Tips Pakai Sunscreen Biar Wajah Gak Kusam

Tips pakai sunscreen biar wajah gak kusam

Paparan sinar matahari adalah salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan mengalami kerusakan. Maka dari itu, penggunaan sunscreen bukanlah sekadar pilihan. 

Tetapi sebuah keharusan untuk menjaga keindahan kulit dan mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari langsung. Lewat artikel ini, akan dibahas tips pakai sunscreen yang benar agar wajah tidak kusam.

10 Tips Pakai Sunscreen Biar Wajah Sehat dan Gak Kusam 

1. Pilih Sunscreen dengan SPF yang Tepat

Tips pakai sunscreen yang pertama yakni pilihlah sunscreen dengan Sun Protection Factor (SPF) yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. SPF menunjukkan seberapa efektif sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar UVB, penyebab utama dari kulit yang terbakar. Disarankan untuk menggunakan minimal SPF 30, tetapi untuk aktivitas di luar ruangan yang intens, SPF 50 lebih direkomendasikan.

2. Aplikasikan Secara Merata

Cara memakai sunscreen yang benar melibatkan pengaplikasian secara merata di seluruh wajah dan area yang terpapar sinar matahari langsung. Pastikan untuk mengenakan sunscreen di leher, telinga, dan bagian belakang leher yang seringkali terabaikan. 

BACA JUGA : MANFAAT SUNSCREEN UNTUK KESEHATAN KULIT

Gunakan dalam jumlah yang cukup untuk memberikan perlindungan optimal. Umumnya dianjurkan sebanyak dua jari (jari telunjuk dan jari tengah). Jangan lupa juga untuk melindungi bibir dengan menggunakan lip balm atau lipstick yang mengandung SPF.

3. Gunakan Sebelum Aktivitas di Luar Ruangan

Penting untuk mengaplikasikan sunscreen sebelum kamu keluar rumah atau sebelum beraktivitas di luar ruangan. Sunscreen membutuhkan waktu beberapa saat untuk diserap oleh kulit sebelum memberikan perlindungan maksimal. Oleh karena itu, aplikasikan sekitar 15-20 menit sebelum kamu terpapar sinar matahari langsung.

4. Reapply Setiap Dua Jam Sekali

Meskipun kamu sudah mengaplikasikan sunscreen sebelumnya, penting untuk melakukan reapply setiap dua jam sekali atau lebih sering jika kamu berenang atau melakukan aktivitas yang akan membuat kamu berkeringat. Paparan air dan keringat dapat mengurangi efektivitas sunscreen. Sehingga reapply secara teratur diperlukan untuk mempertahankan perlindungan terhadap kulit.

5. Pilih Sunscreen yang Tahan Air

Jika kamu berencana untuk berenang atau beraktivitas di dalam air, pastikan untuk memilih sunscreen yang tahan air alias berlabel water resistent. Sunscreen tahan air dapat lebih bertahan lama di kulit bahkan setelah terkena air, sehingga perlindungan yang diberikan lebih ekstra selama aktivitas di air.

6. Gunakan Produk Makeup yang Mengandung SPF

Untuk memaksimalkan perlindungan, pilihlah produk make up seperti foundation atau bedak yang mengandung SPF. Ini akan memberikan lapisan tambahan perlindungan terutama di area wajah, yang seringkali paling rentan terhadap paparan sinar matahari.

7. Perhatikan Tanggal Kadaluwarsa Sunscreen

Tips pakai sunscreen selanjutnya adalah dengan memperhatikan tanggal kadaluwarsanya. Tiap produk sunscreen memiliki batas waktu penggunaan yang berbeda. Pastikan untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa pada kemasan sunscreen kamu. Hindari menggunakan produk yang sudah kedaluwarsa atau mendekati hari kedaluwarsa. Sunscreen yang sudah kedaluwarsa tentu tidak efektif, malah membahayakan.

8. Jaga Kulit dari Paparan Sinar Matahari Berlebih

Selain menggunakan sunscreen, juga bijak untuk menghindari paparan sinar matahari langsung secara berlebihan. Terutama pada pukul 11 pagi hingga 13 siang, ketika sinar matahari bersinar paling intens. Gunakan pelindung tambahan seperti topi, kacamata hitam atau pakaian dengan UPF tinggi.

9. Bersihkan Wajah Sebelum Penggunaan

Sebelum menggunakan sunscreen, pastikan kulit wajah bersih dari debu dan kotoran. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu, lalu ratakan sunscreen secara merata di area kulit yang kering. 

BACA JUGA : 5 REKOMENDASI FACIAL WASH YANG BAGUS HARGA 50 RIBUAN

Ini memastikan bahwa sunscreen dapat menempel dengan baik dan memberikan perlindungan maksimal. Pastikan juga tangan kamu sudah dicuci dengan bersih guna menghindari potensi kuman dari tangan berpindah ke wajah.

10. Gunakan Sunscreen Sebagai Bagian dari Rutinitas Harian

Cara terbaik untuk memastikan perlindungan kulit kamu adalah dengan membuat penggunaan sunscreen sebagai bagian integral dari rutinitas harian perawatan kulit kamu. Dengan menjadikannya kebiasaan, kamu dapat menjaga kulit tetap sehat dan terawatt. Sekaligus mencegah kerusakan jangka panjang akibat paparan sinar matahari berlebihan.

BACA JUGA : 5 CARA MENJAGA KULIT WAJAH AGAR SEHAT

Kulit Cantik dan Sehat dengan Sunscreen yang Tepat

Tips pakai sunscreen yang tepat

Memakai sunscreen bukan hanya tentang melindungi kulit dari sunburn, tetapi juga menghindari risiko kesehatan yang lebih serius seperti kanker kulit. Diharapkan dengan mengikuti 10 tips pakai sunscreen di atas, kamu dapat menjaga kulit tetap sehat, lembut, dan terlindungi dari dampak buruk sinar matahari.

BACA JUGA : REVIEW SUNSCREEN GINZA INVISIBLE SUNNYDAYS UV SHIELD SPF 45 PA+++

Ingatlah bahwa penggunaan sunscreen adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan kulit kamu. Sehingga jangan ragu untuk mengintegrasikannya dalam rutinitas kecantikan dan perawatan kulit kamu sehari-hari.

Apa Ciri Ciri Tidak Cocok Memakai Sunscreen?

ciri ciri alergi sunscreen

Selain menerapkan 10 tips pakai sunscreen diatas, perlu kamu pahami juga, meskipun sunscreen umumnya cocok untuk sebagian besar orang, beberapa orang mungkin mengalami reaksi kulit atau masalah lain saat menggunakannya. Berikut empat ciri seseorang mungkin tidak cocok memakai sunscreen.

  • Jika setelah penggunaan sunscreen, kamu mengalami kemerahan, gatal, perih, atau iritasi kulit, ini bisa menjadi tanda bahwa sunscreen tersebut tidak cocok untuk kulitmu.
  • Jika kamu merasakan sensasi terbakar setelah mengoleskan sunscreen, mungkin ada bahan dalam sunscreen yang tidak cocok dengan kulit kamu.
  • Jika kulit kamu menjadi lebih merah setelah menggunakan sunscreen, ini bisa menjadi tanda bahwa produk tersebut tidak cocok.
  • Beberapa orang bahkan mengalami munculnya jerawat milia setelah menggunakan sunscreen. Biasanya jerawat ini kecil dan keras, sering kali disebabkan oleh penyumbatan pori-pori.

Jika kamu mengalami salah satu dari ciri-ciri di atas setelah menggunakan sunscreen. Segera hentikan pemakaian dan bilas dengan air bersih dan mengalir. Pilihlah sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit kamu. 

BACA JUGA : REKOMENDASI SUNSCREEN SPF 50 YANG BAGUS

Selalu cek label produk untuk memastikan tidak ada bahan yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada kulitmu. Jika reaksi terus berlanjut atau malah menjadi semakin parah. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter  untuk mendapatkan saran dan penanganan terbaik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman