alami kulit wajah kamu.

BACA JUGA : MANFAAT TOMAT UNTUK KECANTIKAN

    8. Jangan Malas Berolahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk kebugaran tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit wajah. Sirkulasi yang baik akan membantu membawa nutrisi ke sel-sel kulit dan mengeluarkan racun, menjadikan kulit lebih sehat. Kulit yang sehat pastinya akan terlihat lebih cerah.

    9. Hindari Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol Berlebihan

Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak kolagen pada kulit, menyebabkan penuaan dini dan kulit kusam. Hindari kedua kebiasaan ini untuk menjaga kulit tetap sehat.

Mencerahkan kulit wajah secara alami memerlukan kesabaran dan konsistensi. Diharapkan dengan mengikuti tips sederhana diatas kamu dapat meraih kulit yang diimpikan tanpa perlu bergantung pada produk berbahan kimia. Jangan gampang tergiur dengan klaim produk kecantikan yang menawarkan hasil kulit putih instan.

Ingatlah bahwa mencerahkan kulit dan memutihkan kulit adalah dua hal yang berbeda. Kecantikan alami berasal dari perawatan yang baik, menggunakan cara dan bahan yang juga aman terhadap tubuh secara keseluruhan.

Beda Mencerahkan Dan Memutihkan Wajah yang Perlu Dipahami

Cara Mencerahkan Dan Memutihkan Wajah

"Mencerahkan" dan "Memutihkan" wajah adalah dua istilah yang sering digunakan dalam industri kecantikan, namun keduanya memiliki makna dan konsep yang berbeda. Keduanya sering kali disalahartikan atau dianggap sama, padahal sangat berbeda.

Mencerahkan lebih berfokus pada peningkatan kecerahan alami kulit, mengatasi masalah kulit kusam, dan meratakan warna kulit. Produk pencerah kulit cenderung mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, niacinamide, atau ekstrak buah-buahan, yang membantu mengurangi hiperpigmentasi, meningkatkan produksi kolagen, dan memberikan cahaya alami pada kulit. Proses pencerahan juga lebih terkait dengan “merangsang” kulit untuk menghasilkan lebih banyak sel kulit baru yang sehat.

BACA JUGA : REVIEW WHITELAB CERA-MUG BARRIER MOISTURIZING 

Sementara Memutihkan, lebih sering dikaitkan dengan upaya untuk mengurangi warna kulit. Produk pemutih kulit seringnya mengandung bahan seperti hidrokinon atau merkuri, yang memiliki potensi untuk mengurangi produksi melanin (pigmen kulit) secara drastis. Pemutihan kulit sering kali kontroversial, karena cenderung menyebabkan efek samping yang serius, tidak sehat bahkan mengancam nyawa.

Itulah mengapa penting untuk mengutamakan kesehatan kulit daripada sekadar mengikuti tren kecantikan. Pemutihan kulit yang ekstrem atau menggunakan produk dengan bahan berbahaya dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius baik dimasa sekarang maupun di masa mendatang.

Sebaiknya adopsi kebiasaan hidup sehat seperti yang sudah dipaparkan diatas jika ingin mencerahkan kulit.

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman