Kebiasaan yang dapat Merusak Rambut

24 Maret

 

rambut rusak karena hairdryer

Rambut yang sehat dan indah merupakan aset berharga bagi setiap individu. Namun, terkadang ada beberapa kebiasaan buruk yang seringkali kita lakukan tanpa disadari, namun ternyata dapat merusak kesehatan dan kecantikan rambut. Lantas apa saja kebiasaan buruk tersebut?

Simak selengkapnya lewat ulasan berikut.

5 Kebiasaan Buruk yang dapat Merusak Rambut

kebiasaan buruk yang dapat merusak rambut

1. Penggunaan Hairdryer Berlebihan

Salah satu kebiasaan paling umum yang dapat merusak rambut adalah penggunaan alat pemanas seperti hair dryer, catok, dan curling iron secara berlebihan. Paparan panas yang terlalu sering dapat membuat rambut menjadi kering. 

BACA JUGA : MITOS MITOS SEPUTAR PERAWATAN RAMBUT

Bahkan rapuh dan rentan terhadap kerusakan. Sebisa mungkin, kurangi penggunaan alat pemanas ini dan berikan rambut kamu waktu untuk beristirahat dari suhu panas yang berlebihan.

2. Sering Mewarnai Rambut

Bagi beberapa orang, mewarnai rambut dapat membuat penampilan terasa jadi lebih menarik, tetapi penggunaan bahan kimia dalam pewarna rambut dapat merusak struktur rambut dan membuatnya menjadi kering dan rapuh. 

BACA JUGA : TIPS MUDAH DAN MURAH MERAWAT RAMBUT

Jika kamu tidak bisa untuk tidak mewarnai rambut, pastikan untuk menggunakan produk pewarna yang berkualitas tinggi dan melakukan perawatan tambahan untuk menjaga kelembapan dan kekuatan rambut kamu.

3. Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Rambut basah cenderung lebih rentan terhadap kerusakan dibandingkan dengan rambut kering. Menyisir rambut secara kasar saat masih basah dapat menyebabkan rambut patah dan berpotensi besar mengalami kerontokan. Sebaiknya biarkan rambut kering secara alami dan gunakan sisir bergigi lebar untuk menyisir rambut basah dengan lembut.

4. Mengikat Rambut Terlalu Ketat

Mengikat rambut terlalu ketat seperti kunciran atau gaya lainnya berpotensi besar menyebabkan “tegangan berlebih” pada akar rambut dan kulit kepala. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan rambut dan bahkan menyebabkan kerontokan rambut. 

BACA JUGA : CARA MELEBATKAN RAMBUT SECARA ALAMI

Cobalah untuk menghindari gaya rambut yang terlalu ketat. Tak ada salahnya untuk mengurai saja rambut kamu. Jika ingin mengikat, lakukan dengan lembut dan jangan terlalu ketat.

5. Kurangnya Asupan Nutrisi

Kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh apa yang kamu konsumsi. Kurangnya asupan nutrisi seperti protein, zat besi, dan vitamin tertentu dapat membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan mudah patah alias mengalami kerontokan. 

BACA JUGA : 5 MAKANAN UNTUK RAMBUT SEHAT

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi penting diatas untuk menjaga kesehatan rambut. Kamu bisa mendapatkan nutrisi diatas dari dengan mengkonsumsi makanan seperti ikan berlemak, telur, sayuran hijau, dan buah-buahan.

6. Stres dan Kecemasan yang Berlebihan

Stres dan kecemasan dapat berdampak negatif pada kesehatan rambut. Kondisi stres yang kronis dapat menyebabkan perubahan hormonal yang dapat mengakibatkan kerontokan rambut. 

BACA JUGA : 5 MAKANAN UNTUK RAMBUT SEHAT DAN KUAT

Cobalah untuk mengelola stres dengan cara seperti meditasi, olahraga, atau hobi yang menyenangkan untuk menjaga kesehatan mental dan mencegah kerusakan pada rambut kamu.

7. Tidur dengan Rambut Masih Basah

Tidur dengan rambut yang basah sering dianggap tidak baik karena rambut yang masih basah memiliki tingkat kelembaban yang tinggi. Tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan transfer kelembaban ke bantal atau sarung bantal. 

Yang pada akhirnya aka  menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan jamur atau bakteri. Yang pada akhirnya bisa meningkatkan risiko infeksi kulit kepala atau malah menimbulkan masalah lainnya.

BACA JUGA : MENJELAJAHI MANFAAT MINYAK ZAITUN

Diharapkan dengan mengetahui kebiasaan diatas, perlahan kamu dapat menghindari kebiasaan-kebiasaan yang ternyata buruk bagi Kesehatan rambut. Ingatlah bahwa perubahan kecil dalam gaya hidup sehari-hari dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan dan penampilan rambut kamu.

Apa yang Terjadi Jika Tidak Pernah Menyisir Rambut?

cara sisir rambut yang benar


Meskipun terkadang terlihat sebagai tugas sepele, menyisir rambut memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan dan penampilan rambut. Sebab ketika kamu tidak menyisir rambut, maka kotoran, debu, dan sisa-sisa produk perawatan rambut dapat menumpuk di kulit kepala dan sepanjang batang rambut. Ini berpotensi besar menyebabkan iritasi kulit kepala, ketombe, dan bahkan infeksi kulit kepala.

BACA JUGA : LIMA MANFAAT LIDAH BUAYA

Tidak menyisir rambut juga akan membuat rambut kamu menjadi kusut dan berantakan. Ini akan terlihat semakin parah jika kamu memiliki rambut panjang atau berambut keriting. Rambut yang kusut dan berantakan tidak hanya terlihat tidak teratur, tetapi juga dapat membuat styling rambut menjadi sulit.

BACA JUGA : RAHASIA MENEBALKAN ALIS SECARA ALAMI

Terakhir, jika kamu tidak menyisir rambut sama sekali, maka akan dipastikan kamu mengalami lebih banyak kerontokan rambut karena rambut akan lebih rentan terhadap kerusakan dan patah. 

Jadi sisirlah rambut secara teratur dan rutin. Menyisir rambut adalah bagian penting dari rutinitas perawatan rambut yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan penampilan kamu secara keseluruhan.

 

You Might Also Like

0 comments