Manfaat Toner untuk Wajah

20 Februari

rekomendasi toner untuk kulit berjerawat


Kulit wajah yang cantik dan sehat merupakan dambaan setiap individu. Untuk mencapai kulit yang sehat dan terlihat cantik, perawatan kulit wajah adalah kunci utama. Salah satu langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit wajah adalah penggunaan toner.

Toner bukan hanya sekadar cairan di botol kosmetik, tetapi memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit wajah.

Lantas apa saja manfaat toner untuk wajah?

lewat artikel ini, akan dijelaskan apa saja manfaat toner untuk wajah lengkap dengan cara menggunakannya. Yuk disimak, semoga bermanfaat.

10 Manfaat Toner untuk Wajah

cara menggunakan toner wajah

1. Menyeimbangkan pH Kulit

Salah satu yang utama dari manfaat toner untuk wajah adalah membantu menyeimbangkan pH kulit. pH kulit yang seimbang penting untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Toner membantu mengembalikan pH kulit yang mungkin terganggu akibat pembersih wajah atau produk lain yang digunakan. Diharapkan dengan pH yang seimbang, kulit dapat melawan bakteri dan radikal bebas secara lebih efektif.

BACA JUGA : REKOMENDASI TONER LOCAL BAGUS 50 RIBUAN

Untuk diketahui, pH (potential of hydrogen) kulit merupakan ukuran tingkat keasaman atau kebasaan kulit. Skala pH berkisar dari 0 hingga 14, dengan 7 dianggap sebagai netral. Kulit dengan pH kurang dari 7 dianggap asam, sementara pH lebih dari 7 dianggap basa. Untuk wajah, pH yang baik biasanya berkisar antara 4 hingga 6.5.

2. Memaksimalkan Pembersihkan Sisa Kotoran

Manfaat toner untuk wajah selanjutnya adalah memaksimalkan proses pembersihan kulit wajah. Meskipun pembersih wajah seperti micellar water dan facial wash dianggap "cukup" sebagai langkah awal dalam rutinitas membersihkan kulit. Penggunaan toner dapat membantu memaksimalkan proses menghilangkan sisa-sisa kotoran di wajah yang mungkin tertinggal. 

BACA JUGA : 5 REKOMENDASI FACIAL WASH YANG BAGUS HARGA 50 RIBUAN

Toner memiliki kemampuan untuk mengecilkan pori-pori dan membersihkan minyak berlebih, debu, atau sisa make-up yang belum terangkat. Dengan membersihkan kulit secara menyeluruh, toner membantu mencegah timbulnya jerawat dan komedo.

3. Melembapkan Kulit

Sebagian besar toner mengandung bahan-bahan yang memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Ini membuat toner menjadi solusi yang sempurna bagi mereka yang memiliki kulit kering atau normal. Kandungan seperti aloe vera dan hyaluronic acid dapat membantu melembapkan kulit secara menyeluruh, memberikan sensasi segar dan nyaman.

4. Menyiapkan Kulit untuk Perawatan Selanjutnya

Toner bukan langkah terakhir dalam perawatan kulit, namun merupakan langkah kedua. Inilah manfaat toner untuk wajah selanjutnya yaitu, membantu mempersiapkan kulit untuk langkah-langkah perawatan kulit berikutnya. Membuat lapisan kulit jadi lebih bersih. 

Memungkinkan produk perawatan selanjutnya meresap dengan lebih baik. Dengan membersihkan dan menyeimbangkan kulit pH, toner membuat kulit lebih mampu menyerap nutrisi dari serum, pelembap, atau produk perawatan kulit lainnya dengan lebih efektif.

5. Mengurangi Kemerahan dan Peradangan

Manfaat toner untuk wajah selanjutnya adalah untuk membantu mengurangi kemerahan dan potensi peradangan di wajah. Ini karena beberapa toner untuk wajah mengandung bahan-bahan anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Ini sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki kulit sensitif atau sedang mengalami masalah kulit tertentu, seperti jerawat.

6. Memberikan Kesegaran dan Rasa Relaksasi

Penggunaan toner untuk wajah juga dapat memberikan sensasi kesegaran dan relaksasi. Aroma yang lembut dan konsistensi ringan toner (karena berbahan dasar air) dapat memberikan sensasi segar yang menyenangkan. Sensasi ini tidak hanya memberikan manfaat fisik, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan mental karena memberi sensasi senang tadi.

BACA JUGA : DAMPAK BERBAHAYA TIDAK PAKAI SUNSCREEN

Demikianlah 6 manfaat toner untuk wajah, bukan hanya menjadi produk tambahan dalam rutinitas perawatan kulit, tetapi suatu kebutuhan yang tidak boleh dilewatkan.

Kapan Kita Harus Menggunakan Toner?

toner untuk melembabkan kulit

Toner adalah salah satu produk perawatan kulit yang digunakan setelah membersihkan wajah dengan pembersih (micellar water atau facial wash). Toner untuk wajah juga bisa diaplikasikan setelah menggunakan masker wajah atau facial scrub. Penggunaan toner setelah maskeran dapat membantu menenangkan kulit dan mempersiapkannya untuk menerima produk perawatan kulit lainnya.

Apakah Toner Bisa Mencerahkan Wajah?

Manfaat Toner untuk Wajah

Toner sendiri umumnya tidak dirancang khusus untuk memberikan efek mencerahkan pada wajah. Fungsi utama toner adalah untuk membersihkan dan menyeimbangkan pH kulit setelah mencuci wajah. Namun, beberapa toner mengandung bahan-bahan tertentu yang dapat memberikan efek mencerahkan pada kulit. Adapun bahan-bahan tersebut seperti Vitamin C, Niacinamide (Vitamin B3), hingga Licorice Extract.

BACA JUGA : 6 BAHAN AKTIF YANG DIKENAL AMPUH BANTU CERAHKAN KULIT KUSAM

Namun penting untuk diingat, efek mencerahkan ini tergantung pada banyak faktor seperti formulasi hingga konsentrasi bahan-bahan tersebut. Selain itu, untuk mencapai efek mencerahkan yang optimal, penting juga untuk menggunakan produk yang memang dirancang khusus untuk tujuan mencerahkan kulit. Tidak bisa hanya sekedar menggunakan toner saja.

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua toner diciptakan sama, dan beberapa formulasi mungkin lebih fokus pada manfaat membersihan daripada melembapkan. 

BACA JUGA : REVIEW BENTON ALOE VERA SOOTHING GEL REAL COOL

Oleh karena itu, ketika memilih toner penting untuk membaca label produk dan memilih yang mengandung bahan-bahan yang dapat meningkatkan kelembapan kulit. Jika kamu memiliki kekhawatiran atau masalah kulit tertentu, konsultasikan dengan dermatolog atau ahli perawatan kulit untuk saran yang lebih spesifik.

Tips Menggunakan Toner

manfaat toner untuk wajah

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu menggunakan toner dengan efektif guna mendapatkan manfaat toner untuk wajah yang maksimal.

  • Pilih toner yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Jika kamu memiliki kulit kering, pilih toner yang melembapkan. Jika kulit Anda berminyak, toner dengan kandungan mattifying atau untuk mengontrol minyak mungkin lebih sesuai.
  • Aplikasikan toner setelah membersihkan wajah, baik itu dengan menggunakan kapas atau dengan cara menuangkan sedikit toner ke telapak tangan lalu menepuk-nepuknya lembut ke wajah.
  • Saat mengaplikasikan toner dengan kapas, hindari menggosok wajah terlalu keras. Gunakan gerakan yang lembut untuk menghindari iritasi pada kulit.
  • Gunakan toner secara teratur  karena konsistensi adalah kunci untuk melihat hasil yang baik dari penggunaan toner.
  • Setelah mengaplikasikan toner, biarkan kulit menyerap toner sebentar sebelum lanjut menggunakan produk selanjutnya.
  • Baca petunjuk penggunaan pada kemasan produk untuk memastikan bahwa kamu menggunakannya dengan benar.
  • Jika kamu memiliki kulit kering atau sensitif, pertimbangkan untuk memilih toner tanpa alkohol. Alkohol dapat membuat kulit lebih kering dan dapat menyebabkan iritasi.
  • Pastikan kamu mengenali kebutuhan kulitmu dan memilih toner yang sesuai dengan kondisi kulit. Jangan menggunakan toner karena mengikuti trend atau tergiur harga murah.


You Might Also Like

0 comments