Manfaat Body Butter untuk Kulit Lengkap dengan Cara Menggunakannya

17 Maret

Manfaat Body Butter untuk Kecantikan Kulit

Salah satu cara merawat kulit tetap sehat dan terhidrasi adalah dengan menggunakan body butter secara teratur. Body butter merupakan salah satu produk perawatan kulit yang memiliki tektur kental dan padat seperti mentega. Manfaat body butter yang utama adalah untuk membantu mengatasi permasalahan kulit kering. 

BACA JUGA : DERETAN BODYCARE YANG PENTING DIMILKI PEREMPUAN

Itulah mengapa kandungannya sering terdiri dari minyak essential alami seperti coconut oil, jojoba oil hingga olive oil. Namun manfaat body butter bukan hanya itu saja, ada segudang manfaat body butter lainnya yang akan kamu dapatkan jika menggunakannya secara rutin.

Penasaran apa saja manfaat body butter untuk kesehatan kulit?

Simak selengkapnya lewat ulasan berikut. Semoga bermanfaat.

5 Manfaat Body Butter untuk Kesehatan Kulit

fungsi body butter

1. Memberikan Hidrasi Intensif untuk Kulit

Salah satu manfaat dari body butter adalah kemampuannya untuk menyediakan hidrasi intensif untuk kulit kamu. Kombinasi antara minyak alami dan kadar lemak padat yang tinggi dari cocoa butter atau shea sea butter diyakini dapat membantu mengunci kelembapan di dalam kulit. Sehingga mencegah kulit kamu dari kekeringan hingga tekstur kasar. Jika digunakan secara teratur, kamu dapat membuktikan sendiri perubahan signifikan dalam tekstur dan kelembutan kulit.

2. Membantu Memperbaiki Kulit yang Rusak

Paparan sinar matahari, polusi lingkungan, dan faktor-faktor lain dapat merusak kesehatan kulit kamu. Body butter mengandung antioksidan alami yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini berasal dari minyak alami yang digunakan dalam body butter, seperti minyak almond, minyak jojoba, atau minyak argan, mengandung antioksidan alami. 

BACA JUGA : REKOMENDASI BODY BUTTER UNTUK MELEMBUTKAN KULIT

Namun, penting untuk dicatat bahwa kadar antioksidan dalam body butter tergantung pada bahan-bahan yang digunakan dan proses produksinya. Selain itu, kandungan nutrisi dalam body butter juga dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit yang sudah ada, seperti bintik-bintik hitam dan garis-garis halus.

3. Membantu Menyembuhkan Luka Kecil

Kandungan anti-inflamasi dalam body butter dapat membantu meredakan peradangan dan mempercepat proses penyembuhan luka kecil, seperti goresan atau lecet. Kandungan anti inflamasi ini berasal dari bahan alami yang digunakan dalam pembuatan body butter, seperti butter shea dan butter cocoa.

BACA JUGA : CARA MEMPERBAIKI SKIN BARRIER YANG RUSAK

Termasuk minyak almond, minyak jojoba, atau minyak argan, mengandung sifat-sifat yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit. Dengan merawat kulit secara menyeluruh menggunakan body butter, disinilah manfaat body butter lainnya, yakni kamu dapat membantu memastikan bahwa kulit kamu tidak hanya tetap terawatt namun juga sehat dan terlindungi dari infeksi.

4. Membantu Mengurangi Tanda Penuaan Dini

Penuaan adalah bagian alami dari siklus kehidupan, namun beberapa tanda-tanda penuaan dapat muncul lebih cepat akibat berbagai faktor eksternal. Manfaat body butter selanjutnya bisa kamu rasakan disni. Body butter umumnya mengandung bahan-bahan yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi penampilan garis-garis halus dan kerutan. Dengan penggunaan teratur, kamu dapat membantu menjaga kulit tetap segar dan tampak muda.

5. Aroma yang Menenangkan

Selain manfaat langsung bagi kulit, penggunaan body butter juga akan memberikan pengalaman aromaterapi yang relaxing dan menyenangkan. Banyak body butter memiliki aroma alami yang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Misalnya, aroma vanila atau kayu manis memiliki efek menenangkan yang dapat membantu merilekskan tubuh dan pikiran.

BACA JUGA : REVIEW WHITELAB CERA-MUG BARRIER MOISTURIZING

Demikianlah 5 manfaat body butter dan menariknya lagi, body butter dapat digunakan di seluruh tubuh, dari kepala hingga kaki. Kamu dapat mengaplikasikannya pada bagian-bagian yang paling membutuhkan hidrasi alias kering. Mulai dari siku, lutut, dan tumit, serta pada area yang sering terabaikan seperti leher.

BACA JUGA : 3 PENYEBAB UMUM TUMIT KAKI KERING

Menggunakan body butter bukan hanya tentang merawat kulit, tetapi juga memberikan diri kamu sentuhan perawatan ekstra yang mewah dan menyenangkan. Proses mengoleskan body butter ke kulit dapat menjadi ritual yang menenangkan, membantu kamu terhubung dengan diri sendiri. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan body butter ke dalam rutinitas perawatan kulit kamu sehari-hari.

Cara Menggunakan Body Butter

Tips pakai body butter

Untuk menggunakan body butter dengan benar, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut

  • Pastikan kulit kamu bersih dari kotoran dan minyak.
  • Sehabis mandi biasanya merupakan waktu terbaik untuk mengaplikasikan body butter karena pori-pori kulit terbuka dan lebih menerima kelembapan.
  • Keringkan kulit dengan lembut dengan handuk bersih.
  • Namun pastikan kulit kamu masih sedikit lembab, karena ini akan membantu penyerapan body butter jadi lebih baik.
  • Gunakan spatula atau jari bersih untuk mengambil sedikit body butter dari wadahnya.
  • Pastikan untuk tidak mengambil terlalu banyak, karena sedikit body butter saja sudah cukup untuk menutrisi kulit.
  • Usap-usapkan dengan lembut body butter di antara telapak tangan kamu untuk memberi efek hangat di kulit.
  • Kamu juga bisa mengusapkan body butter ke seluruh tubuh dengan gerakan memijat yang lembut.
  • Fokuskan pada area yang lebih kering atau kasar seperti siku, lutut, dan tumit.
  • Pastikan kamu meratakan body butter dengan baik ke seluruh tubuh.
  • Biarkan meresap ke dalam kulit selama beberapa menit sebelum mengenakan pakaian.

Untuk hasil terbaik, gunakan body butter secara teratur, idealnya setiap hari setelah mandi. Ini akan membantu menjaga kulit kamu tetap lembut, halus dan terhidrasi. Jika memiliki kulit sensitif atau cenderung alergi terhadap beberapa bahan kosmetik. 

BACA JUGA : BAHAYA SERING GONTA-GANTI SKINCARE

Jangan lupa untuk memeriksa daftar bahan pada produk body butter yang akan kamu gunakan. Lakukan juga uji patch di area kecil kulit seperti punggung tangan terlebih dahulu sebelum menggunakannya ke seluruh tubuh.

Diharapkan dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menggunakan body butter dengan efektif dan mendapatkan manfaat body butter sebagai cara merawat kulit secara maksimal.

 

 

You Might Also Like

0 comments