Catat! Ini 7 Makanan untuk Kulit Berjerawat

 

makanan untuk kulit berjerawat

Kulit yang sehat dan terawat tidak hanya merupakan hasil dari perawatan dari luar saja. Namun juga dipengaruhi dari dalam lewat oleh apa yang kita konsumsi. Makanan yang kita pilih untuk dinikmati sehari-hari dapat berperan penting dalam membantu menjaga kesehatan kulit kita.

Bagi banyak orang, masalah kulit berjerawat dapat menjadi hal yang menggangu kenyamanan bahkan menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Jika kulit kamu sedang berjerawat saat ini, jangan terlalu khawatir karena dengan membuat perubahan kecil pada pola makan, kamu dapat “memberikan dukungan tambahan” untuk mengatasinya. 

Rekomendasi Makanan untuk Kulit Berjerawat, Enak dan Mudah di Dapat

cara mengatasi kulit berjerawat

Berikut lima rekomendasi makanan untuk kulit berjerawat yang sekaligus juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Buah dan Sayuran Berwarna = Makanan kaya antioksidan sangat penting untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Buah-buahan seperti blueberry, stroberi, dan jeruk, serta sayuran seperti bayam dan wortel, mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit dan mengurangi peradangan.

BACA JUGA : MENJELAJAHI MANFAAT STROBERI UNTUK KECANTIKAN

Ikan Berlemak Omega-3 = Asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna menjadi makanan lainnya yang termasuk dalam makanan untuk kulit berjerawat. Ini karena ikan berlemak omega-3 memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat untuk mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang sering terkait dengan jerawat.

Biji-Bijian Utuh = Mengganti sumber karbohidrat olahan dengan biji-bijian utuh seperti quinoa, beras cokelat, dan oatmeal dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil. Fluktuasi gula darah yang besar dapat menyebabkan pelepasan hormon yang dapat merangsang produksi minyak berlebihan, sehingga biji-bijian utuh dapat membantu mengendalikan produksi minyak yang berlebihan.

Yogurt dan Probiotik = Makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt, kimchi, dan tempe, dapat membantu memperbaiki keseimbangan bakteri dalam saluran pencernaan. Keseimbangan yang baik dalam flora usus dapat meredakan peradangan dan memberikan dampak positif pada kesehatan kulit.

Teh Hijau = Teh hijau mengandung antioksidan dan senyawa antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan. Minum teh hijau secara teratur dapat memberikan manfaat positif untuk kulit.

BACA JUGA : 6 MANFAAT TEH HIJAU UNTUK KECANTIKAN

Pepaya = Meski dikenal sebagai buah ajaib pelancar pencernaan, pepaya ternyata memiliki manfaat luar biasa sebagai makanan untuk kulit berjerawat. Enzim papain dan chymopapain yang terkandung dalam pepaya diyakini dapat efektif mengurangi peradangan pada kulit.

Tidak hanya itu, kandungan papain terkandung di dalamnya juga dapat membantu menghilangkan jerawat dengan mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Papain diyakini memiliki potensi untuk membantu mengatasi bekas luka secara alami. Mekanisme ini melibatkan kemampuan papain dalam menghilangkan penumpukan keratin rusak di kulit sehingga meningkatkan proses penyembuhan. 

Ubi = Kaya akan vitamin A, ubi ternyata menyimpan khasiat luar biasa untuk merawat kulit yang bermasalah dengan jerawat. Tak dapat dipungkiri, vitamin A memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit. 

BACA JUGA : 5 CARA MENJAGA KULIT WAJAH AGAR SEHAT

Produk-produk kecantikan yang mengandung turunan vitamin A seperti retinol sudah terbukti secara klinis efektif dalam menghilangkan jerawat dan meningkatkan kondisi kulit. Oleh karena itu, ubi yang kaya akan vitamin A bisa menjadi sahabat terpercaya dalam perjalanan perawatan kulit, membantu mengatasi jerawat dan meraih kulit yang bersih dan sehat.

Itu saja beberapa jenis makanan untuk kulit berjerawat. Makanan yang kita konsumsi memainkan peran penting dalam kesehatan kulit. Dengan mengintegrasikan makanan-makanan sehat ke dalam pola makan sehari-hari, kita dapat memberikan dukungan tambahan untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari jerawat.

Namun, penting untuk diingat bahwa makanan saja tidak cukup. Kebersihan dan perawatan kulit yang menyeluruh juga berkontribusi pada kesehatan kulit kamu. Namun yakinlah dengan perubahan kecil pada pola makan, kamu sudah selangkah lebih maju menuju kulit yang lebih sehat dan bebas jerawat. 

Apa Saja Makanan yang Harus Dihindari Saat Berjerawat?

cara menghilangkan jerawat

Meskipun tidak ada daftar makanan yang secara khusus dapat menyebabkan jerawat, terdapat potensi pada makanan tertentu dan gaya hidup tertentu yang bisa berpotensi menimbulkan jerawat atau bahkan memperparah jerawat pada sebagian orang.

BACA JUGA : TIPS MENGATASI JERAWAT MERADANG DI PIPI

Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dengan hati-hati jika kamu memiliki masalah jerawat sekaligus ingin menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Makanan Tinggi Gula dan Karbohidrat Refined = Gula dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar gula darah dan merangsang produksi insulin. Hal ini dapat berkontribusi pada produksi sebum berlebih, yang berpotensi memperburuk jerawat. Contoh makanannya yakni roti tawar, keripik kentang, permen dan cokelat olahan.

Makanan dengan Indeks Glikemik Tinggi =  Makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti roti putih, minuman bersoda dan produk olahan tepung tinggi (pasta atau mie instan) dapat memicu peningkatan insulin dan berkontribusi pada peradangan yang bisa memparah kondisi jerawat.

Untuk diketahui, beberapa orang bisa jadi mengalami jerawat sebagai respons terhadap makanan tertentu yang mereka konsumsi. Jika kamu memiliki riwayat alergi makanan atau sensitivitas terhadap makanan tertentu, sebaiknya hindari mengkonsumsinya.

BACA JUGA : APA SAJA MAKANAN UNTUK KULIT BERJERAWAT? BERIKUT REKOMENDASINYA

Jerawat dan pengalaman memiliki jerawat dapat bervariasi antar individu. Sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk membantu menentukan apakah ada hubungan antara pola makan dan jerawat serta memberikan saran untuk penanganan yang sesuai.

 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman