Cara Menggunakan Toner

23 Februari

bagaimana cara pakai toner?

Perawatan wajah yang baik tidak hanya mencuci wajah saja, tapi juga melibatkan langkah-langkah lainnya. Salah satu langkah penting dalam rutinitas perawatan wajah adalah penggunaan toner.

Lewat artikel ini, akan dijelaskan cara menggunakan toner yang benar.

Namun sebelum itu, mari dipahami terlebih dahulu, sebenarnya apa sih toner itu?

Apa Itu Toner?

pentingnya toner untuk kulit

Toner adalah cairan ringan yang digunakan setelah mencuci wajah dan sebelum menggunakan pelembap. Produk ini memiliki berbagai formulasi yang dirancang untuk menyeimbangkan pH kulit, membersihkan sisa-sisa kotoran dan minyak, serta memberikan kelembapan untuk kulit wajah. Lantas bagaimana cara menggunakan toner agar manfaatnya maksimal?

Langkah-langkah Menggunakan Toner yang Tepat

cemana cara pakai toner yang benar

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sebelum menggunakan toner, pastikan wajah kamu sudah dalam kondisi bersih. Baik dari makeup, kotoran, debu dan minyak. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu untuk membersihkan secara menyeluruh. Jangan ragu untuk melakukan double cleansing agar wajah kamu bersih maksimal.

BACA JUGA : URUTAN SKINCARE PAGI YANG DIANJURKAN BIAR KULIT TERAWAT

2. Tuangkan Toner ke Kapas atau Tangan

Ambil toner secukupnya dan tuangkan ke kapas bersih atau telapak tangan kamu. Beberapa orang lebih suka menepuk toner langsung ke wajah, sementara yang lain lebih memilih menggunakan kapas untuk meratakan produk. Keduanya sah saja dilakukan, terpenting adalah toner diaplikasikan secara merata ke wajah. Lakukan pengaplikasian dengan lembut, jangan menggosok terlalu keras. Usapkan dengan gerakan ringan dan hindari gesekan yang kasar.

3. Perhatikan Bagian Tertentu

Jika kamu memiliki masalah kulit tertentu, seperti kulit berminyak di zona T atau kemerahan di pipi, berfokuslah pada area tersebut. Beberapa toner juga dapat membantu menyusutkan pori-pori sehingga mengurangi produksi minyak berlebih.

4. Tunggu Hingga Meresap

Biarkan toner meresap ke dalam kulit sebelum melanjutkan dengan langkah perawatan kulit berikutnya. Ini memastikan toner memberikan manfaat maksimal. Namun jangan pula wajah sampai terlalu kering.

Tips Menggunakan Toner

rekomendasi toner lokal bagus

Gunakan toner yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu, apakah itu untuk kulit kering, berminyak, atau sensitif. Penggunaan toner secara konsisten adalah kunci untuk melihat hasil yang signifikan. Gunakan setiap hari, pagi dan malam, untuk hasil terbaik.

BACA JUGA : APA DAMPAKNYA JIKA KAMU MALAS MENGHAPUS MAKE UP?

Menggunakan toner bukan hanya tentang melengkapi rutinitas perawatan wajah. Tetapi juga memberikan manfaat yang signifikan untuk kecantikannya. Dengan cara yang benar, toner dapat membantu menjaga kulit kamu bersih, lembab dan siap menerima produk perawatan wajah lainnya. Jadi, jangan lewatkan langkah penting ini dalam rutinitas perawatan wajah.

Apa Saja Kesalahan Saat Menggunakan Toner?

kesalahan saat pakai toner

Menggunakan toner dengan cara yang salah dapat mempengaruhi efektivitasnya terhadap wajah kamu. Berikut adalah beberapa kesalahan yang perlu dihindari saat menggunakan toner. 

  • Menggosok atau mengusap wajah terlalu keras saat mengaplikasikan toner. Ini dapat menyebabkan iritasi bahkan merusak lapisan perlindungan kulit alias skin barrier.
  • Sebaiknya tepuk-tepuk atau tap-tap toner secara lembut dengan kapas (jangan menekan dengan kasar).
  • Tidak membersihkan wajah terlebih dahulu
  • Penggunaan toner dengan kandungan alkohol dapat mengeringkan kulit pada beberapa orang.
  • Menggunakan toner yang tidak sesuai dengan jenis kulit kamu (kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif).
  • Mengabaikan kandungan bahan di dalam toner.
  • Tidak konsisten dalam penggunaan.
  • Tidak memberikan waktu toner untuk meresap, sebaiknya berikan waktu beberapa menit agar toner meresap ke dalam kulit sebelum lanjut menggunakan produk lainnya.
  • Menggunakan terlalu banyak toner pada satu waktu.
  • Menggunakan toner dengan bahan yang mungkin tidak cocok digunakan bersamaan.

Kenapa Saat Memakai Toner Tidak Boleh Digosok?

jangan gosok wajah dengan toner

Saat menggunakan toner, umumnya disarankan untuk tidak menggosok kulit setelah mengaplikasikannya. Ada beberapa alasan mengapa langkah ini sebaiknya dihindari.

Pertama, menggosok kulit saat mengaplikasikan toner ke wajah dapat meningkatkan risiko iritasi. Toner sering mengandung bahan-bahan aktif yang membantu membersihkan dan menyeimbangkan pH kulit. 

Jika kulit wajah digosok secara kasar, dapat menyebabkan gesekan yang berlebihan dan merusak lapisan pelindung kulit (skin barrier) sehingga meningkatkan risiko iritasi.

BACA JUGA : REKOMENDASI TONER LOCAL BAGUS 50 RIBUAN

Selain itu toner biasanya memiliki formula yang ringan dan dirancang untuk menyerap dengan cepat ke dalam kulit. Menggosok kulit dapat mengurangi efektivitas penyerapan toner dan mengurangi manfaat atas bahan yang terkandung di dalamnya.

Disarankan saat menggunakan toner, sebaiknya dilakukan dengan menepuk-nepuk lembut kulit baik itu menggunakan tangan atau menggunakan kapas.

Apakah Habis Pakai Toner Harus Cuci Muka?

jangan cuci muka habis pakai toner

Tidak, sebaiknya kamu tidak mencuci muka setelah menggunakan toner. Toner adalah bagian dari rutinitas perawatan kulit wajah yang bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran, minyak, atau residu pembersih yang mungkin tersisa setelah mencuci muka. Toner juga membantu menyeimbangkan pH kulit dan menyegarkan kulit.

Setelah mengaplikasikan toner, biarkan produk tersebut meresap ke dalam kulit. Kamu dapat melanjutkan dengan langkah perawatan kulit berikutnya, seperti penggunaan serum atau pelembap wajah. Jika kamu mencuci muka setelah menggunakan toner, kamu mungkin akan menghilangkan manfaat yang diberikan oleh toner tersebut.

BACA JUGA : MACAM-MACAM MASKER WAJAH PERLU DIKETAHUI

Namun, pastikan untuk menggunakan toner yang tidak mengandung bahan iritan (exfoliating toner). Selalu perhatikan reaksi kulit dan jika kamu khawatir, konsultasikan dengan seorang dokter kulit untuk saran yang lebih spesifik.

 

 

 

 

 

 

You Might Also Like

0 comments